Spesifikasi dan Harga Huawei Ascend Y221

Spesifikasi dan Harga  Huawei Ascend Y221 – Apa kabar kawan Begawei? Sudah siap menyimak review Begawei hari ini? Ya! awal tahun ini, traffic di dunia gadget masih padat. Malahan, para vendor seperti tidak pernah kekeringan ide, untuk menyajikan hal-hal baru yang bisa memikat minat konsumen. Bahkan tidak jarang sebuah vendor meluncurkan produk-produk barunya secara beruntun. Pertanyaan yang muncul setelah itu adalah : apa mereka tidak takut produknya jadi tidak laku? Anda sendiri tau kan, kalo persaingan di pasaran gadget sangat ketat. Semakin banyak tipe yang dilempar ke pasaran, tentu semakin kecil peluang sebuah produk untuk dibeli, karena konsumen pastinya punya terlalu banyak pilihan. Seperti sedang bersaing dengan banyak kandidat lain untuk mendapatkan cinta seseorang, sebenarnya kuncinya hanya satu : PD alias percaya diri. Begitu juga dengan pabrikan asal China yang satu ini. Tak mau kalah dengan vendor lain, Huawei tetep PD meluncurkan berbagai macam produk. Salah satunya adalah keluarga Huawei Ascend. Melengkapi family tersebut, Huawei menghadirkan tipe Huawei Ascend Y221 terbaru. Anda yang tidak begitu menyukai smartphone dengan layar terlalu besar, tipe ini bisa menjadi jawaban. Selain itu, Huawei Ascend Y221 juga menyediakan kapasitas penyimpanan hingga 32 GB. Kawan Begawei yang tadinya masih trouble dengan kapasitas penyimpanan yang ciut, kali ini pastinya tidak perlu khawatir. Well, anyway…kelebihan apa lagi yang bisa kita dapatkan dari tipe ini? Ikuti terus halaman ini untuk mengetahui detail spesifikasi serta harga Huawei Ascend Y221 terbaru.

huawei ascend y221

Jika koleganya, yakini Huawei Ascend GX1 ditempatkan sebagai smartphone kelas menengah dengan harga sekitar IDR 3 jutaan, maka berbeda dengan Huawei Ascend Y221. Tipe yang sedang kita bahas ini akan menyentuh entry level. Dari situ, kawan Begawei pasti sudah bisa menebak-nebak bahwa spesifikasi yang diusung smartphone Huawei pastinya juga akan setara dengan harga lumayan terjangkau. Tapi yang jelas, Huawei Ascend Y221 ini akan cukup handal untuk anda pergunakan di zona WiFi. Nah, selanjutnya kelebihan apa yang akan kita temukan? Atau Huawei Ascend Y221 ini hanya akan menawarkan spesifikasi yang ternyata biasa-biasa saja? Detail berikut ini akan memberikan jawabannya untuk anda.

hp huawei ascend y221

Spesifikasi Huawei Ascend Y221

Desain dan Teknologi Layar yang Standar

Saat ini bisa dibilang pasaran gadget dipenuhi dengan tipe-tipe yang memboyong layar ukuran besar. Untuk anda yang memang menyukai layar besar, its oke lah. Namun untuk kawan Begawei yang tidak terlalu suka, kehadiran layar yang tidak terlalu besar memang jadi hal yang lumayan dirindukan. Huawei Ascend Y221 memberikannya untuk anda. Mengusung dimensi 116.5 mm x 60.6 mm x 12.3 mm, spesifikasi Huawei Ascend Y221 ini memboyong layar berukuran 3.5 inci. Layar tersebut menghasilkan resolusi 320 x 480 pixels. Termasuk resolusi yang tidak terlalu besar sih. Namun cukup menghasilkan visual yang standar saat dipergunakan. Sementara itu, layar tersebut menggunakan teknologi TFT. Jika dibandingkan dengan layar LCD biasa, layar TFT pada Huawei Ascend Y221 ini merupakan  sebuah teknologi layar LCD yang berwarna, sehingga ketajaman warna yang dihasilkan menjadi lebih baik. Namun, yang satu ini memang bisa dibilang cukup tertinggal. Karena saat ini sudah sangat banyak tipe smartphone yang  menggunakan teknologi yang lebih baik daripada TFT, misalnya saja IPS atau AMOLED. Bahkan TFT memang sangat dikenal sebagai layar yang boros baterai. Ragam warna yang diusung pun hanya mencapai 256K. Hasilnya? Standar, bahkan cenderung sangat terbatas. Untuk layar Huawei Ascend Y221 dengan spesifikasi standar ini, Huawei juga belum menyertakan perlindungan anti gores. Maka bersiaplah untuk menyediakan budget demi screen guard, agar layar Ascend Y221 tetap terjaga dari goresan. Sementara itu, deteksi multi jari dengan multitouch sudah bisa anda temukan disini. Sampai disini, apa pendapat anda tentang Huawei Ascend Y221 ini? Menurut Begawei, spesifikasi desain dan teknologi layar yang diusung tidak begitu istimewa alias standar-standar saja. Namun sepertinya hal tersebut menjadi wajar, mengingat tipe ini ada pada entry level. Namun bagaimana dengan spesifikasi Huawei Ascend Y221 pada bagian organ dalamnya? Yuk kita selidiki di bagian berikutnya.

RAM 512 MB Membuat Dapur Pacunya Keog

Menyelidiki bagian dapur pacu dari spesifikasi Huawei Ascend Y221, rasanya belum akan bergeser dari kata level standar alias tidak ada yang istimewa. Bahkan bisa dibilang kinerja mesinnya cenderung akan lemot. Kawan Begawei yang ngeh dengan mesin-mesin pada smartphone, pastinya akan bisa menilai dari komponen-komponen yang memacu kinerja mesin pada Huawei Ascend Y221 ini. Tipe ini ditenagai dengan CPU dua inti Dual-core Cortex-A7 yang hanya mampu menghasilkan tenaga sebesar 1 GHz. Sementara itu, chipset Mediatek MT6572M mencoba membantu kinerja prosessor tersebut. Namun bisa dikatakan bahwa hal tersebut belum begitu membantu untuk menghasilkan tenaga yang optimal. Hal tersebut dikarenakan, chipset buatan pabrikan Mediatek memang lebih cepat mengalami kenaikan suhu. Kerja mesinnya pasti menjadi tidak begitu optimal. Sementara itu, kapasitas RAM yang hanya mencapai 512 MB memang bisa dibilang cukup kecil. Jadi kawan Begawei tidak perlu kaget ketika nanti Huawei Ascend Y221 akan berjalan lumayan lamban, apalagi ketika sektor memorinya terisi banyak aplikasi. Namun jangan menyerah dulu kawan Begawei. Sistem operasi yang dimasukkan pada tipe ini cukup punya banyak keunggulan. Huawei Ascend Y221 didukung oleh OS Android KitKat. Dengan sistem operasi ala Google ini, setidaknya cukup ada upaya untuk membenahi dan meningkatkan kinerja disana-sini. Sementara itu untuk anda yang hobi bermain-main dengan grafis, game misalnya, bisa mengandalkan kartu grafis (GPU) Mali-400 yang disematkan dalam spesifikasi Huawei Ascend Y221 ini. Keberadaan kartu grafis memang cukup membantu sektor grafis pada tipe ini. Besarnya RAM dan komponen lain pada dapur pacu yang kurang bertenaga pastinya akan membuat kerja grafisnya kurang mumpuni.

spesifikasi huawei ascend y221

Memori Hingga 32 GB

Pada sektor memori, anda akan cukup menemukan nilai plus dari spesifikasi Huawei Ascend Y221 ini. Pada handset tipe ini, kawan Begawei akan menemukan memori ganda. Untuk penyimpanan internal, anda bisa mengandalkan kapasitas memori sebesar 4 GB. Lumayan lah kapasitas Huawei Ascend Y221 ini untuk sekedar menampung berbagai macam file. Ketika anda merasa kapasitas tersebut kurang memadahi, anda bisa memanfaatkan memori eksternal. Kapasitas memori eksternal dari spesifikasi Huawei Ascend Y221 ini bisa diperluas hingga 32 GB. Untuk smartphone kelas bawah, kapasitas tersebut cukup baik lah.

Hanya Mengandalkan Single Camera

Jika anda mementingkan sektor kamera dalam memilih handset, spesifikasi Huawei Ascend Y221 pada sektor kamera mungkin cukup mengecewakan. Jika berbagai macam tipe smartphone sudah mengandalkan kamera ganda, bahkan ada yang memiliki dua kamera belakang dan satu kamera depan, tidak dengan Huawei Ascend Y221 ini. Huawei hanya menyematkan satu kamera disini. Harga Huawei Ascend Y221 yang murah, mau tidak mau adalah salah satu yang mempengearuhi keberadaan single camera. Spesifikasi yang diusung oleh single camera pada Huawei Ascend Y221 pun sangat biasa. Hanya mengandalkan kamera 2 MP di bagian belakang. Hasil jepretannya bisa mencapai 1600 x 1200 pixels. Kamera tersebut juga bisa digunakan untuk merekam video. Namun Begawei sendiri belum mendapatkan info seberapa mumpuni kamera tersebut untuk menghasilkan video. Tapi kalau ditebak-tebak, rasanya hasil rekaman videonya juga bukan hasil yang istimewa. Bagaimana sampai disini pendapat anda mengenai spesifikasi Huawei Ascend Y221 ini?

spesifikasi hp huawei ascend y221

Mengandalkan Koneksi Koneksi 3G di Jalur GSM

Anda yang sedang membidik smartphone kelas bawah yang dapat mengaktifkan 2 SIM card sekaligus, Huawei Ascend Y221 bisa menjadi salah satu pilihan. Berjalan di jalur GSM, spesifikasi Huawei Ascend Y221 ini mampu menjangkau koneksi 3G dengan kecepatan HSPA. Perangkat ini juga sudah bisa anda pergunakan di zona Wifi dan Hotspot. Namun soal navigasi, Huawei belum menyematkan teknologi GPS pada Huawei Ascend Y221. Ya….smartphone ini memang bisa dibilang “tidak neko-neko” alias biasa saja. Namun untuk urusan transfer data, anda sudah bisa menggunakan Bluetooth yang disematkan pada spesifikasi Huawei Ascend Y221 ini. Hanya saja versinya masih 3.0. Jadi transfer data belum bisa berlangsung dengan kecepatan tinggi seperti pada bluetooth v4.0. Sementara itu untuk yrusan koneksi dengan perangkat lain, manfaatkan microUSB v2.0.

Baterai Tahan Hingga 225 Jam

Saatnya kita mengenal spesifikasi Huawei Ascend Y221 pada sektor baterainya. Untuk urusan daya, Huawei memodali Huawei Ascend Y221 dengan baterai berjenis Li-Ion yang mempunyai kapasitas 1350 mAh. Untuk menunjang operasional layar yang hanya 3.5 inci, kapasitas itu termasuk mumpuni. Dalam keadaan stand by kapasitas Huawei Ascend Y221 tersebut akan bisa bertahan hingga 225 jam atau kurang lebih 9 hari. Sementara dalam kondisi talk time, kapasitas itu cukup untuk bertahan selama 4 jam. Anda yang memang aktif menggunakan gadget untuk berbagai macam kegiatan, akan lebih baik menggunakan daya cadangan melalui power bank agar lebih fleksibel. Spesifikasi Huawei Ascend Y221 di sektor baterai yang menopang ini, menjadi akhir pembahasan spesifikasi tipe ini. Kira-kira dengan spesifikasi yang standar ini akan dihargai berapa ya handset ini oleh Huawei?

Huawei Ascend Y221

Jaringan
Technology GSM / HSPA
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 (single or dual SIM)
3G bands HSDPA 900 / 2100 (single or dual SIM)
HSDPA 850 / 1900 (single or dual SIM)
HSDPA 850 / 2100 (dual SIM)
Kecepatan HSPA 21.1/5.76 Mbps
GPRS Yes
EDGE Yes
Pengumuman
Pengumuman 2014, December
Status Available. Released 2014, December
Bodi
Dimensi 116.5 x 60.6 x 12.3 mm (4.59 x 2.39 x 0.48 in)
Berat 130 g (4.59 oz)
SIM Optional Dual SIM (Mini-SIM, dual stand-by)
Layar
Tipe TFT capacitive touchscreen, 256K colors
Ukuran 320 x 480 pixels, 3.5 inches (~165 ppi pixel density)
Multitouch Yes
Dapur Pacu
OS Android OS, v4.4.x (KitKat)
Chipset Mediatek MT6572M
CPU Dual-core 1 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400
Memori
Card slot microSD, up to 32 GB
Internal 4 GB, 512 MB RAM
Kamera
Kamera Belakang 2 MP, 1600 x 1200 pixels
Fitur Yes
Video Yes
Kamera Depan No
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Bluetooth v3.0, A2DP
GPS No
Radio FM Radio
USB microUSB v2.0
Fitur
Sensor Accelerometer
Pesan SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Browser HTML
Java Yes, via Java MIDP emulator
Baterai
Li-Ion 1350 mAh battery

Harga Huawei Ascend Y221

Telah sampailah kita di segmen yang cukup ditunggu-tunggu, yaitu harga Huawei Ascend Y221 terbaru. Melihat berbagai macam lini pada Huawei Ascend Y221, kelihatannya kita memang disuguhi smartphone yang biasa-biasa saja alias standar. Desain fisiknya mengandalkan layar TFT yang boros daya berukuran 3.5 inci. Ragam warna yang hanya mencapai 256K juga jelas hanya menawarkan visual yang terbatas. Di lini dapur pacu, Huawei Ascend Y221 ini keog dengan mesin yang belum bertenaga. Perpaduan prosessor Dual-core Cortex-A7, chipset Mediatek MT6572M, OS Android KitKat yang berpadu dengan RAM 512 MB saja membuat smartphone ini lumayan letoy alias tidak bertenaga namun tentunya juga akan mempengaruhi harga Huawei Ascend Y221 ini yang miring. Sementara itu memori 4 GB yang bisa diperluas hingga 32 GB mungkin menjadi salah satu nilai plus bagi Ascend Y221. Untuk urusan koneksi, anda bisa memanfaatkan koneksi 3G. Namun soal selfie, sayang sekali. Tipe ini hanya menyediakan satu kamera belakang 2 MP. Sementara untuk spesifikasi tersebut, baterai 1350 mAh cukup bisa diandalkan hingga 4 jam dalam kondisi talk time. Semakin penasaran, akan seberapa murah harga Huawei Ascend Y221 terbaru?

harga huawei ascend y221

Jika kita melakukan pengecekan terhadap keunggulan-keunggulan yang dibenamkan pada produk Huawei ini yang memiliki performa yang cukup baik maka harga Huawei Ascend Y221 terbaru akan berada pada bandrol harga kisaran kelas menengah ke bawah. Untuk smartphone minimalis ini, Begawei mendapatkan informasi bahwa harga Huawei Ascend Y221 akan berkisar pada  $77 USD atau sekitar Rp 850.000. Kisaran harga Huawei Ascend Y221 yang tidak terlampau mahal bukan? Apalagi anda mendapatkan spesifikasi yang cukup berimbang di semua lini. Tetapi anda akan mendapatkan kekurangan yang sangat terasa ketika menggunakan ponsel pintar Huawei ini pada sektor RAM nya yang terbatas. Tentu kapasitas rendah tersebut akan membatasi anda dalam bermain aplikasi-aplikasi yang anda butuhkan karena memori RAM nya tidak akan sanggup untuk menghandlenya. Paling Huawei Ascend Y221 ini cukup memadai apabila anda menggunakan aplikasi-aplikasi yang tidak terlampau berat. Nah setelah kawan-kawan mengetahui harga Huawei Ascend Y221 resminya berminatkah untuk membeli smartphone Huawei ini?

harga huawei ascend y221 terbaru

Tetapi perlu anda ketahui apabila kisaran harga Huawei Ascend Y221 yang Begawei sampaikan adalah prakiraan saja karena harga resmi ponsel pintar ini belum diumumkan oleh Huawei. Namun kawan-kawan jangan khawatir karena Begawei memastikan apabila terjadi pergeseran harga maka tidak akan terlampau jauh dari prediksi Begawei. Perbedaan harga Huawei Ascend Y221 dari perkiraan yang Begawei berikan tadi sangat mungkin terjadi. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor. Salah satunya adalah ongkos kirim. Kawan Begawei yang memang berminat, pastinya bisa mendapatkan harga pastinya di outlet-outlet resmi Huawei. Atau jika anda ingin mengetahuinya secara mudah anda dapat mengecek pada toko-toko online yang menyediakan Huawei Ascend Y221 dengan harga terbaik. Trend smartphone murah dibawah 1 jutaan yang gongnya dimulai oleh Xiaomi tampaknya sudah mendapatkan kompetitor yang sanggup bermain dalam segmentasi konsumen yang setara. Keunikan dari vendor Huawei ini adalah mereka benar-benar mendesain Huawei Ascend Y221 dengan harga yang sangat murah untuk sebuah ponsel yang memiliki spesifikasi yang cukup baik pada kelas low entry. Target konsumen dari Huawei adalah penggemar gadget yang memiliki budget yang sangat terbatas. Tetapi Begawei menyerahkan keputusan kepada anda semua untuk menentukan pilihan yang terbaik mengenai smartphone mana yang akan anda pilih. Jika anda hanya memiliki budget yang terbatas serta tidak membutuhkan untuk menginstal aplikasi yang bermacam-macam maka Huawei Ascend Y221 adalah pilihan yang tepat. Itulah informasi mengenai harga Huawei Ascend Y221 terbaru yang sekaligus mengakhiri perjumpaan dengan Begawei pada kesempatan kali ini. Sampai jumpa. Baca juga Huawei Ascend Y520 dan Asus Zenfone Zoom.

Top