Ceraikan Bing, Facebook Kembangkan Search Engine Sendiri

Facebook dan Bing Berpisah – Disadari atau tidak, kita justru sering mendapatkan info menarik dari Facebook. Hal itu pun memicu Facebook untuk mengembangkan mesin pencarian besutannya sendiri, Facebook Graph Search. Bahkan untuk mempertajam fokusnya terhadap mesin pencarian, Facebook pun “menceraikan” Bing. Jadi, kawan Begawei tidak akan lagi menemukan kolom hasil penelusuran melalui Bing, jika sedang Facebook-an.

facebook ceraikan bing

Mark Zuckerberg dan tim pun sedang getol untuk meningkatkan kecerdasan mesin pencarian mereka itu dengan menambahkan tools baru. Tools terbaru itu berfungsi untuk mempercepat penelusuran komentar-komentar dan berbagai informasi yang pernah diunggah di Facebook. Jadi, anda yang memang masih memerlukan info – info tertentu, akan sangat mudah untuk mendapatkannya kembali melalui mesin pencarian ala Facebook.

Facebook sadar betul, mengembangkan mesin pencarian , menjadi hal yang  sangat penting.  Bagaimana tidak. Aktivitas pencarian di Facebook kini bahkan telah  mencapai lebih dari 1 miliar query per hari. Tidak heran, karena informasi yang ada di  social media ini memang melimpah. Kawan Begawei mungkin adalah salah satu yang memang rajin berbagi info menarik atau malah mendapatkan info yang diinginkan via Facebook. Dari situ, Mr. Zuck dan kawan – kawan menyadari jika pengguna seharusnya tidak perlu lagi meminjam jasa mesin pencarian lain untuk mendapatkan info yang dibutuhkan. Bahkan tim kerja Zuck juga mengungkapkan bahwa posting berisi info – info menarik di Facebook jumlahnya lebih besar dari yang dimiliki search engine lain.

Tapi berbicara soal mesin pencarian, sebenarnya memang ada dua fungsi yang berbeda antara Bing dengan Facebook Graph Search. Anda yang memang akrab dengan Bing, pasti mengetahui jika ketika anda menggunakan Bing, maka mesin pencarian ini akan memberikan merujuk ke situs-situs tertentu. Tentunya rujukan itu di halaman – halaman  di luar Facebook, sesuai kata kunci pengguna. Berbeda dengan Bing, mesin pencari milik Facebook itu akan membantu mempermudah pencarian informasi yang tersebar dalam 1,35 miliar wall penggunanya.

Walaupun tidak menggunakan Bing lagi sebagai mesin pencariannya, namunFacebook tetap masih memiliki hubungan dengan Microsoft. Karena Microsoft sendiri masih memiliki 1,6 persen saham di Facebook. Namun soal “perceraian” Bing dengan Facebook, pihak Microsoft memang belum angkat bicara. Baca juga Pre Order, BlackBerry Classic Sold Out dan WhatsApp Versi Desktop Segera Muncul.

Top