Mau Tahu Mesin Pencari yang Lebih Hebat dari Google?

Memex mesin pencari lebih canggih dari Google – Baru-baru ini pihak Defense Advanced Research Projects Agency atau DARPA mengungkap ke publik mengenai project terbaru mereka dalam mengembangkan sebuah sistem mesin pencari yang lebih canggih. DARPA sendiri dengan bangga mengklaim jika mesin pencari yang dimilikinya jauh lebih canggih daripada milik Google. Nah Begawei akan mengajak para pembaca setia untuk mengetahui lebih jauh mengenai mesin pencari yang dinamakan Memex tersebut pada kesempatan kali ini.

memex lebih canggih dari googleMelansir Slashgear, Kamis (19/2/2015), Tujuan pendirian Memex ini sejatinya bukan untuk menandingi popularitas mesin pencari Google yang tersohor namun memiliki tujuan yang lebih konstruktif. Mesin ini dipergunakan untuk menelusuri perdagangan seks atau sex trafficking.

Seperti yang telah kita ketahui bersama internet adalah dua mata pisau yang dimana satu sisinya tajam dan sisi yang lain tumpul. Selain dapat menjadi ajang manusia untuk bebas berbicara dan mengutarakan pendapatnya tetapi di sisi lain internet juga menjadi tempat berkembang biak serta tempat persembunyian yang sempurna bagi orang jahat. Jadi tidak dapat dipungkiri fungsi internet selain membawa kemajuan bagi umat manusia ternyata juga berperan aktif dalam meningkatnya tingkat kejahatan.

Nah tujuan utama itulah yang akan mendasari DARPA dalam merancang Memex. Mereka siap melacak serta menghabisi kategori Website Gelap atau yang biasa disebut dengan “Dark Web”.

DARPA sendiri adalah Departemen Pertahanan di Amerika Serikat yang berfokus pada kemajuan bidang penelitian. Tools yang mereka buat ini akan mencakup mengenai arus informasi yang ada pada keseluruhan jaringan internet. DARPA juga sekaligus menciptakan software yang dapat membantu pemerintah untuk menindak para pelaku kriminal yang bersembunyi di balik website.

Pencipta Memex, Chris White berpendapat jika pengguna awam yang menggunakan mesin pencari Google sejatinya hanya mendapat lima persen saja dari keseluruhan yang terkandung dari website. Memex juga memiliki misi menjadi search engine super yang dapat melacak lebih dalam dari semua mesin pencari yang ada saat ini. Pengguna Memex kedepannya dapat mengehetahui hubungan antar website serta pergerakan dari website tertentu. Luar biasa bukan?. Baca juga Bisnis Smartphone Sangat Menjanjikan Saat Ini dan Aksara Jawa Hadir Di Android.

Top