“Spartan”, Browser Baru Microsoft. Bagaimana Nasib Internet Explorer?

Nasib Internet Explorer Setelah Ada Spartan – Pertengahan 2015 nanti, Windows 10 akan resmi dirilis. Sistem operasi anyar ala Microsoft ini sebelumnya telah diperkenalkan awal Oktober 2014. Nah, untuk sistem operasi ini ternyata Microsoft mempersiapkan sebuah browser baru lho. Lalu bagaimana nasib Internet Explorer? Akankan Microsoft “membuang” Internet Explorer begitu saja?

nasib internet explorer setelah ada spartan

Kabar yang beredar menyebutkan, adalah Spartan nama browser yang dipersiapkan untuk menjadi patner kerja Windows 10. Jika hal itu benar, ini artinya browser Internet Explorer yang tadinya berperan sebagai browser default di sistem operasi Windows, tidak akan bisa anda gunakan lagi di Windows versi terbaru. Kira-kira akan seperti apa ya performa Spartan? Menurut seorang sumber yang memeberikan keterangan pada jurnalis ZDNet, Marie Jo Foley, browser Spartan bukanlah generasi penerus dari Internet Explorer 11. So, browser ini akan menjadi sebuah hal yang benar-benar baru. Performanya pun akan berjalan sangat ringan layaknya browser-browser lain. Sebut saja Chrome besutan Google, ataupun Firefox dari Mozilla. Kawan Begawei yang memang sudah penasaran,  preview browser Spartan akan didemonstrasikan oleh Microsoft Januari ini. Jadi anda bisa menyaksikannya disitu. Kabarnya browser ini diprediksi masih akan mengadopsi JavaScript Chakra Sementara itu  mesin  rendering yang akan digunakan masih sama dengan yang diterapkan pada Internet Explorer, yaitu Trident.

Kabar yang sama menyebutkan bahwa browser Spartan akan muncul dalam dua versi, yakni versi desktop PC dan mobile. Bahkan kemungkinan besar browser ini dapat digunakan di sistem operasi lainnya, seperti Android dan iOS, karena akan muncul sebagai browser yang bersifat terbuka. Windows 10 pun akan mengusung konsep platform universal yang memiliki aplikasi universal dan satu toko aplikasi untuk beragam jenis perangkat. Nantinya tidak akan ada lagi pemisahan antara Windows di PC dan tablet dengan Windows Phone untuk smartphone, seperti yang ada sekarang ini. Keduanya akan sama-sama berjalan di platform Windows 10. Menarik bukan?

Lalu akan dikemanakan Internet Explorer? Itu pasti menjadi pertanyaan banyak sekali orang. Soal itu, hingga saat ini Microsoft belum melakukan konfirmasi secara resmi. Kita tunggu saja kabar resminya. Bersabar saja ya…! Baca juga Android Lollipop Masih Belum Stabil dan Motorola Siapkan Moto G Versi 4G.

Top