Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk dan Langkah-Langkah Mudahnya

Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk – Hai… kawan Begawei yang masih sibuk berkutat dengan segala macam perangkatnya! Kalau salah satu kesibukan kamu disitu adalah installing program, informasi dari Begawei yang satu ini pasti bermanfaat. Kali ini Begawei akan memberikan panduan atau cara install Windows 8 dengan flashdisk lengkap dengan langkah-langkah mudahnya. Menginstall program menggunakan flashdisk memang dirasa lebih mudah karena, bagi PC, proses membaca CD membutuhkan waktu lebih lama jika dibandingkan dengan proses membaca flashdisk. Jika kamu melakukan install program pada laptop yang tidak memiliki DVD Room, flashdisk pastinya menjadi solusi yang baik. Nah, untuk itu, Begawei sudah menyiapkan cara install Windows 8 dengan flashdisk yang pasti mudah banget untuk dilakukan.

cara install windows 8 dengan flashdisk

Cara Install Windows 8 dengan Flashdisk

Untuk cara install Windows 8 dengan flashdisk, yang pasti  kita memerlukan CD instalasi Windows. Jika kawan Begawei belum memilikinya, kamu bisa mendownload dulu atau beli saja saluran resmi Microsoft. Sediakan juga USB Flashdisk dengan kapasitas minimal 4GB, karena menginstall program pastinya membutuhkan tempat yang cukup luas. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan software Rufus. Software ini berfungsi untuk membuat flashdisk bisa terbaca pada saat proses booting. Pastikan juga dalam cara install Windows 8 dengan Flashdisk ini kawan Begawei tidak menggunakan software yang bermasalah, apalagi bajakan. Bagaimana, sudah siap untuk menginstall Windows 8 menggunakan flashdisk? Eiitss…! Tunggu dulu! Jika komponen-komponen yang diperlukan sudah tersedia, pastikan dulu kawan Begawei sudah mem-back up data-data penting yang ada dalam USB flashdisk yang akan digunakan dalam proses instalasi terlebih dahulu. Jangan sampai file-file penting kamu hilang karena flashdisk akan kita gunakan untuk proses instalasi. Nah, kalau sudah menyiapkan semua komponen yang diperlukan, cara install Windows 8 dengan flashdisk berikutnya sudah Begawei siapkan untuk kamu.

cara install windows 8 menggunakan flashdisk

Langkah-Langkah Menggunakan Software Rufus untuk Install Windows 8 Menggunakan flashdisk, yaitu:

  • Pertama, koneksikan flashdisk berkapasitas minimal 4GB pada komputer atau notebook yang akan kamu install progma Windows 8. Pastikan kalau data-data di dalam falshdisk sudah di-back up atau diamankan.
  • Kedua,  cara install Windows 8 dengan flashdisk bisa dimulai dengan menjalankan aplikasi Rufus yang telah kawan Begawei download tadi.
  • Ketiga, pilihlah USB flashdisk kemudian pilihlah file sistem yang akan kita gunakan, yaitu FAT 32/NTFS. Beri tanda checklist atau tanda centang pada mode “Quick Format”. Selanjutnya pilihlah “Create a bootable disk using” dan juga “Create extended label and icon files”
  • Cara install Windows 8 dengan Flashdisk yang keempat menggunakan software Rufus ini adalah arahkan kursor pada ikon drive kecil yang ada kolom merahnya dan berada disamping pilihan “Create a bootable disk using”. Selanjutnya, pilihlah dimana lokasi tempat penyimpanan file ISO Windows 8 yang kamu tempatkan sebelumnya.
  • Kelima, setelah file sistem Windows 8 sudah siap, klik “Start”, untuk memulai transfer file-file dari ISO Windows 8 ke dalam USB flashdisk. Apabila muncul pemberitahuan “WARNING: ALL DATA ON DEVICE FLASH DRIVE”, pilih opsi “OK”. Setelah proses mentransfer file-file ke dalam USB flashdisk selesai, flashdisk dapat digunakan untuk menginstall Windows 8. Cara install Windows 8 dengan flashdisk pada intinya sama dengan proses instalasi menggunakan CD/DVD.

cara install windows 8 dengan bantuan flashdisk
Langkah-Langkah Instalasi Windows 8

  • Pastikan USB flashdisk pada port USB adalah yang sudah siap kamu gunakan untuk instalasi Windows 8, yaitu yang sudah diproses melalui software Rufus. Pastikan juga pengaturan BIOS pada komputer kamu sudah diatur dengan prioritas boot pertama memakai data dalam USB flashdisk tadi. Cara install Windows 8 dengan flashdisk memang membutuhkan waktu beberapa saat untuk set up.
  • Setelah semua file tersalin, mulailah dengan pengaturan bahasa, waktu, mata uang, dan pengaturan input keyboard sesuai dengan keinginan kawan Begawei. Selanjutnya klik “Next” dilanjutkan dengan “Install now” untuk memulai proses instalasi Windows 8.
  • Dalam proses berikutnya, kamu akan diminta untuk memasukkan kunci produk sebagai kode verifikasi dalam proses instalasi Windows 8. Masukanlah kunci produk Windows 8 yang telah kamu beli secara resmi tadi. Dalam pembelian kunci produk versi eceran, kunci produk Windows 8 dapat ditemukan dalam kemasan cakramnya. Kunci produk yang sama akan diminta ketika proses instalasi selesai . Kemudian pilihlah opsi “Next” untuk melanjutkan cara install Windows 8 dengan flashdisk ke proses berikutnya.
  • Pada langkah berikutnya, kamu akan menemukan tampilan perjanjian lisensi untuk masuk ke tahap selanjutnya. Isilah tanda checklist pada kolom “I accept the license terms”. Kemudian pilih menu “Next”.
  • Cara install Windows 8 dengan flashdisk selanjutnya adalah memilih proses instalasi yang akan kamu jalankan. Kamu akan mendapatkan dua pilihan, yaitu Upgrade atau Custom Installation. Pilihlah opsi Custom: Install Windows only (advanced).
  • Pada langkah ini, proses instalasi berlangsung seperti pada instalasi program-program lainnya. Tunggulah hingga prosesnya selesai.
  • Langkah terakhir proses instalasi ini merupakan langkah yang membutuhkan waktu yang lumayan lama. So, jika kawan Begawei melakukan instalasi pada laptop, pastikan kapasitas baterai cukup kuat untuk menunggu proses lama tadi.
  • Setelah proses instalasi selesai, pengaturan Windows dengan otomatis akan me-reboot sistem. Kamu dapat melihat proses persiapan sistem yang akan muncul pada saat log in pertama. Pada cara install Windows 8 dengan flashdisk seperti ini, kamu harus menunggu karena ada proses restart beberapa kali. Proses ini tergantung pada konfigurasi hardware pada komputer masing-masing.
  • Setelah proses reboot selesai dilakukan komputer, Windows akan mempersiapkan file-file yang dibutuhkan sistem untuk bisa dijalankan. Proses ini memerlukan waktu beberapa menit.
  • Jika langkah tersebut sudah selesai, maka kamu tinggal melakukan pengaturan personalisasi Windows 8. Selain itu, setting program juga bisa kamu lakukan sesuai kebutuhan. Cara install Windows 8 dengan flashdisk seperti tadi pastinya juga akan meminta akun Microsoft untuk dimasukkan sebagai data pelengkap. So, jangan sampai lupa menyiapkan data-data yang diperlukan.
  • Kawan Begawei juga akan ditanyai email serta nomor telepon sebagai alternatif untuk memulihkan account tersebut jika sewaktu-waktu kamu lupa password dan mencegah dari hal yang tidak diinginkan.
  • Cara install Windows 8 dengan flashdisk pun selesai. Tinggal kamu menunggu Windows yang sedang mempersiapkan komputer atau laptop kamu dalam proses semua pengaturan tadi.

Nah, itu tadi cara install Windows 8 dengan flashdisk yang pastinya mudah untuk dijalankan. Bagi kamu pengguna notebook yang belum ada slot CD/DVD Drive-nya, sekarang tidak perlu kebingungan lagi. Kamu bisa menggunakan media flashdisk untuk proses instalasi Windows 8. Selain faktor kemudahan karena USB flashdisk yang mudah dibaca oleh laptop atau notebook kamu, cara install Windows 8 dengan flashdisk juga lebih praktis karena tidak perlu lagi kepingan CD atau DVD. Baca juga Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus dan Cara Back Up Kontak BBM.

Top