Ponsel Mobile Rawan Pada Kesehatan Anda?

Ponsel mobile rawan kesehatan – Sebuah penelitian yang terpadu yang dilakukan oleh Ilmuwan dari Univesity of Manchester mengunkapkan secara gamblang apabila medan magnet yang ciptakan oleh ponsel mobile dan kabel listrik tidak akan berbahaya bagi manusia. Berarti studi yang dilaporkan ini secara tidak langsung mematahkan isu sebelumnya yang beredar jika kita harus berhati-hati pada aliran medan magnet. Sedangkan beberapa studi menunjukkan apabila medan elektromagnetik yang dipancarkan dari perangkat mobile dan kabel listrik secara terus menerus dapat menyebabkan kemandulan serta kanker. Lalu manakah isu yang benar kawan-kawan?

ponsel mobile rawan kesehatan

Studi mengenai medan elektromagnetik ini sudah pernah diulas pada tahun 1970 yang bahkan sudah mengakibatkan beberapa korban leukimia yang terjadi pada anak-anak. Akibat dari kejadian yang mengerikan ini Badan Internasional untuk Penelitian Kanker telah mengkategorikan frekuensi medan magnet sebagai “possibly carcinogenic”. Simpelnya gelombang magnet dari ponsel akan berbahaya jika diterima terus-terusan terutama pada anak-anak karena dapat menyebabkan kanker. Padahal tidak mungkin bukan kita tidak berhubungan dengan ponsel mobile?

Melansir Telegraph, Kamis (11/12/2014), National Helath Service (NHS) di Inggris resmi menyarankan agar pengguna gadget tidak terpaku dalam menggunakan perangkat mobile untuk waktu yang lama. Mereka tidak henti-hentinya mengingatkan melalui media mereka untuk tidak menggunakan ponsel hanya untuk percakapan telefon yang dianggap kurang penting.

Sebelumnya para ahli berpikir jika medan magnet yang tercipta dari ponsel mobile dapat merugikan protein kunci dalam tubuh manusia. Namun pada saat ini telah muncul pendapat berbeda yang menyatakan jika medan magnet itu tidak akan memilki dampak pada tubuh.

Peneliti tersebut mengukur seberapa lemah medan magnet (WMF) mempengaruhi flavoproteins yang sangat penting untuk menjaga kesehatan serta mengontrol sistem saraf dan perbaikan DNA. Apabila flavoproteins terkena kerusakan sedikit saja maka dapat menghasilkan efek serius bagi tingkat kesehatan manusia.

Namun setelah dilakukan eksperimen-eksperimen di laboratorium maka peneliti University of Manchester membuat kesimpulan jika tidak ada efek apapun yang dihasilkan dari medan magnet tersebut. Nigel Scrutton selaku perwakilan dari Faculty of Life Sciences University of Manchester menegaskan jika kabel listrik, ponsel mobile, serta perangkat serupa yang lain aman untuk digunakan manusia karena tidak akan mencederai flavoproteins yang memiliki sistem proteksi yang kuat. Baca juga XL Segera Luncurkan 4G LTE dan Instagram Menyalip Jumlah Pengguna Twitter.

  • agung

    kapan lenovo k3 akan keluar ?

Top