2015 : Smartphone Berlayar 5 Inci Keatas Semakin Jadi Primadona

Bisnis Smartphone Sangat Menjanjikan Saat Ini – Siapa sih yang sekarang tidak menggunakan smartphone? Teknologi yang satu ini memang hadir di berbagai kelas, dari kelas yang paling tinggi, hingga kelas bawah sekalipun. Tak heran, kalu bisnis ponsel pintar jadi yang paling wow saat ini. Bayangkan saja, untuk tahun 2014 lalu, catatan penjualan perangkat smartphone berhasil mencapai angka 1,2 miliar unit. Itu artinya, bisnis tersebut berhasil memecahkan rekor sebanyak 1 miliar unit! Angka tersebut menunjukkan bahwa terjadi peningkatan sebanyak 23% dibandingkan dengan penjualan smartphone tahun sebelumnya. Total penjualan tersebut diperoleh dari 90 lebih negara yang ada di dunia. Demikian laporan yang dirilis oleh GFK. Kira-kira negara mana saja ya yang menyumbang penjualan tinggi?

penjualan smarphone 2014 dan 2015

Peningkatan penjualan yang terbesar terjadi di wilayah Amerika Latin, sebesar 59% dari yang tadinya sebanyak 68,7 juta unit terjual di tahun 2013, menjadi 109,5 juta unit smartphone yang terjual di 2014. Di posisi kedua ditempati oleh wilayah Asia Pasific yang kebanyakan diisi oleh negara-negara berkembang seperti Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam, Filipina, dan lain-lain. Di wilayah ini peningkatannya 55% dengan total penjualan sebanyak 149,9 juta unit smartphone.

Nah, dari angka-angka fantastis itu, penyumbang tinggi di tahun 2014 adalah penjualan smartphone yang harganya  terjangkau, terutama yang berada di kisaran harga USD 100 sampai USD 150. Sedangkan untuk smartphone yang harganya di atas USD 150, GFK menyebut porsinya terus menurun. Selain smartphone terjangkau, penyumbang terbesar penjualan smartphone di tahun 2014 juga berasal dari smartphone dengan ukuran layar 5 inch ke atas. Segmen smartphone ini disebut meningkat penjualannya sampai 180%. Karena alasan ini juga disebut-sebut penjualan tablet menjadi keog.

Dibalik laporan tersebut, ada kabar baik juga untuk anda. GFK menyebutkan, harga ponsel entry level diprediksi akan semakin murah lagi pada tahun ini. So, kawan Begawei yang hanya punya kocek terbatas, tak perlu lagi khawatir. Apalagi prediksi tersebut sudah mulai muncul melalui project Android One, yang diluncurkan oleh Google. Sementara untuk tahun ini, GFK memprediksi smartphone terjangkau dan berukuran layar 5 inch ke atas akan semakin menjadi primadona. Baca juga Aksara Jawa Hadir Di Android dan Ponsel Lava 1 jutaan, Baterai Kapasitas Besar.

 

Top