Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy J1 – Hai apa kabar gadget freak? Saatnya kita mengupas habis lagi satu gadget keluaran baru. Begawei pastinya siap untuk menginformasikan spesifikasi dan harga gadget terbaru melalui review gadget ala Begawei. Kali ini kita akan membahas smartphone besutan negeri ginseng yaitu Samsung Galaxy J1 terbaru. Kalau mendengar nama Samsung memang sangat identik dengan produk-produk premium. Spesifikasinya berkelas wahid, sehingga harganyapun akan disesuaikan dengan kualitasnya yang bagus. Tapi jangan salah lho, kawan Begawei! Saat ini Samsung sedang dibayang-bayangi oleh Xiaomi, yang mulai menyamakan posisi di sektor penjualan yang menyasar kelas low end. Kabarnya, Xiaomi terus menghimpit Samsung, sehingga Samsung mengalami penurunan profit hingga 27%. Sadar akan ancaman “bahaya” dari kelas low end, Samsung pun berusaha tetap eksis dengan menghadirkan smartphone yang lebih terjangkau oleh kalangan bawah. Setelah meluncurkan Samsung Galaxy J, vendor asal Korea Selatan ini hadir dengan Samsung Galaxy J1 di awal 2015 ini. Sedikit bergeser dari ciri khas Samsung yang memboyong layar-layar berukuran besar, spesies yang satu ini hadir dengan layar 4.3 inci, sehingga terasa lebih pas dalam genggaman. Mengandalkan kamera 5 MP sebagai kamera utamanya, Samsung Galaxy J1 pastinya akan memanjakan kawan Begawei yang hobi mengabadikan berbagai momen dalam bentuk foto. Asyik kan? Nah, pastinya Samsung Galaxy J1 ini masih punya berbagai macam kelebihan. Tak usah khawatir, karena Begawei akan beberkan secara lebih mendetail untuk anda!

samsung galaxy j1

Berada pada jajaran smartphone kelas low end, Samsung Galaxy J1 pastinya jadi pilihan untuk anda yang membidik perangkat dengan harga yang terjangkau, namun tetap punya spec yang lumayan. Ya, seperti yang kita ketahui, bahwa ponsel Samsung memang selalu menawarkan spesifikasi yang berkualitas. Terbukti juga dengan kehadiran kapasitas memori yang extra luas pada Samsung Galaxy J1. Anda akan bisa memperluas memori internal yang ada, bahkan sampai 128 GB. Android KitKat yang disematkan di dalamnya sebagai sistem operasi juga tak perlu diragukan lagi kan performanya? KitKat dapat mengoptimasi memori Samsung Galaxy J1 serta meningkatkan kemampuan layar sentuhnya. Bahkan, Google menyatakan kalau OS ini memberikan respon yang lebih cepat serta akurat daripada versi sebelumnya. Pastinya Begawei juga masih punya banyak detail yang bisa anda simak, untuk bisa lebih mengenal Samsung Galaxy J1. Yuk kita lihat sama-sama!

hp samsung galaxy j1

Spesifikasi Samsung Galaxy J1

Layar 4.3 Inci dengan Panel TFT

Melihat banyak gadget yang hadir dengan tubuh bongsornya akhir-akhir ini, mungkin membuat anda sedikit merindukan handset yang ukurannya tidak terlalu besar. Hal itu juga yang ditawarkan oleh Samsung melalui spesifikasi Samsung Galaxy J1 ini. Memang berbeda dengan tipe-tipe anggota keluarga Galaxy lain yang rata-rata memboyong layar besar, Samsung Galaxy J1 hadir dengan layar berukuran 4.3 inci saja. Sehingga dimensi keseluruhannya pun hanya mencapai 129 mm x 68.2 mm x 8.9 mm dengan berat 122 gram. Jadi, tipe yang satu ini memang lebih leluasa untuk digenggam, karena bodinya tidak terlalu besar. Karena layar Samsung Galaxy J1 berjenis capacitive touchscreen, otomatis akan membawa fungsi multitouch, sehingga bisa mendeteksi komando dari multi jari. Namun memang sangat disayangkan, kali ini Samsung hanya mengandalkan layar TFT untuk Samsung Galaxy J1 ini. Panel layar TFT memang memiliki respon yang sangat baik terhadap sentuhan. Namun, tampilannya akan berbeda saat dilihat dari sudut miring. Selain itu, jenis layar smartphone yang satu ini membutuhkan daya yang sangat besar sehingga dapat menguras isi baterai dalam waktu yang lebih cepat. Hal-hal tersebut pastinya memjadi nilai minus tersendiri. Belum lagi visual yang dihadirkan oleh Samsung Galaxy J1 resolusinya cukup terbatas, hanya 480 x 800 pixels. Dengan kerapatan gambar yang tergolong kecil juga, yakni 217 ppi pixel density, membuat visual yang ditampilkan memang sedikit pecah.   Secara fisik, Samsung juga memang belum membekali spesifikasi Galaxy J1 ini dengan perlindungan anti gores. Hal ini pastinya juga karena faktor penyesuaian dengan harga jualnya.

RAM 512 MB Membuat Dapur Pacunya Lesu

Setelah kita mengenal spesifikasi Samsung Galaxy J1 dari desain dan kekuatan fisiknya, sekarang saatnya kita membedah spesies yang satu ini untuk melihat organ dalamnya. Samsung Galaxy J1 menggunakan chipset buatan China, yaitu Spreadtrum. Chipset yang satu ini diklaim cukup agresif dalam menggeber ponsel kelas low end. Prosessornya yang mengandalkan dua inti (dual core)  1.2 GHz Cortex-A7 berkolaborasi dengan RAM yang kapasitasnya cukup ciut, 512 MB. Jadi tak perlu heran jika Samsung Galaxy J1 tidak begitu bertenaga. Namun hal tersebut cukup terbantu dengan kehadiran sistem operasi Android Kitkat, yang mampu meningkatkan kinerja mesin, sehingga ponsel berjalan lebih responsif, walaupun harus menjalankan multitasking. Urusan grafis, Samsung menyerahkan kepada GPU Mali-400. Namun jika dilihat kapasitas RAM yang tergolong kecil, kinerja GPU dalam mengolah grafis pastinya idak maksimal. Jadi jangan heran jika HD gaming pada Samsung Galaxy J1 tidak terlalu berjalan dengan mulus.

spesifikasi samsung galaxy j1

Memori Extra Luas

Saat ini, kebutuhan kita akan kapasitas penyimpanan memang semakin tinggi. Gadget yang kita gunakan pun dituntut untuk memiliki kapasitas penyimpanan yang mumpuni. Walaupun spesifikasi Samsung Galaxy J1 masuk dalam kelas low end, namun tidak lantas mengabaikan kebutuhan konsumen akan kapasitas storage yang tinggi. Samsung Galaxy J1 ini bahkan dibekali kapasitas memori yang extra luas. Memori bawaannya (internal) berkapasitas 4 GB. Bila anda merasa kapasitas tersebut belum cukup mampu menampung file-file penting, maka kawan Begawei bisa memanfaatkan card slot untuk menambah kapasitasnya. Dengan bantuan card slot pada spesifikasi Galaxy J1 tentunya memori akan bisa diperbesar maksimal hingga 128 GB.

Kamera Utama 5 MP

Yuk…saatnya kita mengecek kualitas lini fotografi pada spesifikasi Samsung Galaxy J1 ini. Sektor yang satu ini, sekarang memang menjadi hal yang penting. Karena saat ini foto tidak hanya sebatas rekaman kejadian dalam gambar sebagai kenang-kenangan. Foto sudah menjadi barang multifungsi, bahkan untuk menunjang bisnis. Untuk anda, Samsung membekali Samsung Galaxy J1 dengan dua buah kamera. Di sisi belakang Samsung Galaxy J1 terdapat kamera 5 MP. Dengan hasil jepretan beresolusi 2592 х 1944 pixels yang juga didukung oleh pencahayaan yang baik melalui LED flash, kawan Begawei pasti akan lebih pede mengabadikan moment unik melalui foto. Selain handal dalam menghasilkan foto, kamera pada spesifikasi Samsung Galaxy J1 tersebut juga cukup handal untuk menghasilkan video dengan resolusi 720p pada 30fps. Sementara itu, pada bagian depan ponsel, kawan Begawei bisa memanfaatkan kamera 2 MP untuk foto selfie. Menarik kan?

spesifikasi galaxy j1

Belum Bisa Menjangkau Koneksi 4G

Samsung memang sudah banyak meluncurkan produk-produk yang bisa menjangkau 4G LTE, sebagai koneksi terkini dengan kecepatan super. Sebut saja Galaxy Alpha, Galaxy A3, Galaxy A5, dan masih banyak lagi. 4G memang sedang jadi anak emas sekarang ini. Namun spesifikasi Samsung Galaxy J1 ini memang belum mampu menjangkau koneksi 4G. Tapi jangan khawatir, kawan Begawei! Anda akan bisa memanfaatkan koneksi 3G yang kecepatannya juga tinggi. Dengan kecepatan HSPA, Samsung Galaxy J1 mampu melakukan download dengan kecepatan  21.1 Mbps. Sementara upload bisa berjalan hingga 5.76 Mbps. Berpetualang bersama Samsung Galaxy J1 di zona asyik WiFi juga bakal menjadi hal yang keren. Handset ini memang memiliki jenis koneksi WiFi yang beragam, seperti Wi-Fi Direct dan hotspot. Bergeser ke jalur navigasi, anda bisa memanfaatkan GPS yang ada pada phablet ini dengan bantuan A-GPS dan GLONASS. Sistem navigasi tersebut menyediakan signal pendamping atau pembantu dari signal GPS biasa. Jadi, anda yang memang aktif memakai GPS untuk membantu mencari arah, akan mendapatkan petunjuk arah secara lebih akurat. Manfaatkan fasilitas ini ketika anda sampai pada daerah-daerah yang belum anda ketahui secara detail. Samsung Galaxy J1 juga menyediakan konektivitas yang cukup lengkap, untuk mengkoneksikan perangkat dengan perangkat lain. Misalnya saja untuk keperluan transfer data. Kawan Begawei bisa memanfaatkan Bluetooth versi 4.0, yang bisa mentransfer data dengan kecepatan tinggi. MicroUSB yang ada pada spesifikasi Galaxy J1 juga akan membantu anda mengkoneksikan smartphone Samsung ini dengan charger dan  perangkat lainnya.

Baterai 1850 mAh

Sampai disini, apa pendapat anda tentang spesifikasi Samsung Galaxy J1 ini? Dengan detail spesifikasi diatas, smartphone ini juga dilengkapi dengan dengan baterai Li-Ion sebagai pemasok daya. Kapasitas yang dimiliki baterai tersebut adalah 1850 mAh. Untuk spesifikasi Samsung Galaxy J1 diatas, kapasitas tersebut tergolong mampu untuk mendayai kerja smartphone. Namun yang perlu diingat, layar TFT pada handset ini memakan cukup banyak daya dalam operasionalnya. Jadi, alangkah bijaknya jika kawan Beagwei membawa juga daya cadangan melalui power bank, untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu kapasitas baterai Samsung Galaxy J1 menipis. Anda juga dapat membeli dua buah baterai secara sekaligus sebagai pengganti baterai yang satunya ketika sudah habis.

Samsung Galaxy J1

Jaringan
Technology GSM / HSPA
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 (optional)
3G bands HSDPA 900 / 2100
Kecepatan HSPA 21.1/5.76 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2015, January
Status Coming soon. Exp. release 2015, Q1
Bodi
Dimensi 129 x 68.2 x 8.9 mm (5.08 x 2.69 x 0.35 in)
Berat 122 g (4.30 oz)
SIM Optional Dual SIM (Micro-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe TFT capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 4.3 inches (~59.8% screen-to-body ratio)
Resolusi 480 x 800 pixels (~217 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
Sistem Operasi Android OS, v4.4.x (KitKat)
Chipset Spreadtrum
CPU Dual-core 1.2 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 4 GB, 512 MB RAM
Kamera
Kamera Belakang 5 MP, 2592 х 1944 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Geo-tagging, touch focus, face detection
Video [email protected]
Kamera Depan 2 MP
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
Radio FM radio
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer, proximity
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML
Java Yes, via Java MIDP emulator
Baterai
Li-Ion 1850 mAh battery

Harga Samsung Galaxy J1

Nah waktunya Begawei memberikan kesimpulan serta harga Samsung Galaxy J1 terbaru. Kali ini Samsung meluncurkan smartphone di kelas low end. Spesifikasi yang diusung pun pasti menyesuaikan kelasnya. Jadi jangan heran jika Samsung Galaxy J1 hadir dengan spesifikasi yang tidak sepremium tipe-tipe lain yang ada di kelas high end. Membawa layar sentuh TFT berukuran 4.3 inci, handset tersebut memang menawarkan reproduksi gambar yang lebih baik daripada layar LCD biasa. Namun, kualitas visual akan menjadi menurun jika dilihat dari sudut miring. Tenaga yang dihasilkan oleh dapur pacunya pun tidak begitu besar untuk menyesuaikan harga Samsung Galaxy J1 yang terjangkau. Mengandalkan prosessor dual-core 1.2 GHz Cortex-A7 dan RAM dengan kapasitas tergolong ciut, yakni 512 MB, dapur pacu pada Samsung Galaxy J1 memang tidak terlalu maksimal. Jika dapur pacunya memang berjalan belum maksimal, lain halnya dengan kapasitas penyimpanan yang tersedia. Handset ini menawarkan memori internal 4 GB, yang bisa dimaksimalkan hingga 128 GB menggunakan card slot. Bergeser ke sektor fotografi, tersedia kamera 5 MP sebagai kamera utama, dan 2 MP untuk kamera tambahan, rasanya cukup unggul jika melihat harga Galaxy J1 yang ditawarkan. Untuk lini konektivitas, ponsel pintar Samsung ini mengandalkan koneksi 3G yang bisa berlari cukup kencang. Baterai berkapasitas 1850 mAh juga hadir sebagi sumber daya pada smartphone besutan Samsung ini. Jika sedari tadi kawan Begawei penasaran dengan harganya, karena memang spesifikasi seperti inilah yang anda bidik, yuk coba kita cek harganya. Berapa yah harga Samsung Galaxy J1 terbaru yang harus kita tebus untuk dapat membawa pulang smartphone ini ke rumah?

harga samsung galaxy j1

Jika melihat spesifikasi yang ditawarkan maka bisa diperkirakan jika bandrol harga Samsung Galaxy J1 terbaru yang dilepas tidak terlampau tinggi. Pihak Samsung memang belum mengumumkan harga Galaxy J1 secara resmi ke pasaran gadget. Namun dari berbagai informasi yang Begawei dapatkan, handset ini akan dijial dengan harga 8000 Rupee. Angka tersebut setara dengan nominal Rp 1,4 jutaan. Wah cukup mahal ya untuk sebuah ponsel low entry? Jika Begawei melakukan perbandingan anatara jeroan lini yang ditawarkan dengan harga Samsung Galaxy J1 yang dibandrol ini dirasa tidak sesuai dan terlampau mahal. Apalagi pada dapur pacunya hanya tersedia kapasitas RAM 512 MB yang kurang nyaman dalam aktivitas multitasking karena kemampuannya yang terbatas. Pada jeroan lini lainnya, Samsung Galaxy J1 juga bisa dibilang kurang menarik walaupun untuk kelas low entry. Menurut Begawei produk terbaru Samsung ini kurang bisa memenuhi ekspektasi konsumen yang mengharapkan perangkat dengan bandrol murah tetapi didalamnya tetap dibenamkan perangkat-perangkat yang terbaik. Nah bagaimana pendapat kawan-kawan mengenai Samsung Galaxy J1 ini, apakah sama dengan pendapat Begawei jika harga Samsung Galaxy J1 terlalu mahal?

harga galaxy j1

Tetapi perlu Begawei mengingatkan kepada kawan-kawan semua jika harga Samsung Galaxy J1 terbaru tersebut bukanlah harga resmi dari Samsung karena vendor tersebut belum mengeluarkan dan mendistribusikan produknya secara massal. Informasi tersebut Begawei dapatkan setelah menelusuri berbagai sumber-sumber yang dapat dipercaya dan membandingkan spesifikasi yang ada didalamnya secara seksama. Jadi apabila terjadi pergeseran harga Samsung Galaxy J1 pun Begawei rasa tidak akan terlalu jauh dari yang Begawei utarakan diatas. Namun akan lebih baik jika kawan-kawan ingin memastikan harga Samsung Galaxy J1 secara resmi dengan menunggu selama beberapa saat terlebih dahulu sampai akhirnya diumumkan oleh pihak Samsung. Anda dapat selalu mengecek perkembangannya melalui distributor-distributor resmi Samsung yang banyak terdapat di wilayah anda tinggal.

Harga Samsung Galaxy J1 Terbaru
Rp 1.483.800,-

Samsung membandrol dengan terjangkau harga Samsung Galaxy J1 dengan tujuan untuk menjaring berbagai konsumen yang ada pada segmentasi kelas menengah yang membutuhkan ponsel dengan performa standar saja. Sayangnya ada kesalahan yang cukup mencederai prospek dari Samsung Galaxy J1 yaitu pada sektor harga jual yang Begawei rasa masih kurang pas. Harga Galaxy J1 yang dibandrol mencapai Rp 1,6 jutaan ini dirasa terlalu mahal jika kita hanya mendapatkan spesifikasi yang kurang gahar. Apalagi anda dapat memilih Xiaomi Redmi 1S yang harganya lebih murah tetapi menawarkan jeroan pacu yang lebih baik. Kita tinggal menunggu saja harga Samsung Galaxy J1 secara resmi yang dikeluarkan Samsung apakah lebih mahal atau lebih murah, jika harga yang dilepas lebih mahal maka Begawei rasa tingkat penjualan produk ini tidak akan mencapai target yang diharapkan. Itulah kesimpulan Begawei dalam pembahasan harga Samsung Galaxy J1 terbaru yang sekaligus mengakhiri perjumpaan dengan Begawei pada sesi perjumpaan kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Samsung Z1 dan Xiaomi Redmi 1S.

Top