Menghapus “Ikan Super” pada Lenovo

Cara Meenghapus Superfish dari Lenovo – Lenovo masih sibuk berkutat dengan “Ikan Super’. Belum lama ini, berbagai tipe laptop besutan Lenovo terdeteksi memiliki malware bernama Superfish. Superfish sendiri ditemukan seorang peneliti keamanan di Lenovo. Perangkat Yoga 2  yang baru dibelinya, ternyata memiliki kemampuan membongkar enkripsi web pengguna komputer tersebut dan membuatnya rentan terhadap serangan cyber. Lenovo pun telah merilis daftar tipe laptopnya yang terjangkiti oleh malware tersebut. Dari sekian banyak tipe selain Yoga 2, mereka yang terjangkiti “Ikan Super” adalah seri U330P, U430P, Y430P, Y40-70, dan Z40-75.

menghapus superfish dengan tool

Karena terdeteksi akan merugikan penggunanya, Lenovo pun segera bertindak. Perusahaan asal china itu sudah merilis cara manual untuk menghapus Superfish dari sistem, melalui control panel. Yang terbaru, selain merilis cara manualnya, Lenovo ternyata juga berusaha membantu pengguna laptop yang terjangkit Superfish dengan meluncurkan sebuat tool. Dengan tool tersebut, kawan Begawei secara otomatis akan dapat menghapus Superfish. Lalu, dimana software atau tool itu bisa didapatkan?

Anda hanya perlu mengunjungi halaman resmi yang diluncurkan oleh Lenovo di support.lenovo.com. Disana, kawan Begawei akan menemukan tool untuk meng-unistall Superfish. Besaran file software tersebut tidak terlalu besar, hanya sekitar 5,7 megabyte saja. Jadi, tidak akan memakan terlalu banyak tempat juga pada sistem penyimpanan. Cara pengoperasian tool tersebut pun tidak terlalu sulit. Pada halaman dimana anda menemukan tool uninstall Superfish, anda hanya perlu mengklik kotak yang bertuliskan “Analyze and Remove Superfish now”. Dengan begitu, secara otomasi, sistem akan mencari file malware tersebut di dalam sistem. Jika ditemukan, tool ini akan langsung melenyapkan program berbahaya ini. Cukup simple kan?

Superfish sendiri merupakan  malware yang tergolong dalam kategori adware. Ia bisa menyuntikkan iklan-iklan yang tidak diinginkan oleh pengguna, komputer ketika membuka situs apa pun. Maka jika malware yang satu ini beraksi, maka anda akan sangat terganggu dengan iklan-iklan bersliweran.Tapi ternyata, tidak hanya iklan yang akan mengganggu ketentraman anda saat mengoperasikan perangkat. Superfish bisa menjadi berbahaya karena keberadaan sertifikat HTTPS yang “ditandatangani” oleh dirinya sendiri. Sertifikat ini bisa dipakai memotong lalu lintas menuju ke suatu laman web dan dimanfaatkan oleh penyerang untuk menyamar menjadi halaman tujuan pengguna. Padahal sebelumnya, tujuan dipasangnya malware itu adalah meningkatkan kenyamanan pengguna yang suka berbelanja. Namun, karena bukannya untung, tapi malah menjadi buntung,  sejak Januari 2015, Si “Ikan Super” ini sudah tidak digunakan lagi oleh Lenovo. Baca juga Update OS BlackBerry Bisa BBM-an di PC dan Superfish, Malware di Laptop Lenovo.

Top