Ingin Hidup Normal? Please, Stop Bawa Gadget Ke Tempat tidur !

Pengarauh Gadget Bagi Kesehatan – Di era ini, gadget memang sudah bukan barang mahal yang susah ditemui dan hanya boleh digunakan kalangan tertentu saja. Bahkan anak-anak kecil pun sudah sangat akrab dengan berbagai macam perangkat. Wait…!!! coba sekarang kawan Begawei cek, berapa jumlah gadget yang anda miliki saat ini. Rata-rata orang saat ini memang memiliki paling tidak dua buah handset. Sifatnya yang multi fungsi memang membuat gadget menjadi barang yang mau tidak mau harus kita miliki, kecuali kalau seseorang ingin dianggap kudet alias kurang update.

stop bawa gadget ke tempat tidur

Tapi yang jelas, dibalik manfaatnya untuk menunjang segala macam aktivitas kita, gadget tetap punya celah yang mau tidak mau disebut berbahaya. Bagaimana tidak? Jika anda menggunakan gadget secara over, ternyata kesehatan akan bisa terganggu lho…!!! Salah satu yang jelas terjadi adalah, penggunaan gadget yang over akan merusak waktu istirahat. Bagaimana bisa?

Jika anda sering membawa handset anda ke tempat tidur, mau tidak mau, perhatian anda akan tertuju pada perangkat tersebut. Alhasil, anda akan sulit tidur. Studi terbaru dari tim medis yayasan kesehatan BMJ Open di Norwegia menyebutkan,  rata-rata remaja menggunakan minimal dua jenis perangkat elekronik satu jam sebelum mereka tidur. Survei itu dilakukan terhadap 9.846 remaja berusia 16-19 tahun selama dua tahun terakhir. Apa efek yang ditimbulkan?

Ternyata, perangkat elektronik terutama yang memiliki layar memancarkan cahaya, secara signifikan mempengaruhi SOL atau Sleep Onset latency. SOL  sendiri adalah lama waktu untuk merasa mengantuk dan tertidur. Gelombang cahaya panjang-pendek yang dihasilkan layar gadget ternyata juga mampu mengganggu ritme sirkadian. Akibatnya, tubuh sulit menentukan waktu tidur, dan juga menekan produksi hormon melatonin yang berfungsi sebagai penghasil rasa kantuk. So, sekarang anda mengerti kan, kenapa anda sering susah tidur? Jawabnya adalah karena anda aktif bermain gadget, bahkan pada saat tubuh seharusnya dalam keadaan relax di tempat tidur. Kalau sudah begitu, anda sendiri bisa merasakan keadaan tubuh ketika pagi datang.

Selain permasalahan tidur, penelitian lain juga menyebutkan bahwa penggunaan gadget mempengaruhi kesehatan tulang lho…!!!

Banyak dilaporkan terjadi keluhan nyeri pada kedua atau salah satu lengan bagian atas hingga ke pundak.  Hal itu tanpa disadari muncul karena seringkali bermain gadget sambil tiduran. Hal itu membuktikan kalau pengaruh gadget bagi kesehatan memang benar terjadi. Terutama kaitannya dengan masalah kesehatan syaraf. Diungkapkan dalam berbagai penelitian internasional bahwa akibat penggunaan gadget, timbul gangguan pada sistem muskuloskeletal bagian tangan. FYI kawan Begawei, penggunaan jari (jempol) atau tangan pada gadget dalam waktu yang lama, perlahan namun pasti dapat mencederai otot-otot, tendon, dan saraf. Bahkan di Amerika,  karena banyaknya kasus seperti ini akhirnya berbagai cedera itu diberi nama yang berkaitan dengan gadget penyebabnya. Sebut saja cedera jempol yang diberi nama Blackberry Thumb dan cedera tangan disebut iPad Hand.

So, Begawei sarankan agar kawan Begawei tidak terlalu over dalam menggunakan gadget. Anda pastinya tak ingin  tubuh menjadi bobrok, hanya karena gadget kan? Baca juga Tablet Android Windows layar retina 2,8 jutaan dan Charger menempel listrik tetap hemat.

 

Top