Hal-hal Ini Membuat Kuota Internet Cepat Habis Lho…

Yang Membuat Kuota Internet Cepat Habis – Kawan Begawei, apa anda aktif menggunakan internet? Saat ini, internet memang seakan tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Dari kebutuhan pekerjaan sampai dengan hiburan, berkaitan dengan internet. Jika kehabisan kuota? Praktis, komunikasi pun akan terputus. Maka banyak hal juga akan berjalan dengan agak kesusahan. Jangankan online game. Mengecek timeline pada jejaring sosial pun, jelas tak bisa anda lakukan.

berbagai hal yang membuat kuota internet cepat habis

Memang sih, beberapa penyedia layanan internet menyediakan paket data unlimited untuk mengatasi masalah kuota. Tapi, tentu saja hal tersebut memiliki keterbatasan. Setelah batas wajar pemakaian paket unlimited tercapai, koneksi juga sama saja akan jadi sangat lambat.

Sebenarnya, masalah kuota internet bisa kita manage sedemikian rupa lho…!!! Jadi, paket data internet tidak menjadi lebih irit, alias tidak terlalu cepat habis. Nah, berikut ini Begawei informasikan, hal-hal apa saja yang bisa membuat kuota internet cepat habis. Dengan mengetahui penyebabnya, maka anda mengetahui, aktivitas-aktivitas apa saja yang bisa anda minimalisir untuk membuat kuota internet menjadi lebih irit.

Unggah ke YouTube
Kawan Begawei yang suka upload video ke Youtube, asal tau saja, hal itu bisa memakan banyak kuota internet. Rekaman video beresolusi high-definition (HD) bisa menghabiskan jatah internet hingga 200 MB per menit. Bayangkan saja kalau setiap bulan, anda mengunggah lima video HD berdurasi 1 menit, sementara kuota internet Anda hanya 1 GB per bulan. So, ada baiknya kawan Begawei menggunakan koneksi WiFi saja saat ingin mengunggah video dengan beban yang tinggi.

Video Chat
Berkomunikasi dengan si do’i yang ada di jauh sana melalui video chat, memang mengasyikkan. Berbagai macam aplikasi pun bisa anda pilih. Namun, ngobrol via video di Skype atau FaceTime misalnya, tergolong sebagai aktivitas yang membutuhkan banyak bandwidth. Obrolan melalui video, umumnya, mengonsumsi bandwidth 3 MB per menit. Besarnya konsumsi akan berbeda-beda, tergantung pada aplikasi serta resolusi video yang digunakan.

Online game
Anda yang suka menggunakan online game, pasti tau benar kalau game online memakan kuota internet yang cukup banyak. Betul…!!!! Tapi akan tergantung pula pada jenis gamenya. Game seperti Two Dots atau Words With Friend, tidak memakan banyak kuota internet. Kedua game ini hanya menghabiskan beberapa KB saja per menit sehingga tidak boros. Namun, lain lagi dengan game online berjenis real-time action, seperti Asphalt 8 atau Modern Combat 5: Blackout. Keduanya diperkirakan membutuhkan 1 MB data per menit. Permainan dalam durasi yang panjang akan semakin meningkatkan konsumsi data. So, jangan sampai terlena ya…!!!

Streaming musik dan video
Layanan streaming musik, apalagi dengan resolusi besar, akan membuat konsumsi data membengkak. Sebut saja seperti Guvera atau Rdio. Bila anda memutar musik dengan resolusi 320 Kbps, total kuota internet yang dihabiskan adalah 2,4 MB per menit. Dalam durasi satu jam, anda sudah menghabiskan 115 MB. Begitu juga dengan streaming video. Youtubing video memang hal yang mengasyikkan. Tapi, satu hal yang tidak boleh anda lupa adalah, streaming video merupakan penyerap paling “kejam” terhadap kuota internet. Masalahnya, konsumsi data streaming video bisa mencapai 50 MB per menit. Baca juga Samsung Galaxy S Pro 2 smartphone flagship Samsung dan Asus VivoWatch pesaing Apple Watch

Top