Harga Acer Liquid Z220 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Acer Liquid Z220 – Setelah beberapa saat lalu Begawei telah mengulas salah satu handset Windows Phone terbaru dari Acer, yakni Acer Liquid M220, yang ditargetkan untuk segmentasi pengguna pemula atau kalangan menengah ke bawah, kini hadir lagi rilisan terbaru Acer yang meramaikan pasar gadget Tanah Air. Dialah Acer Liquid Z220 yang diklaim sebagai varian penyempurna saudara tuanya tadi. Pada kesempatan review kali ini, Begawei akan mengulas secara lengkap produk Acer terbaru yang berada setingkat lebih tinggi dari Acer Liquid M220 sebelumnya. Produk tersebut adalah Acer Liquid Z220 yang telah rilis resmi bulan ini. Diperkenalkan bersamaan dengan Windows Phone besutan Acer sebelumnya, yakni pada bulan Maret 2015, Acer Liquid Z220 menurut rencana juga akan mulai dipasarkan secara resmi pada bulan Maret ini juga. Seperti apakah kemampuan dari Acer Liquid Z220 ini? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

acer liquid z220

Berbeda dengan ponsel pintar pendahulunya yang menggunakan sistem operasi karya Microsoft, yakni Windows Phone 8.1, maka Acer Liquid Z220 benar-benar tampil berbeda karena menggunakan sistem operasi racikan rival dari Microsoft, yaitu Google. Seri Acer Liquid terbaru ini menyematkan OS Android terbaru, yakni Lollipop versi 5.0. Sedangkan untuk jeroannya terlihat serupa dengan Acer Liquid M220 yang menggunakan OS WP 8.1, yakni memiliki processor dual core 1.2 GHz. Namun bedanya terletak pada dukungan RAM yang menggawangi seri Acer Liquid Z220 ini. Smartphone ini memiliki kapasitas RAM lebih besar, yaitu 1 GB. Selain itu, Acer Liquid Z220 juga didukung dengan kapasitas ruang penyimpanan data yang lebih besar dan kamera yang juga lebih baik. Nah, seperti apakah ketangguhan dari spesies terbaru Acer Liquid ini? Inilah ulasan lengkap Begawei mengenai detail spesifikasi dan harga Acer Liquid Z220 rilisan terbaru ini pada segmen-segmen di bawah ini.

hp acer liquid z220

Spesifikasi Acer Liquid Z220

Desain Lebih Stylish dan Elegan

Kita mulai pada bagian eksteriornya. Desain luar pada spesifikasi Acer Liquid Z220 ini memang terlihat lebih stylish karena tampilan luar yang memiliki bentuk berbeda pada bagian atas dan bawahnya. Bagian cover belakangnya memiliki desain seperti berserat membuat Acer Liquid Z220 terlihat lebih elegan dan tidak licin untuk dipegang. Sedangkan ukuran dimensinya yang belum diketahui secara pasti ini diperkirakan memiliki ukuran yang serupa dengan generasi sebelumnya yakni Acer Liquid Z200. Tentu dengan ukuran tersebut membuat Acer Liquid Z220 terlihat mungil dan terasa ringan untuk digunakan setiap saat. Memiliki layar berukuran 4 inci dengan tipe layar TFT Capacitive Touchscreen beresolusi 480 x 800 pixel, Acer Liquid Z220 juga dilengkapi dengan layar yang memiliki tingkat kerapatan 233 ppi. Hal ini tentu akan memberikan kualitas interface yang cukup baik dan memanjakan mata. Karena spesifikasi Acer Liquid Z220 yang memang tidak dibekali dengan perlindungan layar bawaan yang mumpuni, maka pengguna direkomendasikan agar memasang screen guard atau sejenisnya agar terhindar dari goresan yang tidak diinginkan.

Dapur Pacu Standar

Beralih pada bagian dapur pacu dari spesifikasi Acer Liquid Z220 terbaru ini. Acer memang menanamkan komponen hardware standar pada jagoan barunya ini. Tapi kawan Begawei jangan pesimis dulu dengan performa Acer Liquid Z220 ini. Ponsel pintar ini tetap akan memberikan kinerja sistem terbaik karena dukungan OS Android terbaru yakni Lollipop v 5.0. Hal ini masih ditambah dengan dukungan prosessor dual core 1.2 Ghz besutan Qualcomm, yakni Snapdragon 200. Reputasi Snapdragon tentu tidak perlu diragukan lagi. Dapur pacu minimalis ini akan memberikan performa yang cukup cepat dan juga responsif. Dukungan RAM sebesar 1 GB juga akan membantu proses manajemen aplikasi dan sistem operasional berjalan dengan baik. Kombinasi komponen tadi dipastikan akan mendukung pengguna Acer Liquid Z220 untuk melakukan kegiatan multitasking dengan lancar. Untuk lini grafisnya, sayang sekali, spesifikasi Acer Liquid Z220 belum dipublikasikan ke masyarakat. Prediksi Begawei, GPU smartphone ini memiliki kelas menengah ke bawah sehingga hanya mampu menjalankan game standar yang ringan saja. Namun, kita tetap wajib menunggu rilis resminya, karena Acer mungkin sudah menyiapkan kejutan khusus untuk besutan anyarnya ini.

spesifikasi acer liquid z220

Kapasitas Internal Memory Cukup Longgar

Selanjutnya, pada sektor ruang penyimpanan data, spesifikasi Acer Liquid Z220 ini menawarkan 2 jenis memori. Sektor ini akan memberikan kemampuan penyimpanan file yang cukup longgar. Mulai dari memori internalnya yang berkapasitas 8 GB, Acer Liquid Z220 akan membuat penggunanya leluasa untuk memasang aplikasi atau game ke dalam sistem dengan jumlah yang cukup banyak. Sedangkan untuk file lainnya, seperti file audio video, foto dan file lain yang tidak berhubungan dengan sistem, pengguna dapat memanfaatkan memori eksternal untuk menyimpan file-file tersebut. Dengan slot memori eksternal berjenis MicroSD, pengguna Acer Liquid Z220 dapat menambahkan eksternal memori hingga ukuran 32 GB. Tentu dengan kapasitas memori eksternal yang lebih besar tersebut akan memberikan keleluasaan untuk menyimpan berbagai file ke dalam smartphone ini. Ruang penyimpanan data pada spesifikasi Acer Liquid Z220 memang menambah nilai lebih pada ponsel pintar terbaru ini.

Kamera Standar Namun Memiliki Kemampuan Maksimal

Berpindah ke sektor fotografi. Lini fotografi pada spesifikasi Acer Liquid Z220 dilengkapi dengan kamera utama beresolusi 5 MP. Sektor fotografi pada Liquid Z220 ini memiliki persamaan dengan Acer Liquid M220 yang bisa menghasilkan foto cukup baik walau kualitas kameranya tak sebagus ponsel Acer kelas premium lainnya. Kamera utama Acer Liquid Z220 dilengkapi dengan fitur autofocus dan beberapa mode standar lainnya yang bisa menghasilkan foto berkualitas dan memuaskan. Selain itu, smartphone ini memiliki perangkat LED Flash yang akan membantu penggunanya pada saat mengambil foto dalam keadaan kurang cahaya. Lalu untuk kualitas perekaman video, Acer Liquid Z220 diperkirakan sanggup menghasilkan kualitas HD 720 p. Tentu ini adalah sebuah hasil perekaman yang baik dan akan memanjakan mata. Sedangkan untuk kamera depannya, lini fotografi pada Acer Liquid Z220 ditambahkan kamera sekunder berukuran 2 MP yang pastinya akan memuaskan kawan Begawei  penggemar foto selfie. Untuk keperluan video chat atau sejenisnya, kamera sekunder ini akan sangat pas karena kualitas dan ukurannya yang baik serta menghasilkan konsumsi data yang relatif kecil. Detail spesifikasi Acer Liquid Z220 pada lini fotografi memang sangatlah minimalis, tapi tetap fungsional dan berkualitas.

spesifikasi hp acer liquid z220

Konektivitas Bisa Diandalkan Meski Belum 4G 

Berpindah ke sektor konektivitas. Jalur koneksi data pada spesifikasi Acer Liquid Z220 ini terasa sangat lengkap dan tentunya dapat diandalkan. Meskipun koneksi data dari jaringan GSM ini tidak memiliki konkesi tingkat tinggi layaknya ponsel pintar level 4G LTE, namun dukungan akses data pada jalur 3,5 G atau HSPA yang dimilki Acer Liquid Z220 pastinya akan cukup memanjakan kamu. Kecepatan download smartphone besutan vendor asal Tiongkok ini mencapai 21 Mbps. Untuk keperluan unggah file, kecepatan uploadnya bisa mencapai 5,76 Mbps. Ini tentunya akan memberikan koneksi yang sudah cukup cepat. Pengguna Acer Liquid Z220 juga dapat memanfaatkan konektivitas standar lainnya, yakni 3G atau HSDPA, 2G yakni EDGE dan GPRS. Untuk pengguna yang gemar memanfaatkan jaringan wireless, smartphone ini juga dilengkapi karena dengan Wi-Fi 802.11 b/g/n dan pastinya mendukung untuk kegiatan tethering. Lalu untuk transfer file menggunakan koneksi nirkabel, Acer Liquid Z220 juga telah dibekali dengan Bluetooth v 4.0 yang mendukung A2DP sehingga memberikan kemudahan transfer data yang lebih cepat antar perangkat lainnya. Sayangnya, untuk fungsi navigasi yang dibawa spesifikasi Acer Liquid Z220 ini hanya mengandalkan teknologi satelit A-GPS saja. Hal ini akan membutuhkan waktu yang sedikit lama saat proses penguncian lokasi serta memiliki tingkat akurasi tempat yang kurang baik. Meski begitu, kekurangan di sektor navigasi ini tergantikan oleh adanya fitur Radio TBC yang dapat menangkap jaringan radio dengan lebih luas menggunakan koneksi internet yang tersedia.

Baterai Standar Namun Tetap Menghasilkan Daya Maksimal

Terakhir, pada bagian baterai atau penghasil daya dari spesifikasi Acer Liquid Z220 ini diperkirakan memiliki kemampuan standar. Sebenarnya, untuk detail informasi mengenai jenis baterai yang digunakan serta kapasitasnya belum diketahui, karena memang ponsel pintar ini belum resmi dilepas ke pasaran. Tetapi bisa dipastikan, kapasitas penghasil daya yang ditanamkan pada Acer Liquid Z220 ini memiliki daya yang sama dengan baterai pada Acer Liquid M220 dan Acer Liquid Z200 generasi sebelumnya, yakni memiliki kapasitas 1.300 mAh. Tentunya jika kapasitas baterai pada Acer Liquid Z220 tersebut benar, maka smartphone ini dapat bertahan seharian dengan pemakaian normal. Maka, untuk menyiasati spesifikasi Acer Liquid Z220 yang lemah di sektor daya tadi, perangkat penyuplai daya tambahan seperti power bank sangat direkomendasikan bagi kamu agar tetap bisa mengoperasikan ponsel ini sehingga tidak kehabisan tenaga pada saat aktivitas di luar rumah kapan pun.

Acer Liquid Z220

Jaringan
TeknologiGSM / HSPA
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (optional)
3G bandsHSDPA 900 / 2100
SpeedHSPA
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, March
StatusComing soon. Exp. release 2015, March
Bodi
Dimensi
Berat
SIMOptional Dual SIM
Layar
TipeCapacitive touchscreen
Ukuran4.0 inches
Resolusi480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v5.0.x (Lollipop)
ChipsetQualcomm Snapdragon 200
CPUDual-core 1.2 GHz
Memori
Card slotmicroSD, up to 32 GB
Internal8 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels, LED flash
FiturYes
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5 mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioTBC
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer
PesanSMS (threaded view), MMS, Email, Push Email
BrowserHTML
Baterai

Harga Acer Liquid Z220

Nah, itulah tadi ulasan lengkap dari Begawei mengenai ponsel pintar terbaru dari Acer ini. Bagaimana, sangat menarik bukan? Tetapi rasanya kurang lengkap ya, apabila Begawei telah mengulas spesifikasi smartphone ini namun belum mengulas harga Acer Liquid Z220 terbaru ini. Sebelum Begawei menginformasikan detail harga Acer Liquid Z220 yang satu ini, ada baiknya Begawei menarik sedikit kesimpulan terlebih dahulu mengenai ponsel pintar ini. Jika dilihat dari spesifikasinya, Acer Liquid Z220 ini memang memiliki komponen yang pas-pasan. Namun, dibalik dapur pacu yang minimalis tadi, gadget ini tetap menawarkan kinerja yang cukup mumpuni untuk kebutuhan operasional. Dengan dukungan hardware yang handal, mulai dari CPU dual core 1.2 GHz dan RAM 1 GB, membuat ponsel pintar ini bisa diandalkan. Dengan spesifikasi kelas pemula tadi, tentu sudah cukup baik untuk digunakan bagi pengguna entry level. Lalu, berapakah harga Acer Liquid Z220 terbaru yang akan dibanderol di Indonesia?

harga acer liquid z220

Sesuai dengan segmentasinya di kelas menengah bawah, maka bisa dipastikan harga Acer Liquid Z220 ini akan sangat terjangkau. Benar saja, sesuai informasi yang Begawei dapatkan, harga Acer Liquid Z220 berada pada kisaran 90 EUR. Nominal tersebut jika dikonversikan ke mata uang kita akan bernilai sekitar Rp. 1.3 Jutaan. Bagaimana, harga yang terjangkau bukan? Meskipun begitu, menurut Begawei, kisaran harga ini agaknya tergolong cukup tinggi dikelasnya. Karena di Indonesia banyak smartphone yang memiliki performa lebih baik, bahkan dengan CPU quad core buatan Quallcomm, hanya dihargai pada kisaran Rp. 1 jutaan. Meski begitu, Acer Liquid Z220 bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin merasakan gadget dengan OS Android Lollipop walaupun memiliki hardware yang pas-pasan. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan harga Acer Liquid Z220 yang sangat terjangkau ini?

harga acer liquid z220 terbaru

Banderol harga Acer Liquid Z220 memang disesuaikan dengan niatan Acer yang menyasar pengguna entry level. Namun, dengan reputasi Acer di dunia ponsel pintar, kawan Begawei yang tertarik dengan gadget ini tak perlu khawatir dengan performa dari Acer Liquid Z220 ini. Dibalik dapur pacunya yang minimalis, tentu kehadiran komponen chipset Snapdragon 2.0 dual core 1.2 Ghz hasil racikan Quallcom menjadi jaminan mutu. Dengan nominal harga Acer Liquid Z220 yang berada pada level menengah ke bawah, ponsel pintar ini akan mendapatkan banyak saingan. Sebut saja LG Spirit yang berada pada kisaran harga selevel. Berbekal nama besar Acer dan kualitas spesifikasinya, nominal harga Acer Liquid Z220 tentu akan menjadi penarik minat calon pembeli. Ponsel pintar minimalis namun berkualitas ini bisa menjadi pilihan bagi kamu yang ingin merasakan OS terbaru dari Android, yaitu Lollipop, tanpa harus merogoh kocek terlalu dalam. Baca juga review Lenovo A7000 dan Samsung Galaxy Xcover 3.

  • Muklas Rowi

    saya kagum dengan keluaran dari acer (y) pengertian sekali buat oraang menengah kebawah :v

Top