Lollipop Pending Masuk ke Motorola Moto

Upgrade Lollipop di Ponsel Motorola Moto Tertunda – Versi Robot Hijau alias Android terbaru, yakni Lollipop memang sedang terblow-up. Perbaikan sama-sini yang dibawa dibandingkan generasi sebelumnya, memang banyak menarik perhatian para vendor. Mereka pun berlomba-lomba untuk menyamatkan si manis ini ke produk-produk barunya. Begitu juga yang terjadi pada vendor asal Amerika Serikat—Motorola.

lollipop pending masuk ke motorola moto

Sejak tahun 2013, Motorola sudah gembar-gembor akan menyediakan pembaruan Android versi 5.0. Bahkan Oktober tahun lalu pun, janji itu semakin menjadi-jadi dengan semakin gencarnya produksi seri Moto. Contohnya saja pada promo Moto Maxx. Motorola mengklaim spesies itu bakal punya upgrade versi Android terbaru. Begitu juga dengan anggota keluarga Moto yang lainnya. Tapi buktinya? Ya! Sampai sekarang upgrade terbaru Android memang belum hadir di Motorola seri Moto. Apakah upgrade tersebut bakal sebatas omongan belaka?

Ternyata tidak, kawan Begawei. Melalui akun Google+-nya milik seorang software engineer Motorola bernama Luciano Carvalho, pembaruan Lollipop akan tetap hadir di lini ponsel Moto, meskipun tertunda. Ternyata banyaknya bug dalam Android Lollipop menjadi alasan penundaan tersebut.

“Pembaruan seperti ini membutuhkan waktu. Bukan rahasia lagi, (Android) 5.0 mempunyai banyak bug saat pertama diluncurkan. Bug itu jadi semakin banyak saat diaplikasikan ke produk kami,” ujar Carvalho, seperti yang dikutip oleh detikInet dari akun Google+ milik Carvalho.

Rasanya, alasan tersebut memang masuk akal ya? Kawan Begawei pasti juga masih ingat update berita yang Begawei angkat soal bug pada Android Lollipop. Belum lama ini, ditemukan bug atau celah baru pada pengaturan RAM. Pada saat dilakukan pengaturan, justru yang terjadi adalah aplikasi menutup secara mendadak. Bahkan terjadi reload pada home screen. Keberadaan celah baru ini juga  memakan memori yang sangat besar, yakni mencapai 1,2 GB. Padahal dalam kondisi normal update Lollipop cuma butuh 500 MB.

Mengantisipasi hal itu, Motorola pun memilih “menyelamatkan” seri Motorola Moto dari berbagai bug yang muncul. Atas celah yang ada, Carvalho pun setengah melimpahkan keterlambatan penanganan kepada si empunya Android, yaitu Google.

“Saat Google membuat sebuah rilis (OS) baru, mereka tak melakukan validasi terhadap segala kemungkinan bug. Dan tentu saja mereka tak akan membenarkan bug apapun yang muncul di perangkat non Nexus. Itu jadi tugas kami,” keluh Carvalho.

Walaupun keterangan dari Luciano Carvalho itu secara tidak langsung mewakili suara dari Motorola, namun memang disayangakan,  Carvalho belum bisa memberikan kepastian, kapan pembaruan Lollipop akan mampir pada Motorola seri Moto. Kita tunggu saja kabar selanjutnya. Baca juga Tas Canggih di Ajang CES 2015 dan Instagram di Tahun 2015.

Top