Spesifikasi dan Harga Samsung Z1

Spesifikasi dan Harga Samsung Z1 – Kawan Begawei, kita berjumpa lagi untuk membahas tipe gadget baru. Bagaimana, anda masih berburu handset? Spesifikasi seperti apa yang kali ini anda inginkan? Berbagai macam tipe memang hadir dengan keunggulannya masing-masing. Nah, kira –kira smartphone yang akan kita kuak spesifikasi dan harganya kali ini bakal punya keunggulan apa ya? Yang jelas kali ini kita akan berkenalan dengan smartphone terbaru besutan vendor raksasa—Samsung. Pada Samsung Z1 ini, akhirnya Samsung menempatkan sistem operasi buatannya sendiri. Hal ini pastinya memang sudah cukup ditunggu, karena para penggila gadget sudah sangat penasaran untuk mengetahui seberapa hebat kinerja OS besutan Samsung yang dinamai Tizen itu. Kabarnya, Tizen yang disematkan pada Samsung Z1 memang digadang-gadang untuk membuat produk-produk Samsung tidak tergantung lagi pada si Robot Hijau—Android. Akankah Tizen punya kemampuan yang mumpuni? Lalu selain menjadi pelopor kehadiran OS Tizen, bagaimana dengan spesifikasi dan harga Samsung Z1 terbaru? Review berikut ini akan menjawab pertanyaan tersebut. Just check this one out!

samsung z1

Kalau kita membicarakan Samsung, tidak akan jauh-jauh dari bayangan gadget berteknologi tinggi. Harga yang diusung produk smartphone ala Samsung pun rata-rata akan berada pada kelas menengah keatas. Namun lain halnya dengan Samsung Z1 ini. Kali ini Samsung pede mengeluarkan produk smartphone pada entry level. Namun, walaupun Samsung Z1 akan menjadi produk dengan harga yang murah, smartphone Samsung ini tetap membawa berbagai nilai plus. Sebut saja sektor penyimpanan yang bisa dimaksimalkan hingga 64 GB. Kapasitas yang cukup luas untuk mengcover begitu banyak file milik anda. Koneksi cepat 3G juga akan melengkapi konektivitas Samsung Z1.  Semakin penasaran dengan spesifikasi lengkapnya? Berikut reviewnya, spesial untuk kawan Begawei.

hp samsung z1

Spesifikasi Samsung Z1

Layar 4 Inci Boros Daya

Meskipun spesifikasi Samsung Z1 mengusung sistem operasi ala Samsung sendiri–Tizen, namun bukan berarti desain fisiknya akan berbeda dengan tipe-tipe smartphone Samsung yang menggunakan OS Android. Tampilan Samsung Z1 akan serupa dengan Samsung yang menggunakan OS Android. Tidak begitu berbeda dengan spesies milik Samsung lainnya, Z1 mengusung dimensi ponsel 120.4 mm x 63.2 mm x 9.7 mm. Sementara itu massanya terhitung cukup ringan, yaitu dengan berat 112 gram. Jadi terasa pas ah dalam genggaman. Nah, untuk layarnya, Samsung Z1 memiliki layar dengan ukuran yang tidak terlalu besar, yaitu 4 inci saja. Mengusung platform capacitive touchscreen, layar berukuran 4 inci tersebut dipastikan memiliki multitouch, sehingga mampu mendeteksi perintah dari multi jari. Sementara itu, jenis layar yang digunakan Samsung Z1 adalah PLS TFT. Layar Plane to Line Switching atau PLS merupakan varian dari layar LCD. Namun berbeda sengan LCD biasa, layar ini memiliki kecerahan warna yang jauh lebih baik. Dengan ragam warna mencapai 16 M, layar pada Samsung Z1 pastinya menyuguhkan visual yang atraktif. Resolusi yang dihasilkan adalah 480 x 800 pixels, dengan kerapatan 233 ppi pixel density. Namun layar jenis PLS TFT memang memiliki kekurangan juga. Antara lain adalah memakan banyak daya untuk operasionalnya. Pada spesifikasi Samsung Z1 ini, Samsung juga belum menyertakan pelindung anti gores pada layar. Dengan begitu, persiapkan juga budget untuk membeli screen guard agar layar pada ponsel kesayangan anda tetap terlindungi dengan baik.

Project Perdana Tizen dengan Dapur Pacu Standar

Saatnya kita membedah spesifikasi Samsung Z1 lebih dalam untuk melihat kinerja mesinnya. Tipe ini mengandalkan Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7 sebagai prosessornya. Sementara itu hadir chipset Spreadtrum SC7727S yang berpadu dengan 768 MB RAM. Alhasil, tenaga yang dihasilkan pada dapur pacunya cukup baik, walaupun tidak bisa juga disebut maksimal. Meskipun begitu, kedatangan Tizen sebagai OS ciptaan Samsung sendiri, menjadi daya tarik yang cukup ditunggu oleh para penggila gadget. Dengan Samsung Z1 user bisa mulai mencicipi seberapa ampuh OS Tizen. Kabarnya, sistem operasi pada Samsung Z1 ini memang mengangkat berbagai kelebihan. Tizen mampu menjalankan semua aplikasi berbasis Android yang berbasis HTML5 dengan baik. Selain itu, Tizen juga dapat diaplikasikan pada berbagai perangkat lain seperti TV, Kamera, atau PC. Dan pastinya sistem operasi ini mendapat dukungan penuh dari Samsung. Namun untuk benar-benar membuktikan keampuhannya, kita memang harus  benar-benar mencoba Samsung Z1, karena tipe ini adalah project perdana Tizen. Bergeser ke spesifikasi Samsung Z1 pada bagian grafis, anda akan dibantu oleh kartu grafis Mali-400 untuk menunjang segala kebutuhan grafis, misalnya saja aktivitas gaming.

spesifikasi samsung z1

Memori Internal 4 GB

Untuk urusan kapasitas memori, spesifikasi Samsung Z1 dibekali dengan memori berkapasitas lumayan besar. Anda akan bisa menampung file-file digital pada kartu memori internal berkapasitas 4 GB. Seperti kebanyakan ponsel modern yang beredar, kapasitas memori internal pada Samsung Z1 juga  akan bisa diperluas lagi. Dengan bantuan card slot yang anda, kawan Begawei bisa memperbesar tampungan memorinya hingga 64 GB. So, tak perlu ragu lagi untuk menyimpan segala macam file pada Samsung Z1 ini. Akan sangat mudah juga pastinya untuk dibawa kemana-mana.

Mengandalkan Kamera VGA untuk Selfie

Produk-produk smartphone besutan Samsung biasanya memang memiliki kamera yang lihai untuk mengcover fotografi. Bagaimana dengan spesifikasi Samsung Z1 ini? Kamera utamanya mengandalkan kamera 3.15 MP yang disandingkan bersama dengan LED flash untuk membantu pencahayaan. Ukuran kamera yang termasuk kecil memang, apalagi jika dibandingkan dengan tipe-tipe lainnya dari Samsung. Sebut saja keluarga Galaxy Series yang rata-rata memiliki kamera berukuran besar. Namun kamera utama pada Samsung Z1 , ternyata cukup mampu menghasilkan gambar berkualitas tinggi dengan resolusi 2048 x 1536 pixels. Kamera Samsung Z1 tersebut juga bisa digunakan untuk merekam video. Namun pada sektor kamera depan, sepertinya anda harus sedikit kecewa. Bagaimana tidak, Samsung hanya memberikan kamera VGA sebagai kamera secondary pada spesifikasi Samsung Z1 ini. Sehingga jangan kaget ketika anda akan mendapatkan hasil jepretan yang kurang berkualitas. Namun jika untuk sekedar memiliki koleksi foto selfie, boleh juga lah…!!!

spesifikasi hp samsung z1

Berjalan pada Koneksi 3G

Samsung Z1 memungkinkan anda untuk mengaktifkan dua SIM card GSM sekaligus. Sementara soal koneksi, Z1 memang belum mampu menjangkau koneksi 4G LTE. Namun, spesifikasi Samsung Z1 ini menyediakan koneksi 3G. Jenis koneksi ini pastinya punya kecepatan yang cukup baik, tanpa lemot. Pada pilihan mode 3G, anda bisa berjalan pada kecepatan HSPA. Selain mengandalkan koneksi seluler, anda juga bisa memanfaatkan koneksi di zona-zona WiFi, karena Samsung Z1 sudah bisa menjangkaunya. Sementara itu, untuk koneksi jarak dekat yang bisa kawan Begawei manfaatkan untuk transfer data antar perangkat, tersedia Bluetooth berkecepatan tinggi versi 4.0. Anda juga bisa memanfaatkan microUSB untuk mengkoneksikan perangkat ini dengan piranti lainnya. Soal navigasi, nikmati hasil navigasi yang akurat melalui A-GPS yang tertanam pada spesifikasi Samsung Z1 ini. Jadi, untuk menikmati layanan navigasi, seperti pemetaan misalnya, tidak perlu mengkhawatirkan hasilnya lagi.

Baterai Kapasitas Kecil

Pada sektor pendayaan, spesifikasi Samsung Z1 memiliki baterai Li-Ion yang bisa dimanfaatkan. Kapasitasnya sendiri adalah 1500 mAh. Untuk melakukan panggilan (talk time) pada koneksi 3G, kapasitas tersebut bisa bertahan hingga 8 jam. Secara keseluruhan, kapasitas Samsung Z1 tersebut juga cukup baik untuk mendayai ponsel dengan layar 4 inci ini. Namun memang alangkah baiknya jika kawan Begawei menggunakan daya cadangan melalui power bank. Hal ini akan sangat berguna ketika dalam keadaan darurat, misalnya mati listrik. Spesifikasi baterai yang ada pada ponsel pintar Samsung ini menjadi akhir pembahasan spesifikasi Samsung Z1 ini. Dengan spesifikasi yang diusung, kira-kira berapa ya harga Samsung Z1 yang akan dibanderol?

Samsung Z1

Jaringan
TechnologyGSM / HSPA
2G bandsGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G bandsHSDPA 900 / 2100
SpeedHSPA
GPRSYes
EDGEYes
Pengumuman
Pengumuman2015, January
StatusAvailable. Released 2015, January
Bodi
Dimensi120.4 x 63.2 x 9.7 mm (4.74 x 2.49 x 0.38 in)
Berat112 g (3.95 oz)
SIMDual SIM
Layar
TipePLS TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran4.0 inches (~59.8% screen-to-body ratio)
Resolusi480 x 800 pixels (~233 ppi pixel density)
MultitouchYes
Dapur Pacu
Sistem OperasiTizen OS, v2.3
ChipsetSpreadtrum SC7727S
CPUDual-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPUMali-400
Memori
Card slotmicroSD, up to 64 GB
Internal4 GB, 768 MB RAM
Kamera
Kamera Belakang3.15 MP, 2048 x 1536 pixels, LED flash
FiturGeo-tagging, face detection
VideoYes
Kamera DepanVGA
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Konektivitas
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n
Bluetoothv4.1, A2DP
GPSYes, with A-GPS
RadioFM radio
USBmicroUSB v2.0
Fitur
SensorAccelerometer
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML
JavaYes, via Java MIDP emulator
Baterai
Li-Ion 1500 mAh battery

Harga Samsung Z1

Akhirnya Begawei sudah sampai di segmen harga Samsung Z1 terbaru. Sebagai project pertama untuk OS Tizen pada perangkat Samsung, Samsung Z1 cukup ditunggu kehadirannya. Handset ini pastinya sedikit banyak akan menunjukkan pada kita, seberapa ampuh OS besutan Samsung itu. Berbicara soal spesifikasi, Samsung Z1 mengusung bodi yang sebelas duabelas dengan tipe smartphone lain ala Samsung. Layar yang digunakan tidak terlalu besar, yakni berukuran 4 inci dengan teknologi PLS TFT. Hasil gambarnya memang lebih berkualitas jika dibandingkan dengan layar LCD biasa. Sementara di sektor dapur pacu, kawan Begawei akan disajikan komponen-komponen yang membuat dapur pacunya berjalan standar dan tentunya dengan komponen standar tersebut membuat harga Samsung Z1 ini tetap terjangkau. Mereka adalah kolaborasi dari CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7, chipset Spreadtrum SC7727S dan 768 MB RAM. Tinggal kita tunggu saja performa OS Tizen, yang kabarnya memang memberikan beberapa keunggulan untuk mesinnya. Beralih ke sisi kapasitas penyimpanan, Samsung Z1 memiliki memori internal berkapasiatas 4 GB yang bisa dimaksimalkan hingga 64 GB. Sementara sektor kameranya hadir lumayan mengecewakan, karena kamera depannya hanya mengusung kamera VGA. Kamera utamanya pun berukuran tidak terlalu besar, yaitu 3.15 MP. Soal koneksi, Samsung Z1 mengandalkan kecepatan 3G. Baterai berkapasitas 1500 mAh juga cukup bisa menopang operasionalnya, walaupun bisa dibilang kapasitasnya tidak terlalu besar. Nah, untuk ponsel dengan OS baru Tizen dan dapur pacu yang standar ini, kabarnya akan ada harga yang murah meriah. Kira-kira berapa ya harga Samsung Z1 terbaru?

harga samsung z1

Samsung akan membidik konsumen dalam segmentasi kelas menengah yang memiliki budget tidak besar. Maka harga Samsung Z1 terbaru diperkirakan akan dilepas dengan harga yang murah saja supaya terjangkau oleh konsumen. Berharga murah meriah, Samsung Z1 kabarnya dijual dengan harga Rp. 1 jutaan. Cukup balance dengan spesifikasi yang diusung. Dengan harga Samsung Z1 tersebut memang ponsel pintar ini bisa dibilang cukup standar karena hanya didukung dengan perangkat-perangkat yang biasa saja. Anda hanya bisa menginstal aplikasi-aplikasi yang penting saja serta kurang mendukung untuk bermain game HD karena dapat membuat ponsel pintar anda menjadi lemot dan cepat habis baterainya. Jika Begawei ingin mengoptimalkan fungsi Samsung Z1 ini kemungkinan akan memasukkan aplikasi yang berukuran kecil dan mengurangi game-game yang tidak perlu supaya kinerja ponsel tetap dapat berjalan dengan optimal. Pada sektor-sektor lain yang terdapat pada Samsung Z1 ini juga bisa dibilang tidak terlalu memuaskan. Namun sebagai konsekuensinya anda hanya perlu menyiapkan budget yang sangat rendah untuk dapat membawa pulang ponsel ini. Bagaimana pendapat kawan-kawan apakah berminat untuk memiliki smartphone terbaru dari Samsung ini setelah mengetahui fitur-fitur dan harga Samsung Z1 terbaru?

harga samsung z1 terbaru

Tetapi perlu kawan-kawan ketahui jika harga Samsung Z1 terbaru yang Begawei sebutkan tadi pastinya masih menjadi perkiraan. Manfaatkan outlet-outlet resmi Samsung untuk mengetahui harga resminya. Pergeseran harga Samsung Z1 pun sangat mungkin terjadi, tergantung jauhnya jangkauan wilayah tempat anda berada. Namun Begawei akan memastikan jika terdapat perubahan harga maka tidak akan terlampau jauh dari yang Begawei sampaikan. Oleh karena itu Begawei menyarankan supaya kawan-kawan menyiapkan budget sedikit lebih tinggi daripada yang Begawei utarakan diatas sehingga ketika terjadi perubahan harga Samsung Z1 maka anda tidak akan kaget. Tetapi jika ternyata harga jualnya jauh lebih murah maka kawan-kawan dapat mempergunakan sisa uangnya untuk membeli powerbank dan kartu Micro SD yang dapat melengkapi smartphone anda. OS Tizen terbaru ini memang disiapkan untuk mengganti peran OS Android yang bisa dibilang menguasai hampir seluruh smartphone dan gadget. Berbicara soal performa OS Tizen memang belum dapat diketahui dalam waktu dekat ini karena memang Samsung Z1 ini belum beredar di pasaran sehingga kita tidak bisa mengintip bagaimana keampuhan dan efektifnya sistem operasi terbaru ini. Apakah ke depannya OS Tizen ini dapat berkembang seperti iOS milik Apple? Mari kita tunggu saja bersama-sama debut Samsung Z1 dengan OS Tizennya yang inovatif tersebut. Baiklah kawan pemaparan Begawei mengenai informasi harga Samsung Z1 terbaru ini sekaligus menjadi penanda akhir perjumpaan pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Samsung Galaxy A7 dan Samsung Galaxy Grand Max.

Top