Harga Acer Iconia Tab A3-A20 dan Spesifikasi

Spesifikasi dan Harga Acer Iconia Tab A3-A20 – Setelah beberapa saat lalu tablet berlayar lebar yang ditujukan untuk pasar kelas menengah ke atas, Acer Iconia Tab A3-A20FHD, kali ini Acer kembali menghadirkan versi ‘downgrade’ dari tablet berlayar 10.1 inci tersebut. Dengan label Acer Iconia Tab A3-A20, vendor asal Taiwan tersebut menghadirkan tablet yang ditujukan untuk pangsa pasar kelas menengah ke bawah. Meskipun tercipta sebagai versi downgrade-nya, Acer Iconia Tab A3-A20 tetap dibekali komponen-komponen berkualitas dan fitur cukup lengkap. Tetap dengan tampilan minimalis namun elegan khas Acer, varian tablet murah ini diharapkan mampu merebut pangsa pasar gadget kelas low end yang semakin ramai dengan hadirnya kompetitor macam Lenovo selain tentunya Samsung. Penasaran dengan komponen apa saja yang membedakan Acer Iconia Tab A3-A20 dengan versi FHD-nya? Nah, review Begawei kali ini akan mengulas secara lengkap tablet racikan vendor asal Taiwan tersebut.

acer iconia tab a3-20

Meskipun Acer Iconia Tab A3-A20 merupakan versi ‘downgrade’ dari Acer Iconia Tab A3-A20FHD, namun beberapa spesifikasinya memiliki varian yang hampir sama seperti tablet Android unggulan Acer sebelumnya tersebut. Bagaimanapun juga, Acer Iconia Tab A3-A20 ini adalah versi turunan dari kakaknya itu. Jadi, kebanyakan komponen yang dibawanya pun memiliki ukuran dan resolusi yang lebih rendah meski keduanya diperkenalkan pada waktu yang sama, yakni Oktober tahun lalu. Tercatat, pada bagian layar, Acer Iconia Tab A3-A20 memiliki resolusi dan tingkat kerapatan lebih rendah sehingga menyebabkan tampilan tablet ini memiliki visual yang “biasa-biasa saja”. Namun, meski komponen tablet ini berada di bawah produk andalan Acer yang berada pada level menengah ke atas tersebut, varian tablet yang satu ini tetap membawa keunggulan tersendiri. Semakin penasaran dengan spesifikasi dan harga Acer Iconia Tab A3-A20 ini? Yuk, ikuti ulasan mendalam khas Begawei di bawah ini!

tablet acer iconia tab a3-20

Spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20

Desain Minimalis Namun Tetap Stylish dan Elegan

Kita mulai dari sisi desain dari spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 terlebih dahulu. Meksipun memiliki segmentasi yang berbeda dengan tablet Acer sebelumnya, namun siapa sangka desain yang membalut seluruh bagian dari tablet ini ternyata tidak memiliki perbedaan sama sekali. Dengan desain Acer Iconia Tab A3-A20 yang tak berbeda jauh dengan saudara tuanya tersebut, tablet ini tetap menampilkan desain khas Acer, yakni stylish dan elegan. Tablet Acer yang satu ini pun juga memiliki ukuran dimensi yang sama dengan versi FHD, yakni 256.5 x 170.2 x 10.2 mm dengan bobot yang berukuran 508 gram. Pada sektor layarnya, Acer Iconia Tab A3-A20 pun hampir serupa dengan tablet jagoan Acer sebelumnya, yakni memiliki ukuran layar berukuran 10.1 inci yang menggunakan jenis layar LED-Backlit berpadu dengan IPS LCD capacitive touchscreen berkekayaan warna 16 miliar. Namun, hal yang membedakan Acer Iconia Tab A3-A20 dengan varian sebelumnya terletak pada resolusinya, yaitu hanya sebesar 1280 x 800 dengan kerapatan yang jauh lebih kecil, yakni hanya mencapai 149 ppi. Tentu saja spesifikasi layar tersebut akan membuat tablet ini memiliki visual berbeda sangat jauh dengan tablet Acer sebelumnya. Meski interface yang dihasilkan oleh Acer Iconia Tab A3-A20 tak setajam versi FHD, namun tetap saja tablet ini memiliki keunggulan yang mendekati tablet kelas menengah atas tersebut. Yup! Proteksi layar yang hadir pada spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 ini dipersenjatai dengan perlindungan layar kelas wahid layaknya versi FHD, yaitu Corning Gorilla Glass 4 lengkap dengan fitur Oleophobic Coating. Wow! Keren kan?

Dapur Pacu ‘Downgrade” yang Tak Kalah Kualitas

Selanjutnya, sektor dapur pacu dari spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 ini pun tak kalah tangguh dari tablet Acer sebelumnya. Tablet Acer ini telah dibekali dengan sistem operasi Android KitKat 4.4 yang akan membantu kinerja mesin dalam tablet ini meski komponen-komponen mesinnya tak setangguh versi FHD. Dapur pacu Acer Iconia Tab A3-A20 mengandalkan prosessor quad core Cortex-A7 berkecepatan 1.3 Ghz diduetkan dengan chipset MT8127 racikan Mediatek. Kombinasi mesin ini akan menghasilkan performa yang bagus meskipun terpaut 0.2 Ghz dari Iconia Tab A3 versi FHD. Kapasitas RAM yang ada pada Acer Iconia Tab A3-A20 memiliki ukuran yang lebih kecil dari tablet Acer sebelumnya, yakni hanya 1 GB saja. Namun, RAM ini tetapi bisa berjalan maksimal mendukung operasional tablet ini karena dukungan mesin tangguh dan OS KitKat tadi. Meski multitasking-nya tak bisa dibandingkan dengan versi FHD, kemampuan deteksi multi jari yang dimiliki Acer Iconia Tab A3-A20 ini tetap akan berjalan lancar. Sedangkan untuk melengkapi sektor grafisnya, spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 dibekali dengan GPU Mali-450MP4 yang sanggup menjalankan game HD terbaru dengan lancar.

spesifikasi acer iconia tab a3-20

Kapasitas Ruang Penyimpanan yang Besar

Kemudian, pada bagian ruang penyimpanan dari spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 ini juga memiliki kapasitas yang lebih kecil dari tablet Acer versi FHD sebelumnya. Tablet kelas menengah ke bawah besutan Acer ini dibekali dengan kapasitas internal memory sebesar 16 GB. Meski tak selonggar pendahulunya, namun kapasitas Acer Iconia Tab A3-A20 tersebut masih cukup untuk menginstall berbagai macam aplikasi dan game yang diinginkan tanpa khawatir cepat kehabisan ruang di dalamnya. Sedangkan untuk memperluas kapasitas internal memory-nya, sama seperti tablet Acer sebelumnya, Acer Iconia Tab A3-A20 memiliki kapasitas ruang penyimpanan eksternal yang bisa dimaksimalkan hingga 128 GB. Kapasitas ruang penyimpanan file pada spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 ini sudah lebih dari cukup untuk mengakomodasi keperluan penggunanya.

Lini Fotografi Masih Tetap Standar Tablet

Berpindah ke sektor fotografi. Detail spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 pada lini fotografi pun tidak memiliki perbedaan dengan tablet Acer sebelumnya. Seperti halnya tablet Acer versi FHD sebelumnya, Acer Iconia Tab A3-A20 ini memang tidak mengedepankan sisi fotografi. Jadi, tidak heran jika tablet ini hanya dibekali dengan kamera sebesar 5 MP. Meski tergolong kecil, kamera utama ini akan menghasilkan jepretan foto yang cukup bagus. Selain itu, kamera Acer Iconia Tab A3-A20 juga dilengkapi dengan fitur Geo-Tagging dan juga beberapa mode pengambilan gambar yang akan membantu kamu menghasilkan foto yang berkualitas. Sama seperti tablet sebelumnya, kamera belakang Acer Iconia Tab A3-A20 juga mampu menghasilkan video dengan resolusi FHD 1080 p. Untuk melengkapi fitur fotografi modern, spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 juga dilengkapi dengan kamera depan berukuran 2 MP. Meski hanya berukuran 2 MP, namun kamera sekunder ini tetap fungsional dan menambah fitur fotografi pada tablet besutan vendor asal Taiwan ini.

spesifikasi tablet acer iconia tab a3-20

Hanya Mengandalkan WiFi, Lemah di Sektor Konektivitas

Sama seperti Iconia Tab A3-A20FHD, spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 juga tampil tanpa jaringan GSM dan hanya mengandalkan perangkat Wi-Fi 802.11 b/g/n. Memang patut disayangkan. Kedua varian tablet racikan Acer tersebut sebenarnya memiliki spesifikasi yang bagus di sektor dapur pacu, namun keduanya lemah di sektor koneksi. Jadi, kamu tetap harus berburu koneksi wireless internet jika ingin berseluncur di dunia maya menggunakan Acer Iconia Tab A3-A20 ini. Sebagai fitur pelengkap lini konektivitas, tablet ini juga dibekali dengan koneksi nirkabel jarak dekat, yakni Bluetooth v.4.0. Fitur ini akan membuat kamu bisa mentransfer data antar perangkat jarak dekat secara cepat. Sedangkan pada fungi navigasinya, Acer Iconia Tab A3-A20FHD ini tercatat hanya dibekali dengan teknologi satelit A-GPS saja. Teknologi navigasi tablet ini membutuhkan waktu lama saat ingin mengetahui suatu lokasi dan juga memiliki tingkat akurasi penguncian lokasi yang kurang begitu baik. Koneksi WiFi Only yang hadir dalam spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 memang akan membuat kamu menemui keterbatasan saat ingin menggunakan fitur yang mengharuskan untuk terkoneksi dengan jaringan internet.

Pemasok Daya Tahan Lama dengan Baterai Tipe Non-Removable Li-Po

Masuk pada segmen terakhir pada pembahasan spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 ini, kita akan menilik kapasitas pemasok daya yang dimilikinya. Hampir sama dengan varian FHD sebelumnya, tablet Acer yang satu ini juga tersedia dalam dua seri yang masing-masing kapasitas baterainya berbeda. Untuk seri K1AY, baterai yang ditanamkan di dalamnya memiliki kapasitas sebesar 5910 mAh. Sedangkan seri yang lain, yaitu K19H, baterainya memiliki kapasitas sebesar 5700 mAh. Meski kapasitasnya berbeda, kedua seri Acer Iconia Tab A3-A20 memiliki tipe baterai yang sama, yaitu Lithium-Polymer. Baterai tipe ini memang tidak bisa sembarangan diganti seperti tipe Lithium-Ion, namun tipe Li-Po ini memilik daya tahan yang lebih baik. Dengan kapasitas baterai yang terhitung besar tadi, Acer Iconia Tab A3-A20 mampu bertahan hidup selama kurang lebih 9 jam untuk menjalankan fungsi full multimedia. Karena spesifikasi Acer Iconia Tab A3-A20 yang memang mendukung kegiatan-kegiatan “berat”, Begawei sarankan kamu tetap menyediakan pemasok daya cadangan saat menggunakan tablet ini sebagai rekan kerja atau menjadikannya sebagai media hiburan.

Acer Iconia Tab A3-A20

Jaringan
TeknologiNo cellular connectivity
2G bandsN/A
GPRSNo
EDGENo
Pengumuman
Pengumuman2014, October
StatusAvailable. Released 2014, October
Bodi
Dimensi256.5 x 170.2 x 10.2 mm (10.10 x 6.70 x 0.40 in)
Berat508 g (1.12 lb)
SIMNo
Layar
TipeLED-backlit IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran10.1 inches (~67.8% screen-to-body ratio)
Resolusi1280 x 800 pixels (~149 ppi pixel density)
MultitouchYes
PerlindunganCorning Gorilla Glass 4 (TBC), oleophobic coating
Dapur Pacu
OSAndroid OS, v4.4 (KitKat)
ChipsetMediatek MT8127
CPUQuad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPUMali-450MP4
Memori
Card slotmicroSD, up to 128 GB
Internal16 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels
FiturGeo-tagging
Video1080p
Kamera Depan2 MP
Suara
Alert typesMP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes, with stereo speakers
3.5 mm jackYes
– Dolby Digital Plus
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetoothv4.0
GPSA-GPS
RadioNo
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer
PesanEmail, Push Email, IM
BrowserHTML5
Baterai
Non-removable Li-Po 5910 mAh battery (A3-A20-K1AY)

Harga Acer Iconia Tab A3-A20

Nah, itu tadi review Begawei mengenai tablet racikan Acer yang sudah sejak tahun lalu diperkenalkan ke publik dunia. Tidak terasa, kita telah memasuki segmen terakhir review kali ini yang akan mengulas harga Acer Iconia Tab A3-A20 ini. Seperti sudah kita bahas di awal tadi, segmentasi dari tablet Acer ini adalah pangsa pasar kelas menengah ke bawah. Berbekal dengan komponen dapur pacu yang hampir serupa dengan versi FHD-nya, Acer Iconia Tab A3-A20 tetap menawarkan ketangguhan mesin dan kelengkapan fitur. Meski beberapa komponen mesinnya tak secanggih saudaranya tersebut, tablet ini tetap bisa diandalkan. Sebagai versi “downgrade”, kisaran harga Acer Iconia Tab A3-A20 memang lumayan terjangkau di level gadget kelas menengah ke bawah. Tablet racikan Acer yang satu ini memang memiliki spesifikasi tingkat medium atau rata-rata, sesuai dengan segmentasinya di level menengah ke bawah. Nah, semakin penasaran dengan detail harga Acer Iconia Tab A3-A20 yang satu ini?

harga acer iconia tab a3-20

Sebagai versi “downgrade” dari tablet Acer sebelumnya, yakin Iconia Tab A3-A20FHD, kisaran harga Acer Iconia Tab A3-A20 ini memang lebih murah. Benar saja, sesuai informasi yang Begawei himpun, harga yang dibanderol Acer untuk varian tablet terbarunya ini jauh lebih terjangkau, yakni hanya sebesar 190 Euro atau jika dikonversikan ke mata uang Indonesia akan berada pada kisaran Rp. 2,7 jutaan. Harga yang sangat terjangkau, namun kisaran harga Acer Iconia Tab A3-A20 adalah untuk harga di pasaran dunia. Setelah kena pajak, harga pasarannya di Indonesia berada pada level Rp. 3 jutaan. Pada level menengah ke bawah, Acer Iconia Tab A3-A20 akan mendapatkan saingan dari beberapa produk lainnya, seperti Lenovo A7000 yang sudah memiliki koneksi LTE. Namun, dengan dimensi layar yang lebih lega, produk Acer ini akan menawarkan tampilan visual yang lebih puas. Berbekal kisaran harga Acer Iconia Tab A3-A20 yang terjangkau tersebut, kamu akan mendapatkan gadget yang memiliki kinerja mesin yang cukup bagus meski ada bebarapa catatan di sektor fotografi dan koneksinya.

harga acer iconia tab a3-20 terbaru

Acer memang semakin gencar melepas produk-produk berkualitas dengan harga terjangkau, termasuk harga Acer Iconia Tab A3-A20 ini. Dengan dibekali komponen mesin tangguh dan dimensi layar yang lebar, Acer sedikit lebih unggul dibanding salah satu kompetitornya tadi. Tablet ini memang cocok bagi kawan Begawei yang lebih mementingkan kinerja mesin daripada fotografi atau memainkan game. Selain itu, harga Acer Iconia Tab A3-A20 yang masih standar atau sama dengan varian tablet lain juga bisa menarik minat pecinta gadget Tanah Air. Meski lemah di sektor konektivitas yang hanya mengandalkan jaringan WiFi, Acer Iconia Tab A3-A20 tetap bisa diandalkan untuk keperluan berselancar di dunia maya asalkan ter-cover oleh koneksi iternet wireless yang bagus. Nah, bagi kamu yang butuh partner kerja atau media hiburan yang berkualitas, dan tentunya tinggal di area yang banyak koneksi WiFi-nya, harga Acer Iconia Tab A3-A20 yang terjangkau dan juga dapur pacu yang cukup baik tadi rasanya pas untuk memenuhi kebutuhanmu. Baca juga review menarik lainnya tentang Samsung Galaxy Tab A 8.0 dan Acer Iconia Tab A3-A20FHD.

Top