Spesifikasi dan Harga Huawei Ascend Y540

Spesifikasi dan Harga Huawei Ascend Y540 – Hai…!!! Apa kabar techno freak? Masih setia mengikuti perkembangan jagad teknologi kan? Ngobrol soal tekno, dijamin tidak akan kehabisan bahan, karena teknologi selalu punya perkembangan yang menarik. Salah satu bagian dari teknologi yang selalu punya cerita menarik adalah gadget. Begawei juga masih sangat setia lho, untuk memberikan berbagai macam info soal gadget. Nah, kali ini kita akan membahas sebuah smartphone keluaran baru, yang merupakan produk China. Menurut kawan Begawei, apa yang ada di benak anda kalau kita bicara soal barang “made in China”? Selama ini, China memang dikenal sebagai negara yang menjadi supplyer besar untuk berbagai macam barang. Namun barang merk China biasanya akan sedikit dipandang sebelah mata karena kualitasnya. Benarkah seperti itu? Kali ini kita akan membuktikannya, melalui sebuah smartphone asli China, yang dibesut oleh Huawei. Masih dari keluarga Ascend, kali ini kita akan membahas seluk beluk Huawei Ascend Y540. Handset yang satu ini punya bodi yang tidak begitu lebar, karena mengusung layar berukuran 4.5 inci saja. So, untuk kawan Begawei yang tidak terlalu nyaman memakai ponsel dengan tubuh bongsor, Huawei Ascend Y540 ini jadi pilihan yang bagus. Dibalik bodinya yang tidak terlalu besar itu, Ascend Y540 memiliki sistem operasi Android KitKat sebagai pusat berpikirnya. Dengan OS yang satu ini, pastinya anda tak perlu khawatir akan jadi orang yang kudet alias kurang update. Pada versi KitKat, Android punya cukup banyak opsi aplikasi yang menarik. Bagaimana, apakah Huawei Ascend Y540 ini yang anda cari?

huawei ascend y540

Huawei menempatkan Huawei Ascend Y540 ke deretan smartphone entry level. Harga murah memang jadi salah satu ciri khas produk China. Dibalik kelasnya itu, Huawei Ascend Y540 menyediakan kamera 5 MP sebagai kamera utama. Jadi, kawan Begawei tidak perlu lagi minder untuk mengunggah foto hasil jepretan gadget anda, karena hasilnya akan sangat layak untuk dipublish. Kapasitas penyimpanan yang dibawa oleh Huawei Ascend Y540 ini juga bisa diekspansi hingga 32 GB. Ukuran tersebut pastinya mumpuni untuk membantu anda menyimpan segala macam file. Jadi, hanya dengan membawa smartphone saja, anda sudah sekaligus membawa segala macam file penting. Menarik kan? Tapi untuk menyuimpulkan apakah smartphone Huawei ini adalah gadget berkualitas atau tidak, kita pastinya harus tau seluk beluknya secara lebih mendalam. Yuk ikuti Begawei, untuk melihat spesifikasi dan harga Huawei Ascend Y540 secara lengkap dibawah ini.

hp huawei ascend y540

Spesifikasi Huawei Ascend Y540

Bodi Pas Di Genggaman, Mengandalkan Layar TFT

Spesifikasi Huawei Ascend Y540 tampil dengan bodi yang tidak begitu besar, yakni berdimensi 134.2 mm x 67 mm x 10.3 mm. Dimensi tersebut memang tidak begitu besar, jika dibandingkan smartphone yang saat ini banyak beresar. Layar yang berukuran hanya 4.5 inci-lah yang membuat bodinya tidak terlalu bongsor, sehingga cukup nyaman untuk dioperasikan hanya dengan satu tangan saja. Layar Huawei Ascend Y540 tersebut menggunakan panel TFT atau Thin Film Transistor. Banyak yang salah kaprah bahwa TFT dn layar LCD adalah hal yang berbeda. Sebenarnya, TFT dan LCD adalah jenis yang sama. Namun, TFT merupakan versi yang lebih baik dari layar LCD biasa. Panel TFT membawa ketajaman warna yang lebih baik dari LCD. Namun TFT memang memerlukan banyak daya untuk operasionalnya. Display yang ada pada Huawei Ascend Y540 ini menawarkan visual dengan resolusi 480 x 854 pixels dan kerapatan 218 ppi pixel density. Ragam warna hingga 16 M juga membuat kawan Begawei akan bisa menikmati gambar dengan kualitas yang lumayan baik. Karena layar TFT merupakan capacitive touchscreen, maka secara otomatis akan membawa fungsi multitouch, yang memungkinkan adanya detiksi perintah dari jari. Namun memang belum ditemukan adanya teknologi pelindung anti gores pada spesifikasi Huawei Ascend Y540 ini. Bukan hal yang mengherankan, karena keberadaan kaca supertipis pelindung goresan, pastinya akan membuat harga smartphone melambung. Sedangkan Huawei Ascend Y540 sendiri merupakan ponsel di kelas bawah dengan harga murah. Untuk mengatasi yang satu ini, pastinya berbagai macam jenis screen guard di pasaran bisa membantu anda.

Laju Dapur Pacu Standar

Saatnya kita membedah spesifikasi Huawei Ascend Y540, untuk melihat komposisi mesinnya. Handset terbaru besutan Huawei ini, mengandalkan mesin dual-core Cortex-A7 yang memiliki clock speed 1.3 GHz. Sementara itu, chipset yang digunakan adalah Mediatek. Urusan chipset, Mediatek memang banyak digunakan oleh gadget-gadget entry level karena harganya lebih murah. Namun, komponen ini cukup cepat mengalami kenaikan suhu, yang pastinya akan berpengaruh juga pada performa mesin. RAM yang hadir pada Huawei Ascend Y540 ini berkapasitas 1 GB. Jika dilihat dari komposisi komponenya, Huawei Ascend Y540 ini bekerja dengan tenaga yang terbilang cukup, walaupun belum bisa disebut maksimal. Namun kehadiran sistem operasi Android KitKat bisa dibilang cukup ada pengaruhnya. OS tersebut membuat multitasking berjalan lebih lancar. Sementara itu di sektor grafis dari spesifikasi Huawei Ascend Y540, kawan Begawei akan dibantu oleh GPU Mali-400. Jika dilihat dari kapasitas RAM yang ada, sektor grafis sudah bisa berjalan dengan lumayan baik, walaupun belum bisa dibilang sempurna. Ini pastinya akan berbeda, jika ponsel memiliki RAM dengan kapasitas yang lebih besar.

spesifikasi huawei ascend y540

Memori Cukup Luas Hingga 32 GB

Sebelum membahas memori pada spesifikasi Huawei Ascend Y540 apakah masih ingat dengan ponsel jadul anda, dimana perangkat tersebut sering membuat anda mengeluh “ya…memorinya penuh”? Keluhan-keluhan tersebut pastinya dikarenakan kapasitas memori yang monim. Handset jadul memang punya berbagai keterbatasan, salah satunya pada kapasitas memori. Tapi lain dengan smartphone, yang punya kapasitas memori cukup besar, bahkan masih bisa dimaksimalkan sampai batas tertentu. Begitu juga dengan spesifikasi Huawei Ascend Y540 di sektor memorinya. Handset ini menyediakan memori internal 4 GB. Kapasitas tersebut cukup mumpuni untuk “mengangkut’ berbagai macam file milik anda bukan? Namun jika dirasa masih sangat kurang, tersedia card slot yang bisa anda manfaatkan untuk memperbesar kapasitas memori. Nantinya, kapasitas pada Huawei Ascend Y540 tersebut bisa anda maksimalkan hingga 32 GB. Urusan storage terselesaikan kan?

Kamera Secondary Berkemamuan VGA

Seperti smartphone pada umumnya, spesifiaksi Huawei Ascend Y540 ini hadir dengan double camera. Kawan Begawei yang suka mengabadikan berbagai hal lewat foto, akan bisa memanfaatkan kamera utama 5 MP yang sudah dilengkapi dengan LED flash. Dengan kamera tersebut, anda akan bisa menikmati foto pada Huawei Ascend Y540 ini dengan resolusi 2592 х 1944 pixels. So, tidak akan ada lagi acara minder untuk meng-upload hasil jepretan ponsel ke media sosial, karena kualitas gambarnya sangat mumpuni. Sektor kamera utama ini memang bisa dibilang menjadi salah satu yang diunggulkan oleh Huawei Ascend Y540 ini. Namun ternyata tidak dengan kamera depan yang ada. Kamera secondary yang tersedia merupakan kamera VGA. Cukup bisa dimanfaatkan untuk foto selfie sih, namun hasil jepretannya pun pasti akan punya banyak noise yang mengganggu.

spesifikasi hp huawei ascend y540

Mengandalkan Koneksi 3G

Huawei Ascend Y540 memungkinkan anda mengaktifkan multi SIM card. Jadi, cukup menggunakan satu gadget saja untuk mengaktifkan dua nomer GSM sekaligus. Jika berbagai vendor cukup terlihat ambisius untuk bisa menjangkau koneksi 3G, kali ini tidak dengan Huawei. Handset besutannya kali ini hanya berhenti pada koneksi 3G. Namun kawan Begawei tak perlu khawatir, karena 3G pun akan membawa anda berlari cukup cepat. Pada jalur 3G, Huawei Ascend Y540 akan berjalan pada kecepatan HSPA, yang memungkinkan anda melakukan download dengan kecepatan  21.1 Mbps. Sementara itu, upload akan bisa berjalan dengan speed 5.76 Mbps. Untuk menghemat paket data, kawan Begawei bisa memanfaatkan koneksi Wi-Fi dan hotspot, dengan memanfaatkan Huawei Ascend Y540 ini. Terbayang kan, bakal sangat keren menjelajahi dunia maya di tempat – temapat nongkrong yang memiliki koneksi WiFi atau hotspot. Untuk soal navigasi, anda bisa menggunakan A-GPS atau Assisted GPS. Teknologi yang satu ini merupakan pengembangan dari GPS biasa. Dengan A-GPS, pendeteksian lokasi bisa berjalan lebih cepat. Anda yang memang akrab dengan navigasi karena sering memanfaatkannya untuk pencarian lokasi, pasti akan menjadi sangat lebih terbantu dengan A-GPS. Sementara soal koneksi jarak dekat, kawan Begawei bisa menggunakan bluetooth 4.0 dengan koneksi cepat, namun tetap hemat daya. USB v2.0 pada spesifikasi Huawei Ascend Y540 juga bisa diandalkan untuk mengkoneksikan handset ini dengan perangkat lain seperti charger, CPU atau laptop.

Baterai Tahan Hingga 300 jam

Di bagian akhir spesifikasi, kita akan sama-sama mengecek baterai yang digunakan oleh Huawei Ascend Y540 sebagai sumber daya. Handset ini menggunakan baterai berjenis Li-Ion, dengan kapasitas 1950 mAh. Jika dilihat dari ukuran layar yang tidak begitu besar, kapasitas yang tersemat pada spesifikasi Huawei Ascend Y540 tersebut cukup mampu untuk menopang beban operasional ponsel, dengan catatan pemakaian tidak over. Dalam keadaan stand bye di jalur 3G, kapasitas tersebut bisa bertahan hingga 300 jam. Sementara itu, jika dipakai untuk melakukan atau menerima panggilan (talk time), kapasitas tersebut akan bertahan hingga 5 jam. Sampai disini, apa pendapat anda tentang spesifikasi Huawei Ascend Y540 ini? Kira-kira, berapa harga yang akan melekat pada handset yang satu ini ya?

Huawei Ascend Y540

Jaringan
Teknologi GSM / HSPA
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bands HSDPA 900 / 2100
Kecepatan HSPA 21.1/5.76 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Diumumkan 2015, February
Status Available. Released 2015, February
Bodi
Dimensi 134.2 x 67 x 10.3 mm (5.28 x 2.64 x 0.41 in)
Berat
SIM Yes
Layar
Tipe TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.5 inches (~62.1% screen-to-body ratio)
Resolusi 480 x 854 pixels (~218 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
Sistem Operasi Android OS, v4.4.x (KitKat)
Chipset Mediatek
CPU Dual-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400
Memori
Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 4 GB, 1 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, LED flash
Fitur Geo-tagging
Video 720p
Kamera Depan VGA
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
GPS Yes, with A-GPS
Radio TBC
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity
Messaging SMS(threaded view), MMS, Email, Push Email, IM
Browser HTML
Java Yes, via Java MIDP emulator
– MP3/WAV/eAAC+ player
– MP4/H.264 player
– Photo/video editor
– Document viewer
Baterai
Li-Ion 1950 mAh battery

Harga Huawei Ascend Y540

Nah inilah waktunya kita untuk mengetahui harga Huawei Ascend Y540 terbaru. Setelah Begawei mengamati ponsel ini dengan dalam, terlihat jika Huawei menampilkan handset ini dengan fisik yang tidak begitu bongsor. Layarnya berukuran 4.5 inci saja, sehingga pas dalam genggaman. Display Huawei Ascend Y540 menggunakan panel TFT yang membawa resolusi 480 x 854 pixels dan kerapatan 218 ppi pixel density. Panel tersebut memiliki hasil visual yang cukup bagus, namun memang boros baterai. Sementara itu, mesin smartphone Huawei ini berjalan dengan kolaborasi komponen-komponen seperti prosessor dual-core Cortex-A7 yang memiliki clock speed 1.3 GHz, chipset Mediatek dan RAM 1 GB yang tentunya juga menjadi hardware utama yang berpengaruh terhadap harga Huawei Ascend Y540 yang dibandrol. Soal tenaga tergolong cukup, walau memang belum maksimal. Sementara itu Android KitKat hadir sebagai pusat berpikir pada handset ini. Huawei Ascend Y540 juga hadir dengan memori berkapasitas 4 GB, yang bisa diekspansi hingga 32 GB. Sedangkan di sektor fotografi, anda akan disuguhi kamera utama 5 MP dan kamera VGA di bagian depan. Sementara itu, koneksi 3G menjadi andalan untuk menghubungkan anda ke “dunia luar” dengan memanfaatkan kecepatan yang lumayan tinggi. Baterai berkapasitas 1950 mAh juga hadir, dan bisa bertahan hingga 300 jam dalam keadaan stand bye di jalur 3G. Semakin penasaran saja dengan harga Huawei Ascend Y540 terbaru?

harga huawei ascend y540

Jika dilihat dari spesifikasi yang disematkannya, maka harga Huawei Ascend Y540 terbaru boleh dibilang cukup bersahabat. Anda tak perlu merogoh kocek yang begitu dalam untuk membawa smartphone ini ke saku anda. Harga Huawei Ascend Y540 di banderol sekitar 110 EUR. Nominal tersebut setara dengan IDR 1,6 jutaan. Bagaimana cukup murah bukan harganya? Ya betul dengan harga tersebut maka ponsel Huawei ini digolongkan ke sebagai smartphone kelas menengah ke bawah. Komponen-komponen yang membungkus Huawei Ascend Y540 ini tampak dielaborasikan dengan baik untuk kelas menengah ke bawah. Walaupun jika dibandingkan dengan smartphone lainnya maka spesifikasinya cukup rendah mengingat harga yang dibandrolnya juga cukup miring. Smartphone ini bisa menjadi teman anda yang baik jika anda memang tidak mengincar ponsel yang murah. Nah bagaimana apakah setelah anda mengetahui Huawei Ascend Y540 apakah anda berminat untuk membelinya?

harga huawei ascend y540 terbaru

Jika menurut anda harga Huawei Ascend Y540 terbaru tersebut sudah sesuai dengan spesifikasi yang ditawarkan. segera cari informasi, kapan handset ini akan meluncur di Indonesia, karena februari 2015 ini sudah dirilis secara resmi. Dengan harga Huawei Ascend Y540 yang murah, smartphone ini bisa menjadi obat penawar yang bagus bagi anda yang sekedar menginginkan smartphone android yang bisa membantu pekerjaan-pekerjaan mobile anda yang ringan seperti untuk browsing, texting, berfoto ria dengan kameranya yang 5 Mp, atau sekedar untuk melakukan telepon. Namun jangan berharap ya Huawei Ascend Y540 ini bisa digunakan untuk memainkan game berat, karena anda tahu sendiri jika spesifikasi yang ditawarkan memang tidak begitu spesial. Tampak dengan ponsel ini Huawei coba menembus pasar ponsel menengah ke bawah yang sedang menggeliat pertumbuhannya. Itulah informasi harga Huawei Ascend Y540 yang dapat Begawei sampaikan. Baca juga Huawei Ascend Y520 dan HTC Desire 626.

Top