Cara Back Up Contact BBM Paling Mudah

Cara Back Up Kontak BBM – Kini aplikasi Blackberry Messenger (BBM) bukan lagi jadi monopoli ponsel bermerk Blackberry saja. Pengguna gadget yang memakai OS Android dan iOS pun sudah bisa menikmati layanan ini pada smartphone atau tabletnya.  Jika perangkat kamu sedang baik-baik saja mungkin tidak akan menjadi masalah. Tapi lain lagi ceritanya kalau handset kamu sedang trouble dan memaksa harus berganti unit, entah sementara waktu atau seterusnya. Nah, untuk mengantisipasi hilangnya kontak BBM, kami informasikan cara back up contact BBM di handset kamu. Proses back up daftar kontak BBM akan menjadi sangat penting agar tidak harus mencarinya satu persatu lagi. Bicara soal BBM, memang sudah sangat banyak yang menggunakan aplikasi ini. Tapi hal itu ternyata tidak lantas membuat penggunanya tahu dan paham cara back up kontak BBM. Sehingga ketika harus mem-back up daftar kontak BBM harus susah payah jauh-jauh datang ke tempat servis handphone. Padahal, sebenarnya cara back up contact BBM bisa kamu lakukan sendiri. Bagaimana caranya? Yuk kita bahas bareng-bareng!

cara back up contact bbm

Cara Back Up Kontak BBM

Sebelum Begawei menyampaikan soal cara back up contact BBM, kita bahas dulu mengenai sistem operasional (OS) yang digunakan untuk menjalankan aplikasi BBM kamu. Berbicara soal back up daftar teman di  BBM, kawan Begawei tidak perlu memusingkan tentang OS yang digunakan. Baik BlackBerry, iOS atau Android, pada dasarnya semua platform itu mempunyai cara back up kontak BBM yang sama. Hal ini dikarenakan memang pihak RIM selaku vendor BlackBerry sudah merancang cara back up daftar kontak dengan efektif dan efisien. Nah, sekarang saatnya Begawei berikan ulasan cara back up contact BBM. Dengan cara-cara ini, kawan Begawei tidak lagi harus jauh-jauh meminjam jasa orang. Bantuan perangkat lain seperti PC pun sudah tidak diperlukan lagi.

cara back up kontak bbm

  • Jangan anggap enteng BlackBerry ID.

Hal pertama dan paling penting dalam cara back up contact BBM adalah user name dan password BlackBerry ID. Pengguna gadget yang belum terlalu paham, kadang akan menyepelekan keberadaan Blackberry ID. Bahkan tidak jarang ditemui user yang sudah punya Blackberry ID, namun mereka sering teledor melupakan user name dan passwordnya karena dianggap tidak penting. Pada versi-versi BlackBerry yang lama, mungkin sebuah BlackBerry ID tidak terlalu dibutuhkan karena fungsi utamanya hanya untuk restore aplikasi sebelumnya. Tapi, untuk kamu yang memang mengikuti update BBM ke versi yang lebih baru, yaitu versi 7, pasti jadi akan mengetahui fungsi pentingnya BlackBerry ID.  Kawan Begawei, aplikasi BBM versi 7 membutuhkan sebuah BlackBerry ID untuk operasional, bahkan dari awal pengaktifan. Nah, disinilah salah satunya BlackBerry ID akan bekerja. BB ID salah satunya akan berfungsi untuk melakukan back up otomatis data-data kamu, termasuk daftar kontak BBM.  Jika dulu banyak sekali pengguna kehilangan kontak BBM karena perangkat yang secara tak sengaja ter-wipe, maka dengan keluarnya versi BBM terbaru ini tidak perlu khawatir akan kehilangan kontak teman jika handset kamu ter-reset ulang. So, jangan sampai lupa dengan user name dan password BlackBerry ID kamu ya. Selain penting sebagai “identitas” ponsel kamu, cara back up kontak BBM yang paling mudah adalah dengan menggunakan BB ID tadi. Namun bagaimana jika ternyata versi BBM yang digunakan belum versi 7 keatas? Kamu tidak perlu khawatir dengan cara back up contact BBM lagi. Jika kamu pengguna BBM dibawah versi 7, maka secara otomatis, perangkat akan meminta update ke versi yang lebih baru agar tetap bisa menjalankan aplikasinya. Keuntungan dari penggunaan BlackBerry ID yang benar ini tidak hanya bisa kamu manfaatkan di perangkat yang bersistem operasi BlackBerry saja. BB ID sudah bisa kamu manfaatkan pada OS Android dan iOS.

Setelah kontak BBM kamu ter-back up pada BlackBerry, lantas apa yang harus dilakukan? Jawabannya adalah restore. Langkah atau cara back up contact BBM selanjutnya juga sangat mudah. Ketika kamu mengaktikan perangkat baru dan menginstal aplikasi BBM, secara otomatis handset kamu akan menanyakan BlackBerry ID yang kamu punya. Isikan saja user name dan password, maka secara otomatis semua data yang kamu back-up bisa dipulihkan lagi.  Tunggulah beberapa waktu, untuk memastikan bahwa data-data anda sudah ter-back up secara sempurna. Nah, bagaimana? Cara back up contact BBM sangat sederhana kan?

cara back up contact bbm paling mudah

  • Gunakan Fitur BlackBerry Protect pada OS BlackBerry.

Bagi kamu yang menggunakan sistem operasi BlackBerry (ponsel BlackBerry), selain cara back up contact BBM menggunakan BB ID seperti yang sudah dibahas di atas tadi, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi BlackBerry Protect. Menurut situs resmi BlackBerry, aplikasi gratis ini dirancang untuk membantu kamu menemukan smartphone BlackBerry yang hilang dan menjaga informasi di dalamnya. Informasi yang dimaksud disini antara lain adalah daftar kontak BBM yang ada pada ponsel BlackBerry kamu. Kontak, pesan teks, kalender dan penanda dapat di-back up secara nirkabel. Bahkan user bisa memilih akan sesering apa pencadangan dilakukan. Apakah harian, mingguan, atau bulanan. Dengan kata lain, cara back up kontak BBM bisa dilakukan dengan BlackBerry ID ataupun aplikasi BlackBerry Protect yang bisa kamu unduh di BlackBerry World.

Nah, cara back up contact BBM menggunakan BlackBerry Protect langkahnya juga cukup mudah kok. Pertama, lakukan pencadangan data dengan masuk ke menu “Pengaturan”. Lalu pilih “BlackBerry Protect”.  Untuk memproses back-up data, pilihlah menu “Cadangkan”. Setelah itu kamu akan mendapatkan pilihan waktu pencadangan. Selanjutnya, ikuti saja perintah sederhana setelahnya. Cukup mudah kan? Namun, seperti yang sudah Begawei sampaikan tadi, pengaktifan perangkat BlackBerry membutuhkan BlackBerry ID. Maka, lagi-lagi cara back up kontak BBM paling mudah adalah kembali pada pada penggunaan BlackBerry ID secara benar.

Nah, ulasan mengenai cara back up contact BBM tadi adalah hal-hal yang bisa membantu kamu untuk mem-back up kontak teman-teman kamu di BBM. Cukup mudah kan? Karena sebenarnya caranya sudah tersedia pada sistem. Kuncinya adalah dengan mengingat-ingiat terus user name dan password BlckBerry ID kamu. Bila perlu, catat pada tempat yang mudah kamu ingat namun jauh dari jangkauan orang lain. Demikian ulasan Begawei kali ini tentang cara back up contact BBM dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Ikuti terus halaman kami untuk update berita-berita teknologi. Baca juga Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android dan Cara Memilih Hard Disk Eksternal.

  • inan

    saya punya keluhan nih
    kalau umumnya keteledoran pengguna adalah lupa password atau bbII, lain hal nya dengan saya.
    email bbID saya gak sengaja terhapus, saya tidak sengaja melakukan hapus akun gmai saya, artinya id saya rusak,
    kenapa tidak ada aplikasi backup kusus untuk android?
    mohon solusi praktisnya,
    kalo gak ada ya saya backup dengan cara nyatet pin satu-satu pake buku tulis,
    saya harap ada lebih dari 1 cara backup contact bbm selain melalui server,
    itu salah satu kasus yang saya alami.

  • DIEL

    Mas bray, gimana ya cra ngedapetin kontak bbm lama ke baru,soal nya dah ganti hp,trus yg lama id bb nya msh aktif,cuman gak bs dibuka/ hp lama sdh henggg,mohon bantuan ya,,
    SALAM SUKSES✌

Top