Harga Huawei Y360 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Huawei Y360 – Mobile World Contest 2015 kali ini memang banyak sekali meninggalkan berita yang sayang kalau dilewatkan. Walaupun sudah berlalu, Mobile World Contest 2015 di Barcelona masih jadi bahasan berbagai pihak. Hal ini dikarenakan, MWC 2015 seolah memang menjadi arena unjuk gigi vendor-vendor kelas dunia untuk memperkenalkan produk barunya. Salah satunya adalah vendor besar asal Tiongkok, Huawei. Jika sebelumnya Begawei sudah mengulas Huawei Y635 buat kamu, kali ini Begawei akan menyajikan produk lainnya. Sekarang kita akan membahas Huawei Y360 yang juga menjadi jagoan baru vendor Negeri Tirai Bambu tersebut. Berbeda dengan saudaranya, yaitu Y635, kali ini Huawei Y360 hadir dengan koneksi 3G sebagai jaringan andalannya. Walaupun tak sekencang 4G LTE, namun koneksi 3G yang dibawa Huawei Y360 tak kalah baiknya. Ponsel pintar ini memilik ukuran yang cukup mungil, namun tetap pas di genggaman. Dengan merilis varian terbarunya ini, Huawei menyasar pangsa pasar ponsel pintar kelas menengah ke bawah. Walau tak “segemerlap” ponsel pintar kelas premium, Huawei Y360 tetap memiliki daya tarik tersendiri.

huawei y360

Sperti tadi sudah Begawei singgung di awal, kali ini Huawei kembali hadir dengan smartphone yang harganya terjangkau. Meski hadir untuk segemen entry level, Huawei Y360 tetap dibekali dengan spesifikasi yang berani diadu dengan kompetitornya. Ini terbukti dengan disematkannya kamera utama ukuran 5 MP sebagai kamera utama Huawei Y360 ini. Selain lini fotografi yang lumayan baik tadi, Huawei juga membekali racikan barunya ini dengan ugradeable external memory hingga sebesar 32 GB. Kapasitas ruang penyimpanan file Huawei Y360 ini terhitung besar untuk segmen smartphone entry level. Nah, untuk informasi detail mengenai spesifikasi dan harga Huawei Y360, Begawei sudah menyiapkan sajian khas buat kawan Begawei semua. Yuk, kita bahas lengkap produk baru Huawi di segmen-segmen berikut ini!

hp huawei y360

Spesifikasi Huawei Y360

Visual Kurang Tajam Namun Tetap Nyaman di Mata

Dengan segmen entry level, spesifikasi Huawei Y360 memang tergolong sebagai ponsel pintar dengan ukuran kecil. Handset ini membawa layar dengan ukuran 4 inci saja. Pada layar yang minimalis tersebut, Huawei tetap menyematkan layar capacitive touchscreen untuk menunjang keperluan multitouch. Dengan teknologi pada layar Huawei Y360 itu, kawan Begawei bisa melakukan komando dengan sentuhan beberapa jari sekaligus. Layar sentuh pada ponsel pintar kelas menengah ke bawah ini memiliki resolusi sebesar 480 x 854 pixels. Resolusi layar tersebut tergolong kecil, sehingga visual yang ditampilkan pun kurang maksimal. Sementara itu, kerapatan layarnya adalah 245 ppi pixel density. Jadi, jangan harap kawan Begawei bisa menikamti tampilan layar yang tajam dengan corak warna berkualitas dari Huawei Y360 ini. Sesuai pangsa pasarnya tadi, ponsel pintar ini memang tidak secanggih ponsel pintar kelas atas. Hal ini belum termasuk tidak adanya pelindung layar built-up pada spesifikasi Huawei Y360 terbaru ini. Jadi, kamu harus melindungi ponsel ini menggunakan screen guard tambahan.

Dapur Pacu Lemah dengan RAM 512 MB

Sejauh ini, belum banyak informasi detail mengenai spesifikasi Huawei Y360 ini. Namun, di sektor dapur pacu, Huawei menggunakan prosessor dengan empat inti atau  quad-core yang memiliki clock speed 1.2 GHz. Sementara untuk chipset yang ditanamkan pada Huawei Y360, Begawei belum memperoleh info pasti tentang chipset yang digunakan. Bergerak ke sektor RAM. Huawei membekali Huawei Y360 dengan RAM yang berkapasitas kecil, yaitu 512 MB saja. Sehingga tidak heran jika handset ini kan berjalan lumayan lelet alias lamban. Sementara itu, prosessor dan RAM tadi akan berkolaborasi dengan OS Android KitKat. Keberadaan OS pada Huawei Y360 tersebut bisa dikatakan cukup berpengaruh terhadap kinerja mesin. Google, sebagai si empunya Android, mengklaim bahwa KitKat akan membantu multitasking pada smartphone agar bisa berjalan lebih baik. Pada sektor processing unit pada spesifikasi Huawei Y360, Begawei juga belum memperoleh GPU yang akan ditanamkan pada ponsel ini. Tapi, menurut prediksi, kemampuan GPU yang digunakan juga adalah komponen yang selevel dengan perangkat lainnya.

spesifikasi huawei y360

Internal Memory Kecil, Tapi Ada Upgradeable External Memory Sampai 32 GB

Bicara soal ruang penyimpanan, memang cukup disayangkan karena spesifikasi Huawei Y360 hanya dibekali dengan memori internal sebesar 4GB. Kapasitas itu tergolong rendah jika dibandingkan dengan tipe-tipe smartphone kompetitor Huawei Y360 lainnya. Maka tak perlu heran, jika kamu ingin menyimpan aplikasi atau file lain yang memiliki kapasitas besar, maka kamu diharuskan mengekspansi ruang penyimpanan itu menjadi lebih besar. Dengan slot microSD card yang tersedia pada Huawei Y360 ini, kamu bisa mengekspansi internal memory yang terbatas tadi hingga mencapai kapasitas 32 GB. Dengan kapasitas tambahan sebesar itu, keterbatasan ruang penyimpanan pada spesifikasi Huawei Y360 ini rasanya tidak akan terlalu menjadi masalah.

Kamera Utama 5 MP dengan Dual LED Flash

Jika dapur pacunya lumayan mengecewakan, maka tidak demikian dengan spesifikasi Huawei Y360 pada lini fotografinya. Sektor fotografi pada Huawei Y360 adalah salah satu sektor andalan dari ponsel pintar ini yang memiliki kualitas cukup baik. Sebagai kamera utamanya, Huawei menempatkan kamera berukuran 5 MP pada smartphone terbarunya ini. Dengan kamera tersebut, kawan Begawei akan bisa menghasilkan foto dengan resolusi 2592 х 1944 pixels. Kamera utama pada Huawei Y360 juga dilengkapi dengan dual-LED flash. Keberadaan dual-LED flash akan sangat membantu kawan Begawei jika ingin mengambil gambar yang pencahayaannya kurang. Selain sebagai fungsi fotografi, kamera belakang pada Huawei Y360 tersebut pastinya juga bisa digunakan untuk fungsi perekaman video. Sebagai kamera sekunder, Huawei menyematkan kamera 2 MP untuk melengkapi spesifikasi Huawei Y360 di lini fotografi ini. Ukuran yang pas untuk kamera depan.

spesifikasi hp huawei y360

Koneksi 3G dengan Kecepatan Maksimal Mencapai 21.1 Mbps

Berpindah ke sektor koneksi data. Vendor asal Tiongkok ini membekali spesifikasi Huawei Y360 pada sektor konektivitas dengan jaringan 3G. Pada jalur 3G, kawan Begawei bisa menggunakan kecepatan HSPA untuk mendownload dengan speed maksimal hingga 21.1 Mbps. Sementara itu, kamu juga bisa mengunggah file menggunakan Huawei Y360 dengan kecepatan hingga 5.76 Mbps. Selain koneksi 3G, kamu bisa memanfaatkan gadget terbaru ini untuk menyelami dunia maya melalui koneksi WiFi. Sebagai penunjang kebutuhan navigasi, Huawei Y360 juga dilengkapi dengan GPS yang didukung oleh A-GPS. Teknologi navigasi tersebut didukung juga dengan cukup banyak satelit sehingga pendeteksian lokasi bisa kamu lakukan dengan lebih cepat dan akurat. Nah, bergeser ke koneksi jarak dekat, kamu bisa memanfaatkan fitur Bluetooth pada Huawei Y360 untuk keperluan transfer data jarak. Selain Bluetooth tadi, spesifikasi Huawei Y360 juga telah dilengkapi dengan slot microUSB yang akan membuat kamu semakin mudah untuk keperluan pemindahan data antar perangkat.

Baterai dengan Daya Mencukupi Sebesar 2000 mAh

Pada bagian akhir pembahasan spesifikasi Huawei Y360, kita akan menengok pemasok daya yang ada pada ponsel pintar terbaru ini. Untuk karya terbarunya ini, pabrikan yang mulai mendunia ini mempersenjatai Huawei Y360 dengan baterai berjenis Li-Ion berkapasitas 2000 mAh. Kapasitas yang cukup memadai jika menilik spesifikasi mesinnya. Selain itu, ukuran layar Huawei Y360 yang tidak terlalu besar juga berpengaruh pada kapasitas baterai yang digunakan. Dengan spesifikasi Huawei Y360 yang tergolong minimalis, baterai berkekuatan 2000 mAh tersebut rasanya cukup untuk memasok daya pada penggunaan normal selama seharian penuh.

Huawei Y360

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA
Pengumuman
Pengumuman 2015, March
Status Coming soon. Exp. release 2015, March
Bodi
Dimensi
Berat
SIM Yes
Layar
Tipe Capacitive touchscreen
Ukuran 4.0 inches
Resolusi 480 x 854 pixels (~245 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.4.4 (KitKat)
CPU Quad-core 1.2 GHz
Memori
Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 4 GB, 512 MB RAM
Kamera
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, dual-LED flash
Fitur Yes
Video Yes
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5 mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth Yes
GPS Yes, with A-GPS
Radio TBC
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML
Java Yes, via Java MIDP emulator
Baterai
Li-Ion 2000 mAh battery

Harga Huawei Y360

Setelah kita bahas spesifikasi detailnya, kini Begawei sampaikan info mengenai harga Huawei Y360 di pasaran. Namun, sebelum Begawei berikan angka pastinya, seperti biasa Begawei akan menarik kesimpulan dari ponsel pintar terbaru ini. Mengandalkan layar berukuran 4 inci, Huawei Y360 tampil sebagai smartphone dengan ukuran tidak begitu besar sehingga nyaman untuk digenggam. Meski tampilan luarnya tidak mengecewakan, smartphone ini lemah di sektor layarnya. Hal ini dikarenakan resolusi layarnya yang tergolong kecil, yakni  480 x 854 pixels. Kerapatannya pun juga terhitung kecil, karena hanya mencapai 245 ppi pixel density. Selain layarnya yang “biasa saja”, dapur pacu ponsel pintar ini juga kurang istimewa. Hal inilah yang mempengaruhi kisaran harga Huawei Y360 di pasaran. Disesuaikan segmentasinya yang ditujukan untuk pengguna entry level, Huawei memang tidak terlalu berharap pada penjualan produk kelas menengah ke bawahnya kali ini. Penasaran dengan nominal harga Huawei Y360 ini?

harga huawei y360

Benar sekali, banderol harga Huawei Y360 memang sangat terjangkau di pasaran ponsel pintar kelas menengah Tanah Air. Huawei menawarkan jagoan baru mereka ini pada kisaran harga Rp. 1,2 jutaan. Harga yang lumayan murah bukan? Dengan spesifikasi dapur pacu yang tidak terlalu bagus, namun juga tidak jelek, harga Huawei Y360 memang sesuai dengan apa yang dibawanya. Penambahan kamera utama sebesar 5 MP dinilai sebagai langkah jitu Huawei untuk mendongkrak nilai jual Huawei Y360 di pasaran. Smartphone ini memang ditujukan bagi mereka yang baru saja mengenal dunia Android. Kisaran harga Huawei Y360 memang cocok bagi pengguna pemula untuk memulai “petualangan” seru menggunakan gadget pintar dengan OS Si Robot Hijau ini.

harga huawei y360 terbaru

Kemunculan produk anyar Huawei ini memang hampir bersamaan waktunya dengan kemunculan ponsel-ponsel pintar yang berada di level yang sama. Dengan harga Huawei Y360 yang kompetitif ini, tentunya membuat gadget mania mempunyai banyak pilihan dalam menentukan smartphone mana yang akan menjadi partnernya. Selain Huawei Y360 dan ada juga produk saudara kandungnya yang bernama Huawei Y635, pasaran ponsel pintar kelas menengah ke bawah juga baru saja diramaikan dengan kemunculan Acer Liquid Z520. Nominal ketiganya pun juga terpaut tidak terlalu jauh, dengan harga Huawei Y360 berada di tengah-tengahnya. Dengan reputasi dunia vendor asal Tiongkok tersebut, ditambah juga faktor harga Huawei Y360 yang terjangkau, ponsel pintar ini bisa menjadi opsi bagi pengguna baru smartphone berbasis Android. Baca juga review Begawei tentang Huawei Y635 dan Acer Liquid Z520.

Top