Tsu, Saingan Berat facebook?

Saingan berat Facebook – Anda masih aktif di Facebook? Walaupun ada negara-negara yang tidak memperbolehkan penduduknya menggunakan jejaring sosial ala Mark Zuckerberg, tak bisa dipungkiri kalau Facebook memang sangat populer di seluruh dunia. Tapi ternyata, muncul nama baru yang disebut-sebut bakal menyaingi nama besar FB. Jejaring sosial tersebut adalah Tsu. Anda kenal?

tsu pesaing berat facebook

Nama Tsu, mungkin memang masih terdengar sangat asing. Jejaring sosial itu sendiri bermarkas di New York dan merupakan hasil dari kerja Sebastian Sobczak, Drew Ginsburg, dan Thibault Boullenger. Tsu memang belum begitu banyak dikenal. Namun nampaknya Facebook harus mulai hati-hati, karena Tsu ternyata mampu menggaet satu juta pengguna dalam kurun waktu lima minggu saja. Sementara itu, Facebook yang merupakan rival Tsu, harus membutuhkan waktu sepuluh bulan, untuk mencapai target pengguna yang sama. Bahkan dalam laporan Alexa, dalam peringkat dunia, Tsu telah bertengger di urutan ke 5.000 dari 11.000. Pertumbuhan yang sangat luar biasa kan? Apa rahasianya? Sebenarnya, Tsu hanya mengandalkan metode “word of mouth” alias getok tular dalam pemasarannya. Dengan pertumbuhan yang sedemikian pesat, hanya melalui getok tular, apakah Tsu akan mampu mengalahkan Facebook?

CEO Buzz & Co, Sumardy Ma menyatakan bahwa Tsu menawarkan hal yang berbeda kepada para penggunanya. Hanya saja, untuk menjadi pemain global, Tsu harus berpikir seribu kali.

“Kalau ingin menjadi pemain global, Tsu harus berpikir keras lagi. Karakteristik orang di dunia itu berbeda-beda mulai dari budaya dan hal-hal lainnya. Sehingga, kita lihat saja di tiga hingga lima tahun mendatang, apakah Tsu mampu menembus negara-negara berkembang seperti Indonesia,” papar Sumardy.

Hal senada juga dikatakan oleh Enda Nasution, CEO dan founder Sebangsa media sosial Indonesia. Ia berpendapat bahwa akan sulit rasanya untuk siapapun mengalahkan Facebook, termasuk Tsu. Jejaring sosial Facebook sekarang memiliki jumlah pendapatan dan jumlah pengguna global sebanyak 1 miliar. Namun,  Enda juga manambahkan bahwa kemungkinan belum tertutup.  Suatu saat, sangat mungkin Tsu akan bisa menandingi kejayaan Facebook.

Usia Tsu yang masih tergolong seumur jagung, menjadi hal yang sangat perlu dipertimbangkan untuk menyalip FB saat ini. Sementara Facebook sendiri sudah berpengalaman lebih dari 10 tahun di dunia maya. Bagaimana menurut anda, Kawan Begawei? Baca juga Dijual Secara Online, Redmi Note 4G Tidak Diminati dan Lenovo P70 dengan Baterai 4.000 mAh, Harga Terjangkau.

 

 

Top