Harga Sony Xperia Z3 Compact yang Berpadu dengan Spesifikasi Menantang

Spesifikasi dan Harga Sony Xperia Z3 Compact – Siapa tak mengenal smartphone Sony Xperia Z series yang merupakan smartphone jagoan Sony dengan nama yang sangat populer di dunia teknologi dan gadget saat ini. Perlu diketahui smartphone premium andalan Z series ini mempunyai keunggulan yang bisa ditandingkan dengan smartphone kompetitor lainnya. Contohnya saja keunggulan anti air, anti debu dan layar berkualitas tinggi yaitu X-Reality Engine yang hadir di smartphone Sony Xperia seri tertinggi. Setelah sukses dengan seri Xperia Z series terakhirnya yakni Sony Xperia Z3, kini Sony kembali merilis versi mini atau lebih sederhana dari seri tersebut yakni Sony Xperia Z3 Compact. Smartphone Sony ini diluncurkan pada tanggal 3 September 2014. Lalu bagaimanakah dengan dapur pacu dan desain dari Sony Xperia Z3 Compact ini? Apakah cukup powerful? Yuk ikuti ulasan Begawei kali ini dalam menjamah Sony Xperia Z3 Compact untuk mengetahui jawabannya.

sony xperia z3 compact

Peluncuran Sony Xperia Z3 Compact ini dilakukan hampir bersamaan dengan peluncuran Sony Xperia Z3 yang merupakan gacoan dari smartphone Sony saat ini. Peluncuran versi compact atau versi sederhana ini dimaksudkan agar konsumen kalangan menengah keatas dapat merasakan smartphone premium tertinggi buatan Sony saaat ini namun dengan versi yang sedikit berbeda. Versi compact ini mempunyai beberapa spesifikasi sedikit berbeda yang lebih kecil sesuai dengan namanya. Diantaranya dimensi yang lebih kecil, ukuran dan resolusi layar serta beberapa hal lainnya. Namun untuk performa Sony Xperia Z3 Compact ini tidak usah diragukan lagi karena performa smartphone versi compact ini hampir sama dengan versi utamanya yang sangat powerfull. Baiklah langsung saja kita kupas tuntas kehebatan Sony Xperia Z3 Compact yang lebih mini namun tetap mumpuni bersama Begawei pada segmen-segmen dibawah ini.

hp sony xperia z3 compact

Spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact

Layar Mini Kualitas Maxi

Pada sektor desain smartphone yang termasuk kelas premium tertinggi dari Sony ini tidak usah diragukan lagi. Spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini mengusung desain yang stylish, fashionable, berkelas dan yang pasti lebih padat atau ringkas dibandingkan versi utamanya. Dengan ukuran 127 x 64.9 x 8.6 mm serta mempunyai bobot hanya 129 g yang lebih kecil dan ringan dibanding versi utamanya membuat smartphone Sony Xperia Z3 Compact ini sangat pas untuk digengam dan nyaman untuk digunakan berlama-lama. Dari bahan materialnya pun masih sama dengan versi utamanya yang mempunyai material sangat kokoh, tahan dari benturan atau tekanan dengan intensitas cukup kuat yang dilakukan sengaja atau tidak sengaja oleh pengguna. Bahkan didukung dengan sertifikasi gadget yaitu IP 68 membuat Sony Xperia Z3 Compact ini tahan dari rendaman air dengan kedalaman tertentu dan tahan dari kotoran debu yang ada. Untuk layar yang digunakan oleh Sony Xperia Z3 Compact ini masih sama dengan versi utamanya yang menggunakan layar jenis IPS LCD Capacitive Touchsreen berkekayaan 16 juta warna namun dengan ukuran dan resolusi yang lebih kecil yaitu berukuran 4.6 inci beresolusi 720 x 1280 pixels dengan kerapatan layar 319 ppi yang disertai dengan teknologi layar kelas wahid dari Sony yaitu Triluminos dan X Reality Engine yang menghasilkan interface layar sangat jernih dan tajam. Spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini juga dapat mendeteksi lebih dari satu sentuhan karena dukungan ‘Multitouch’nya yang dapat berguna untuk menjalankan game atau aplikasi tertentu.

Dapur Pacu Sama Handal

Beralih ke sektor dapur pacu pada spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini yang masih mempunyai jeroan hampir sama dengan versi utamanya yaitu ditanamkan processor kelas atas dari Qualcomm Snapdragon yaitu seri 801 9074-AC Krait 400 mempunyai kecepatan maksimal hingga 2.5 GHz yang sanggup memproses perintah dan menghasilkan kinerja sangat cepat serta super responsif. Serta mempunyai sistem operasi Android terbaru yakni v.4.4.4 KitKat membuat Sony Xperia Z3 Compact ini lebih enteng dalam menjalankan fungsi sistem. Perbedaan Sony Xperia Z3 Compact dari versi utama hanya terdapat pada memori RAM yang mempunyai ukuran lebih kecil yaitu 2 GB. Namun dengan RAM 2GB tersebut sudah lebih dari cukup untuk menjalankan aplikasi berat bahkan menjalankan beberapa aplikasi berat sekaligus (Multitask). Untuk fungsi gaming serta grafis ditanamkan GPU Adreno 330 yang dapat menjalankan game HD terbaru dan terberat saat ini dengan menampilkan grafis berkualitas tinggi yang memukau. Bahkan untuk anda yang gemar bermain game konsol, smartphone premium dari Sony ini mendukung permainan PS 4 dengan fitur PS 4 Remote Play yang sangat handal. Dapur pacu pada spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact bukan main kan?

spesifikasi sony xperia z3 compact

Kamera Profesional Khas Sony

Untuk kemampuan fotografi, spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini masih memiliki fitur kamera yang sama dari versi utamanya. Dibekali dengan lensa berukuran 20.7 MP yang dapat menangkap foto dengan resolusi maksimal 5248 x 3936 pixels dengan setingan  ISO tinggi yaitu 12.800 akan menghasilkan bidikan foto yang sangat detail, berkualitas dan professional. Hal itu juga dikarenakan setiap smartphone premium tertinggi buatan Sony ditanamkan sensor kamera IMX khas kamera professional Sony. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang tersedia pada Sony Xperia Z3 Compact seperti CMOS image sensor, Autofocus, Touch to focus, Digital image stabilization, Face detection, Smile detection, ISO control, White balance presets, Burst mode, Digital zoom, Geo tagging, High Dynamic Range mode (HDR), Panorama, Effects serta Self-timer pun akan menghasilkan gambar yang berkualitas dan menarik. Untuk perekaman video dari kamera utama Sony Xperia Z3 Compact ini akan menghasilkan video berdefinisi tinggi yaitu berkualitas 4K 4000p yang dapat ditonton di layar lebar baik itu TV UHD atau PC tanpa penurunan kualitas sekalipun. Sedangkan untuk kamera kedua dari spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact yang berada disisi depan ini memiliki resolusi maksimal 2.2 MP yang dapat menghasilkan kualitas bidikan foto yang sangat detail dan memuaskan karena memiliki resolusi kamera sekunder yang lebih tinggi dibanding rata-rata smartphone lain. Untuk kualitas perekamannya pun dapat menghasilkan kualitas tinggi yaitu HD 1080p yang pastinya akan menghasilkan kualitas maksimal untuk keperluan video chat. Bahkan dengan dukungan IPX8 membuat kemampuan membidik atau merekam momen menggunakan kedua kamera Sony Xperia Z3 Compact dibawah air ini dapat dilakukan dengan baik dan maksimal.

Kapasitas Penyimpanan Luas

Berbeda dengan versi utamanya yang menyediakan 2 pilihan memori penyimpanan internal, spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini memiliki satu pilihan memori internal yaitu berkapasitas 16 GB. Dengan kapasitas sebesar itu maka memungkinkan smartphone Sony Xperia Z3 Compact ini dapat menampung banyak file yang terdiri dari file aplikasi, game, audio, video dan gambar. Jika ternyata kurang pun Sony sudah menyiapkan slot memory eksternal berjenis MicroSD yang dapat diekspansi hingga 128GB yang tentu saja akan bermanfaat dan tidak akan mengkhawatirkan bagi anda yang gemar mengoleksi file berukuran jumbo di dalam smartphone premium versi ringkas ini.Bagaimana sampai disini apakah spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini membuat anda cukup kagum?

spesifikasi hp sony xperia z3 compact

Konektivitas Lengkap Tingkat Tinggi

Pada kemampuan konektivitasnya spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini masih sama seperti versi utamanya. Dengan menggunakan slot SIM Card berjenis Nano SIM yang hanya dapat mendukung jaringan GSM mempunyai teknologi transfer data melalui internet kecepatan tinggi yaitu LTE 4G dengan kecepatan download maksimal 150 mbps dan upload 50 mbps serta standar transfer data lainnya seperti HSPDA+ 42 mbps, HSUPA 5.76 mbps dan lain-lain. Untuk konektivitas lainnya spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini memiliki Wi-Fi yang dapat berjalan pada frekuensi maksimal 5GHz ini akan menghasilkan kecepatan berseluncur didunia maya sangat cepat dengan memanfaatkan koneksi Wi-Fi yang tersedia. Konektivitas Wi-Fi ini juga dapat mendukung hotspot (Tethering) dan DLNA. Sedangkan konektivitas nirkabel smartphone premium ini memiliki Bluetooth v.4.0 yang dapat melakukan transfer file antar perangkat Bluetooth lainnya dengan sangat cepat. Selain itu spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini juga mendukung NFC yang dapat mentranfer data dengan saling menempelkan perangkat NFC lainnya. Dan juga mendukung USB OTG karena memiliki konektor USB v.2.0. Untuk fungsi navigasi smartphone, spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini tidak usah diragukan pula karena mengandalkan teknologi navigasi A-GPS yang dipadukan dengan Glonass akan menghasilan penguncian lokasi yang cepat dan akurat.

Baterai Tahan Lama

Beralih pada kapasitas daya tahan baterainya. Spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact ini dibekali dengan baterai non-removable berjenis Li-Ion berkapasitas 2600 mAh tentu sudah sangat cukup untuk menunjang daya tahan smartphone ini. Dengan kapasitas baterai tersebut smartphone Sony Xperia Z3 Compact ini dapat bertahan hingga 2 hari jika penggunaan cukup sering dan untuk waktu standbynya dapat bertahan hingga 36 hari. Namun jika anda sering berpergian dalam waktu yang cukup lama agar dapat menunjang daya tahan baterai smartphone ini direkomendasikan untuk menggunakan powerbank berkapasitas dan berkualitas tinggi agar dapat menunjang aktivitas anda. Sayangnya jenis baterai non-removable yang tidak dapat dilepas dari tubuh Sony Xperia Z3 Compact ini akan sedikit menyulitkan apabila pengguna mengalami masalah pada handset ini.

Sony Xperia Z3 Compact

Jaringan
Technology GSM / HSPA / LTE
2G bands GSM 850 / 900 / 1800 / 1900
3G bands HSDPA 850 / 900 / 1700 / 1900 / 2100 – D5803
HSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100 – D5833
4G bands LTE 700/800/850/900/1700/1800/1900/2100/2600 – D5803
LTE 700 / 850 / 900 / 1800 / 2100 / 2600 – D5833
LTE 2300 TD-LTE – D5833
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Cat4 150/50 Mbps
GPRS Up to 107 kbps
EDGE Up to 296 kbps
Pengumuman
Pengumuman 2014, September
Status Available. Released 2014, September
Bodi
Dimensi 127.3 x 64.9 x 8.6 mm (5.01 x 2.56 x 0.34 in)
Berat 129 g (4.55 oz)
SIM Nano-SIM
– IP68 certified – dust proof and water resistant over 1 meter and 30 minutes
Layar
Tipe IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran 720 x 1280 pixels, 4.6 inches (~319 ppi pixel density)
Multitouch Yes, up to 10 fingers
Protection Shatter proof glass
– Triluminos display
– X-Reality Engine
Dapur Pacu
Sistem Operasi Android OS, v4.4.4 (KitKat), planned upgrade to v5.0 (Lollipop)
Chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801
CPU Quad-core 2.5 GHz Krait 400
GPU Adreno 330
Memori
Card slot microSD, up to 128 GB
Internal 16 GB, 2 GB RAM
Kamera
Kamera Belakang 20.7 MP, 5248 х 3936 pixels, autofocus, LED flash,check quality
Fitur 1/2.3” sensor size, geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
Video 2160p@30fps,1080p@60fps, 720p@120fps, HDR,check quality
Kamera Depan 2.2 MP, 1080p@30fps
Suara
Alert types Vibration; MP3, WAV ringtones
Loudspeaker Yes, with stereo speakers
3.5mm jack Yes
Konektivitas
WLAN Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot
Bluetooth v4.0, A2DP, LE, apt-X
GPS Yes, with A-GPS, GLONASS
NFC Yes
Radio Stereo FM radio with RDS
USB microUSB v2.0 (MHL TV-out), USB Host
Fitur
Sensor Accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer
Pesan SMS (threaded view), MMS, Email, IM, Push Email
Browser HTML5
Java Yes, via Java MIDP emulator
Baterai
Non-removable Li-Ion 2600 mAh battery

Harga Sony Xperia Z3 Compact

Nah itulah ulasan lengkap mengenai smartphone premium tertinggi versi ringkas buatan Sony yang satu ini. Begawei rasa kurang lengkap apabila belum mengetahui harga Sony Xperia Z3 Compact terbaru. Namun sebelum membeberkan harga Sony Xperia Z3 Compact, Begawei akan memberikan sedikit kesimpulan untuk smartphone premium versi ringkas dari Sony ini. Untuk spesifikasi Sony Xperia Z3 Compact tidak usah diragukan lagi karena smartphone ini memiliki fitur yang hampir sama dengan versi utamanya. Dengan ukuran yang lebih ringkas atau bisa dibilang kecil ini sangat direkomendasikan bagi anda yang sedang mencari smartphone tangguh berukuran kecil yang nyaman untuk digunakan dan dibawa kemana-mana. Lalu berapakah harga Sony Xperia Z3 Compact ini?

harga sony xperia z3 compact

Jika kita meniliki spesifikasi yang ditanamkan, harga Sony Xperia Z3 Compact terbaru memanglah memiliki cukup tinggi namun lebih murah dibandingkan versi utamanya yaitu Sony Xperia Z3. Benar saja smartphone premium versi ringkas ini memiliki harga Rp 6.500.000 yang lebih murah Rp 2 jutaan dibandingkan versi utamanya. Dengan harga Sony Xperia Z3 Compact tersebut Begawei rasa sangat sebanding dengan apa yang didapatkan karena smartphone premium ini sangat tangguh dan cocok untuk pengguna yang sedang mencari smartphone premium dengan ukuran tidak terlalu besar. Apalagi dengan pemasangan fitur kamera yang luar biasa ciamik layaknya sebuah kamera profesional akan sangat menyenangkan jika digunakan sebagai sarana fotografi. Jika kawan-kawan memiliki hobi hunting foto maka akan sangat terakomodasi dengan adanya Sony Xperia Z3 Compact tersebut. Nah sekarang setelah mengtahui harga Sony Xperia Z3 Compact terbaru yang beredar di pasaran apakah kawan-kawan menginginkan untuk membeli ponsel pintar Sony ini?

harga sony xperia z3 compact terbaru

Tetapi perlu anda ketahui jika kisaran harga Sony Xperia Z3 Compact terbaru yang Begawei sampaikan akan sedikit berbeda dengan harga realnya yang di pasaran. Tetapi Begawei memastikan jika terjadi pergeseran harga maka tidak akan terlalu jauh dari prediksi Begawei. Jadi untuk berjaga-jaga anda dapat menyiapkan budget yang lebih tinggi dari yang Begawei sampaikan sehingga anda tidak akan kaget apabila ternyata harga Sony Xperia Z3 Compact yang berlaku di pasaran lebih tinggi. Apabila ternyata harganya lebih murah maka anda dapat menggunakan sisa budget untuk membeli aksesoris handphone seperti powerbank ataupun kartu SD untuk menambah memori anda. Begawei berpendapat peluncuran versi Compact dari Sony Xperia Z3 bertujuan untuk menjaring penggemar Xperia Z3 yang budgetnya tidak mencukupi untuk membelinya. Sehingga akhirnya Sony meluncurkan Sony Xperia Z3 Compact yang harganya jauh lebih murah dari versi premiumnya supaya anda hanya perlu menyiapkan budget yang lebih rendah. Tetapi ada keunggulan utamanya pada fitur kameranya yang masih sama ciamiknya seperti versi premium Xperia Z3. Jadi bagi anda penggemar fotografi dapat memanfaatkan smartphone Sony ini yang didalamnya sudah terpadu dengan kinerja pacu yang tangguh. Itulah ulasan mengenai harga Sony Xperia Z3 Compact terbaru pada segmen yang terakhir ini sekaligus menutup perjumpaan Begawei pada kesempatan review kali ini. Baca juga Sony Xperia Z3 dan Nokia Lumia 638.

Top