Peningkatan Domain Internet Menjadi 280 Juta pada 2014

Domain internet meningkat 280 juta di 2014 – Verisign Inc, pemain kawakan dalam bidang keamanan internet dan nama domain menyebutkan jika pertumbuhan internet akan dapat memacu pertumbuhan mencapai angka yang spektakuler. Hingga Juni 2014 saja telah diketahui jika ada 280 juta nama domain yang didaftarkan. Angka yang luar biasa tersebut sudah termasuk dengan empat juta nama domain terbaru yang baru saja di daftarkan pada kuartal kedua tahun 2014 yang telah terdaftar di seluruh dunia secara global.

jumlah domain 280 jutaPertumbuhan ini dimulai dari Top Level Domain (TLD) seperti .com serta .net mengalami peningkatan jumlah yang luar biasa pada kuartal kedua tahun 2014. Gabungan antara dua TLD tersebut telah menghasilkan sekitar 128,9 juta nama domain yang didaftarkan melalui berbagai zona. Jika ditotal secara keseluruhan telah terjadi peningkatan pertumbuhan per tahun yang mencapai 3,7 persen pada tanggal 30 Juni 2014.

Khusus untuk domain yang berakhiran .com sudah mencapai 113,7 juta nama yang mengudara serta yang berakhiran.net sendiri sudah meraih capaian angka 15,2 juta nama. Sedangkan untuk domain yang baru-baru saja didaftarkan mencapai angka 8,5 juta hanya dalam putaran kuartal kedua tahun 2014. Sedangkan pada 2013 saja pendaftaran nama domain (dot) com serta (dot) net yang baru mencapai jumlah 8,7 juta saja dalam setahun.

Verisign telah membuat data mengenai keseluruhan domain yang ada di dunia dengan cara mencatat beban kueri sistem nama domain (DNS) harian yang dalam putaran kuartal kedua tahun 2014 saja telah mencapai 95 miliar TLD. Perusahaan ini juga mengetahui fakta menarik jika angka yang dioperasikan tersebut mencapai 201,4 miliar!

Hasil temuan tersebut tentu sangat mengejutkan dimana perkembangan domain pada tahun 2013 bisa dibilang tidak ada apa-apanya dengan yang terjadi di 2014. Kenapa bisa ledakan pendaftaran nama domain seperti itu ya?

Menurut Verisign sendiri alasan peningkatan tersebut sudah sangat jelas. Sekarang manusia lebih suka berkomunikasi dan mengakses melalui informasi-informasi yang terdapat pada jaring-jaring dunia maya. Perpindahan metode manusia dalam mendapatkan informasi yang dulu sangat bergantung pada buku dan ensiklopedia tersebut benar-benar merubah cara hidup dan kerja manusa saat ini. Oleh karena itu berbagai penulis buku serta para akademisi segera banting setir dalam membagikan informasi-informasi dengan mengunggahnya ke situs web pribadi mereka. Baca juga Samsung Akuisisi BlackBerry dan Spesifikasi Phablet Baru HTC Bocor.

Top