Huawei Batal Comblangi Windows Phone dan Android. Ada Apa?

Huawei Batal Comblangi Windows Phone dan Android – Android memang sedang ngetrend. Mungkin anda adalah salah satu penggilanya. Ya! Banyak sekali vendor yang memutuskan menggunakan sistem operasi ini. Berbagai macam vendor, mulai yang internasional sampai dengan vendor lokal pun berlomba – lomba untuk terus mengikuti update OS tersebut. Keberadaan OS ini seolah – olah  “menenggelamkan” OS lain, seperti BlackBerry dan Windows Phone.

huawei batal jodohkan windows dengan android

Nama sistem operasi yang disebut terakhir adalah rekaan perusahaan raksasa—Microsoft. Keberadaan sebenarnya dinilai cukup potensial untuk digarap. Atas dasar itu, Huawei ingin membuat ponsel dengan dual OS alias mengawinkan Windows Phone dengan Android. Wah…bisa dibayangkan ya, bagaimana hasil penyatuan dua produk itu? Pengguna pastinya akan mendapatkan dua atmosphere yang berbeda saat menggunakan gadget dengan dua OS sekaligus di dalamnya.

Tapi ternyata itu hanya sebatas rencana. Huawei sepertinya mengalami kekecewaan, sehingga mencoret nama Windows Phone dari daftar calon patnernya.  Lalu apa penyebabnya? Alasannya ternyata cukup mengejutkan. Head of International Media Affairs Huawei, Joe Kelly menyebutkan bahwa alasan Huawei membatalkan semuanya adalah karena Windows Phone dinilai tidak menghasilkan uang.

Sebuah perusahaan pasti menginginkan keuntungan sebesar – besarnya alias profit oriented. Tapi menurut perusahaan asal China itu, meraka kesulitan untuk membujuk pelanggannya membeli produk Huawei berbasis Windows Phone. Sebut saja tipe Huawei Ascend W1, yang mengusung OS Windows Phone.

“Kami tidak menghasilkan uang dari Windows Phone. Tak ada yang menghasilkan keuntungan dari Windows Phone,” ujarnya kepada The Seattle Times.

Bahkan, Direktur Huawei dan CEO Consumer BG, Richard Yu mengatakan bahwa perusahaannya  rugi selama dua tahun terakhir dalam memasarkan platform OS Windows Phone. Huawei pun mengambil langkah untuk menunda produksi smartphone dengan OS Windows Phone baru. Rencana “perjodohan” Windows Phone dengan Android pun diputuskan untuk diakhiri. Wah…sepertinya anda yang rajin menggunakan gadget besutan Huawei benar – benar tidak akan menemukan lagi OS tersebut dalam produk – produk Huawei.

Lalu dengan batalnya Huawei mencomblangi Windows Phone dan Android, bagaimana nasib Microsoft? Sepertinya perusahaan Amerika Serikat itu tetap akan berjalan dengan OS rekaannya, walaupun bisa dibilang harus bekerja keras untuk membuat para vendor jatuh cinta. Lagipula, batalnya “perjodohan” ini tak lantas membuat Microsoft jadi letoy. Buktinya, mereka telah berpatner juga dengan vendor – vendor lain seperti Foxconn, Lenovo, ZTE dan beberapa ponsel lokal di sejumlah negara. Baca juga Telkom targetkan 9 triliun dan Speaker Bose pada HTC One M9.

Top