Jepang Berlakukan No Video Game Day

No Video Game Day – Pernahkah kawan Begawei mendapatkan sanksi dari orang tua, saat nilai anda di sekolah menurun? Dari pengalaman Begawei pribadi sih, ketika nilai di sekolah mulai menurun, orang tua akan memberi larangan untuk bermain di luar rumah. Mungkin hukuman sejenis juga yang anda dapatkan. Bicara soal penurunan prestasi belajar, ternyata para pelajar di Hokkaido, Jepang sedang mengalami hal tersebut. Alhasil, pemerintah setempat bakal memberlakukan larangan bermain game melalui  No Video Game Day . Wooow..!!!

no video game day di jepang

Kawan Begawei pasti tau, bahwa Jepang dikenal sebagai negara yang menghasilkan game-game populer. Sebut saja Final Fantasy dan game-game populer lainnya. Jika melihat hal itu, pemberlakuan No Video Game Day memang terasa janggal. Tapi, akan diberlakukannya “Hari tanpa Video Game” tersebut maksudnya baik, demi memperbaiki lagi prestasi belajar para pelajar di Hokkaido yang sedang anjlok.

Situs NHK melaporkan bahwa hasil studi para pelajar di Hokkaido mengalami penurunan. Hal ini disinyalir karena kebanyakan dari mereka menghabiskan waktu untuk bermain game. Karenanya, Dewan Pendidikan Wilayah Hokkaido berinisiatif untuk mengadakan No Video Game Day  yang diharapkan akan memberikan efek positif bagi para gamer yang ada di Hokkaido.

Pada hari itu, semua orang akan dilarang untuk bermain game dalam bentuk apapun. Pemberlakuan No Video Game Day pun tidak hanya dalam waktu sehari atau dua hari dalam setahun, tetapi satu atau dua hari dalam setiap bulan. Dewan Pendidikan Wilayah Hokkaido akan mulai memberlakukan kebijakan No Video Game Day pada hari Minggu pertama dan ketiga di bulan Februari 2015. Dengan tidak “menyentuh” game, mereka berharap semua orang bisa pergi menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Menanggapi akan diberlakukannya No Video Game Day, beberapa pengamat berpendapat bahwa hal ini akan membawa sejumlah manfaat sosial. Salah satunya, mendorong anak-anak untuk meluangkan waktu bersama teman-teman dan keluarga. Sikap tersebut nantinya akan menjadi antitesis dari perilaku antisosial yang terjadi akibat keranjingan video game. So, have a great quality time with your family, guys…!!!! Baca juga Microsoft Lumia terjual 10 juta unit dan Smartphone iPhone edisi Imlek 2015.

 

 

Top