Tahun Fiskal, Akan Terjadi Lonjakan Pengguna Internet Mobile Mencapai 242 Jiwa

Pengguna Internet Mobile 2015 – Wilayah Asia Pasifik diprediksi akan menjadi urutan pertama dalam urusan pertumbuhan internet dibandingkan kawasan lain dimana pun pada tahun depan. Hal ini bisa terjadi karena karakter masyarakat yang memiliki interaksi mobile yang mendalam seperti negara Thailand, Filipina dan tentu saja Indonesia.

pengguna mobile internet asia

Pandangan serta prediksi tersebut diungkapkan oleh Anand Tilak selaku Head Facebook di Indonesia yang sedang melakukan penelitian mengenai trend dan faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan dunia mobile di Asia Pasifik pada tahun 2015.

“Indikasi kenaikan tersebut yang sangat tinggi ini menunjukkan jika kawasan Asia Pasifik adalah kawasan yang luar bisa potensial dengan mempertimbangkan kenaikan pendapatan terbaru. Bahkan perkembangan yang dicapai jauh melampaui target mencapai 28 persen yang menjadi kelas menjadi total 242 juta pengguna,”ujar Anand menerangkan pendapatnya.

Anand juga menjelaskan dengan mengacu pada Daily Active People (DAP), telah ditemukan sebuah fakta menarik jika penduduk yang tinggal di kawasan Asia akan selalu mengecek akun Facebook minimal 1 kali dalam sehari. Lalu terjadi peningkatan sebesar 21 persen untuk total Monthly Active People (MAP) atau tipikal orang yang frekuensinya dalam mengakses Facebook jarang atau sekali dalam satu bulan ada sekitar 426 juta orang.

Selain diprediksi akan menjadi kawasan pengguna internet terbesar di masa yang akan datang ternyata Asia Pasifik juga merupakan kawasan mobile first dimana dari sekian banyak yang mengakses internet menggunakan perangkat mobilenya. Maka tidak heran jika di Asia para vendor berlomba-lomba untuk menancapkan produk smartphonenya karena memang terjadi lonjakan pembeli yang dahsyat.

Malahan ada rumor yang menyebutkan jika di Thailand, Filipina, dan Indonesia orang-orang tidak bisa lepas dari ponsel mereka masing-masing dalam melewati keseharian mereka.

“Masyarakat Asia benar-benar menghayati fungsi dari sebuah ponsel, mereka memang merasakan, aktif terlibat, serta selalu berkomunikasi menggunakan perangkat-perangkat mobile,”lanjut Anand.

Lagi pula mereka memang sering menggunakan Facebook serta menilik berita-berita online daripada memperhatikan media konvensional seperti koran ataupun majalah. Baca juga Apple luncurkan MacBook Air 12 inci dan Pegatron perbaiki kondisi kerja Apple.

Top