Samsung Z1, Smartphone Tizen Murah Meriah

Samsung Z1, Smartphone Tizen 1 Jutaan – Samsung masih sangat produktif. Vendor yang berkampung halaman di Korea Selatan ini seolah-olah tak kehabisan ide untuk menghadirkan produk-produk gadget terbaru. Produk-produknya pun hadir di berbagai tingkatan kelas. Bahkan untuk lebih memanfaatkan performanya di dunia teknologi, perusahaan raksasa ini pun membesut sistem operasi miliknya sendiri bernama Tizen.

Samsung Z1 Dengan Tizen

OS tersebut pastinya punya berbagai macam kelebihan. Sebut saja mampu menjalankan semua aplikasi berbasis Android yang berbasis HTML5 dengan baik. Selain itu, Tizen juga dapat diaplikasikan pada berbagai perangkat lain seperti TV, Kamera, atau PC. Dan pastinya sistem operasi ini mendapat dukungan penuh dari Samsung.

Setelah penantian yang cukup lama, akhirnya Samsung merilis smartphone pertamanya yang diperkuat dengan Tizen. Adalah Samsung Z1, nama yang disematkan untuk smartphone berbasis Tizen ini. India dipilih sebagi negara pertama yang memasarkan handset ini.  Sementara itu, Samsung menempatkan Z1 pada kelas low end. Kawan Begawei yang ingin mencoba ketangguhan Tizen, bisa menebus Z1 dengan harga murah meriah, Rs 5.700 atau sekitar Rp 1,1 jutaan. Yuk kita intip sedikit spesifikasinya!

Samsung Z1 ini dibekali prosesor dual core 1,2 GHz yang berpadu dengan RAM seluas 768 MB untuk megoperasikan layar seluas 4 inch dengan resolusi 800 x 480 pixels. Sementara soal storage, tersedia ruang penyimpanan berkapasitas 4 GB. Kapasitas tersebut dapat dimaksimalkan dengan slot microSD hingga 64 GB. Di lini kamera, terdapat single camera 3,1 MP. Sementar baterainya berkapasitas 1.500 mAh. Walau menggunakan Tizen, tapi Samsung tetap menggunakan user interface yang sama, yakni Touchwiz. Jadi jangan heran jika tampilannya mirip dengan ponsel Android miliknyaDesain bodinya pun tak begitu jauh dari tampilan Samsung Galaxy.

Dilihat dari spesifikasinya memang tidak istimewa. Tapi, kehadiran Tizen untuk pertama kalinya, membuat orang cukup penasaran. Siapa tau, OS besutan Samsung ini cukup gahar untuk melawan performa Android yang sudah terbukti ampuh. Rupanya, Tizen pun memang digadang-gadang untuk dapat mengurangi ketergantungan Samsung pada OS Android. Apa Tizen akan mampu? Kita tunggu saja kehadirannya Z1 di Indonesia, sehingga kita bisa membuktikan seberapa tangguh OS Tizen. Baca juga Aplikasi Manipulasi Foto Terbaik dan Oppo N3 dengan Kamera Putar.

Top