Chating Pakai Aksara Jawa di Android, Asyik Lho….!

Aksara Jawa Hadir Di Android – Anda pengguna BBM? Chating dengan BBM memang sudah menjadi hal yang lumrah saat ini. Tapi apa kawan Begawei sudah pernah mencoba chit-chat dengan teman BBM menggunakan aksara atau huruf Jawa?

aplikasi aksara jawa di android

Kalau ditanya soal aksara Jawa, mungkin memang banyak orang yang sudah lupa. Banyak dari generasi muda enggan untuk mempelajari aksara jawa karena dianggap tidak gaul lah, tidak ‘up to date’ lah dan katanya sulit dipelajari. Tapi berkat kreatifitas seorang guru Bahasa Jawa di SMA Negaeri 1 Sanden, Bantul, kita diingatkan kembali  soal aksara Jawa, melalui media yang sangat asyik. Sekarang, anda sudah bisa BBM-an dengan pilihan font berupa aksara Jawa.

Adalah Setya Amrih Prasaja, guru Bahasa jawa yang mengembangkan font berupa aksara jawa di ponsel pintar berjenis Android. Sudah dua bulan terakhir, Setya menerapkan aksara Jawa di ponsel pintarnya. Cara itu juga diikuti sebagian besar muridnya yang kebanyakan telah memiliki ponsel berbasis android. Bahkan, tugas pelajaran sekolah dan obrolan di sampaikannya lewat ponsel dengan bahasa dan tulisan Jawa. Lalu bagaimana prosesnya sampai Setya bisa mengembangkan ide untuk menampilkan aksara Jawa di Android?

Untuk mengggunakan aksara Jawa di ponsel, mula-mula ia mengunduh huruf Jawa di fasilitas playstore pada smartphone berbasis Android. Ada banyak huruf Jawa yang dapat kawan Begawei unduh disana. Setya sendiri memilih aplikasi huruf Pradasunawa062, yang kebetulan aplikasi “asli’ Jogja, karena merupakan buatan mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Tak lupa pula, dia juga mengunduh aplikasi multiling keyboard, agar papan huruf di layar androidnya bisa berubah menjadi aksara Jawa. Namun ternyata, berbagai perangkat lunak itu hanya bisa digunakan di ponsel Android ICS. Lalu, melihat “aksi” guru kreatif itu, bagaimana tanggapan murid-muridnya?

Zaman memang telah memoles anak muda menjadi serba modern. Tapi untuk yang satu ini, justru banyak menarik perhatian murid-murid SMA. Penggunaan aksara Jawa untuk chating via BBM, ternyata dinilai sebagai hal yang unik dan mengasyikkan. Tertarik? Baca juga Ponsel Lava 1 jutaan, Baterai Kapasitas Besar dan LiFi, WiFi Berbasis Cahaya.

 

 

  • husni

    harus pakek aplikasi appa bang???

Top