Manfaatkan Layanan Cloud Gratis untuk Menghemat Memori, Yuk…!!!

Layanan Cloud Computing Gratis – Check…!!! Check…!!! Mari kita cek berbagai macam file yang harus kita simpan pada gadget kita. Jaman yang semakin berkembang, memang membuat kita “mendadak” kaya data. Kawan begawei yang memang akrab dengan perangkat-perangkat modern, pasti cukup ngeh. Contoh gampangnya saja smartphone yang selalu menemani aktifitas kita seharian. Ponsel pintar memang memudahkan kita melakukan banyak hal, karena kita hanya membutuhkan koneksi internet saja untuk mendapatkan aplikasi-aplikasi yang akan membantu kehidupan kita. Tapi coba lihat ukuran data yang dihasilkan oleh aplikasi-aplikasi tersebut! Besar kan? Jadi tidak heran jika kapasitas penyimpanan pada handset kita mendadak terasa ciut karena terus disesaki data-data ukuran besar.

cloud computing untuk menghemat memori

Kalau sudah begitu, jangan salahkan juga jika gadget kita mendadak menjadi lemot. Kenapa sih tidak kita manfaatkan saja layanan cloud computing sebagai media penyimpanan?

Cloud computing memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server, berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri. Jadi, kawan Begawei perlu repot repot lagi menyediakan infrastruktur seperti data center, media penyimpanan/storage dan lain-lain karena semua telah tersedia secara virtual. Nah, berikut ini beberapa sistem cloud computing atau komputasi awan yang bisa anda manfaatkan secara gratis.

iCloud Drive

Layanan yang satu ini disediakan bagi para pengguna perangkat mobile besutan Apple. Sebut saja iPad, iPhone dan iPod. Layanan ini disediakan secara gratis sebesar 5GB lho, kawan Begawei…!! So, anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan berbagai data dari kontak, musik, video, foto maupun file lainnya. Nah, bila kapasitas 5GB yang diberikan sudah habis dan dirasa masih kurang, anda bisa menambahnya dengan sistem berbayar. Harga yang ditawarkan oleh Apple untuk kapasitas tambahan mulai ari USD 0,99 sampai USD 19,99 per bulan. Harga tersebut setara dengan harga sekitar Rp. 12.000 sampai Rp. 250.000.

Google Drive

Yang satu ini merupakan layanan cloud computing yang cukup populer. Adalah raksasa internet—Google yang menyediakan layanan ini. Kapasitas yang disediakan secara gratis untuk anda cukup luas, yakni 15GB ketika pertama kali membuka akun. Google bahkan memberikan  ruang tambahan sebesar 100GB secara gratis bagi pengguna perangkat berbasis Chrome OS yang mengunjungi laman khusus yang disediakannya.  Perusahaan itu juga memberikan penawaran kapasitas tambahan bagi pengguna perangkat Motorola, HTC dan Kensington.

Amazon Cloud Drive

Ada 5GB layanan cloud computing gratis yang disediakan oleh Amazon Cloud Drive bagi tiap penggunanya. Mungkin bisa dibilang tidak terlalu besar. Tapi tunggu dulu kawan Begawei!! Pengguna layanan premium bernama Amazon Prime akan mendapatkan kesempatan mengupload foto gratis tanpa batas. Sebenarnya, layanan kapasitas foto tanpa batas itu tidak sepenuhnya gratis  karena penggunanya telah membayar ketika mendaftar keanggotaan Amazon Prime. Kapasitas yang ada di layanan ini bisa dipakai menyimpan berbagai data dari kontak, musik, video, foto maupun file lainnya.

Selain ketiga layanan tersebut, pastinya masih tersedia berbagai macam layanan lainnya. So, mengapa harus memenuhi kapasitas memori, jika cloud computing menyediakan layanan gratis? Selamat mencoba ya…!! Baca juga Samsung rekrut eks kepala desain Apple dan Layar terbaru iPhone anti pecah.

Top