Akun Facebook yang Pemiliknya Meninggal, Bisa Diwariskan

Akun Facebook Kini Bisa Diwariskan – Mewariskan harta benda kepada orang yang dirasa pantas dan berhak ketika seseorang tutup usia, sudah menjadi hal yang lumrah. Hal tersebut memang sudah berlangsung sejak sangat lama., bahkan menjadi tradisi. Mewariskan harta benda bertujuan agar harta tersebut tidak terbengkalai ataupun jatuh ke tangan yang tidak berhak. Tapi bagaimana jika akun Facebook yang diwariskan? Adakah keuntungannya?

akun facebook bisa diwariskan

Jangan salah, kawan Begawei…!!! Banyak orang yang “curhat’ via jejaring sosial ini. Pasti  anda pun pernah share  berbagai hal kan di jejaring sosial ini? Jadi bisa dibilang kalau akun Facebook adalah `tempat` paling pribadi untuk menyimpan berbagai informasi mengenai pemiliknya. Untuk itu, saat ini Facebook memutuskan bahwa akun facebook orang yang tutup usia, bisa “diwariskan”.

Adalah fitur ‘Legacy Contact’, yang akan membantu kita untuk “mewariskan” akun facebook, jika kita tutup usia nanti. Seperti yang Begawei kutip dari Liputan6.com, fitur baru ini bakalan disediakan di halaman pengaturan privasi. Dengan fitur tersebut, anda bisa menambahkan kontak anggota keluarga sebagai “ahli waris” akun Facebook. Nama yang tertera, nantinya akan dihubungi jika suatu saat pemilik akun meninggal.

Kawan Begawei yang ditunjuk sebagai “ahli waris”, nantinya akan diberikan hak-hak dari pemilik akun. Misalnya saja merespon pertemanan, mengganti foto profil dan cover, serta mengunduh foto yang ada pada akun sang pemilik. Namun, meski sudah diwariskan, layanan yang telah memiliki pengguna lebih dari 1,4 miliar itu tetap menjaga privasi dari sang pemilik asli. So, pewaris kontak tetap tidak diberikan kewenangan mengganti pengaturan dan membaca private message dari pengguna. Pewaris kontak bahkan bisa menuliskan postingan di Timeline, tetapi dengan menggunakan profil mereka sendiri, bukan akun milik almarhum. Bagaimana, anda penasaran?

Eiiittss…tunggu dulu…!!! Kawan Begawei yang penasaran dengan fitur itu,  harus sedikit bersabar. Untuk sementara fitur ini baru bisa dinikmati oleh pengguna di wilayah UK. Namun, facebook menjanjikan dalam beberapa waktu ke depan fitur tersebut akan tersedia secara luas ke seluruh dunia.

Bicara soal “mewariskan” akun, fitur serupa juga telah disediakan Google pada tahun 2013 silam.  Fitur  ‘Inactive Account Manager’ ala Google, memungkinkan akun Gmail dan dokumen di Google Drive diwariskan kepada orang lain bila penggunanya meninggal dunia. Baca juga Persaingan Apple dan Google dalam Otomotif dan Kamera yang Mampu Deteksi Suhu Sekaligus Hantu.

 

Top