Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus

Cara Memilih Hard Disk Eksternal Yang Bagus – Pernahkah anda merasa kebingungan untuk menghapus data – data pada hard disk internal di komputer atau laptop? Bingung disini bukan berarti tidak tahu cara menghapusnya, tapi bingung memilih mana yang akan dihapus dan mana yang akan dipertahankan. Semua file dirasa penting. Berangkat dari kebingungan dan kebimbangan itu, hasilnya adalah hard disk internal yang penuh. Pasti akan membuat kinerja perangkat anda menjadi ala – ala siput alias lemot kan? Nah…disinilah anda mulai membutuhkan hard disk eksternal. Piranti yang satu ini memang cukup berjasa untuk mengatasi masalah storage atau penyimpanan, terutama ketika hard disk internal sudah mulai penuh. Di pasaran juga tersedia berbagai macam hard disk eksternal dengan beragam jenis, kapasitas, dan bentuk serta warna yang memikat konsumen. Nah lalu bagaimanakah cara memilih hard disk eksternal yang bagus? Tepat sekali kalau anda mengajukan pertanyaan itu karena di sesi yang spesial ini Begawei akan membagikan cara memilih hard disk eksternal yang bagus untuk anda sehingga anda tidak salah pilih HDD eksternal.

cara memilih hard disk eksternal yang bagus

Cara Memilih HDD Eksternal

Sebelum masuk ke cara memilih hard disk eksternal yang bagus kita perlu intro dulu. Menurut Begawei, sebenarnya untuk memilih hard disk bisa dibilang  gampang-gampang susah. Bahkan bisa dibilang ada faktor keberuntungan. “Kalau pas dapat yang bagus, ya untung”. Begitu kan? Tapi pasti Kawan Begawei akan keteteran juga ketika kita berpedoman pada faktor keberuntungan. Jadi, agar lebih pasti tentunya kita harus mengetahui dulu seperti apa sih hard disk yang bagus.  Nah, dalam kesempatan kali ini, kita akan sama – sama melihat kriteria hard disk eksternal yang bagus. Agar pada saat memutuskan untuk membeli, kita benar – benar akan mendapatkan barang yang awet dan sesuai kebutuhan kita. Bukan lagi sekedar faktor B alias bejo.  Berikut adalah beberapa cara memilih hard disk eksternal yang bagus  dan tentunya bisa anda gunakan dalam memilih HDD eksternal:

cara memilih HDD eksternal yang bagus

  • Ketahui Sistem Operasi yang Dipergunakan

Cara memilih hard disk eksternal yang bagus untuk yang pertama adalah dengan mengenali sistem operasi yang digunakan. Apa jenis perangkat yang anda gunakan? PC atau MAC? Jenis perangkat ini akan menentukan hard disk eksternal apa yang bisa jadi pilihan. Kawan Begawei harus bisa memahami bahwa ada perbedaan antara MAC dan PC dalam hal format hard disk yang digunakan. Jika perangkat milik anda adalah MAC, maka  memakai HFS+. Namun jika PC anda berbasis Windows, maka akan menggunakan hard disk berformat NTFS. Atas dasar hal itu, para developer umumnya mengeluarkan versi berbeda berdasarkan penggunnaya. Sebenarnya sangat memungkinkan Meski OS X bisa membaca NTFS. Namun kita tidak bisa mengedit dan menulis didalamnya. Sehingga menentukan pilihan hard disk yang akan digunakan berdasarkan Sistem operasi ini, menjadi hal yang cukup penting.

  • Kapasitas Hard Disk Eksternal

Kapasitas jelas menjadi hal yang harus sangat diperhitungkan saat kita memilih hard disk. Jadi cara memilih hard disk eksternal yang bagus untuk yang kedua ini perlu anda perhatikan. Jangan sampai kita membeli hard disk yang ternyata belum mampu menampung file – file milik kita. Pasti akan rugi kan? Maka ketahuilah dulu seberapa besar file yang akan tertampung di dalamnya. Jika untuk keperluan backup data, mungkin kita membutuhkan yang berukuran besar. Hard Disk berukuran 1TB misalnya, bisa menjadi pilihan. Sebagai bayangan saja, Ukuran hard disk 1 TB dapat menampung 200 ribu foto yang kita ambil dengan kamera berukuran 6 MP. Selain itu dapat juga menampung 250 ribu lagu dengan kualitas 128kbps MP3. Tapi tunggu dulu! Lain lagi jika anda ingin mempergunakan hard disk eksternal tersebut untuk mengoleksi game berukuran besar serta software berukuran besar. Untuk file – file big size itu, hard disk dengan kapasitas 500GB sampai dengan 1TB pun dirasa belum akan cukup.

  • Kecepatan Rotasi Hard Disk Eksternal

Kecepatan rotasi yang dimaksud disini adalah kecepatan perputaran dari piringan yang terdapat pada hard disk. Mengapa ini menjadi penting? Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kecepatan baca tulis datannya. semakin cepat rotasi atau perputarannya, maka akan semakin baik kinerjanya. Bicara soal kecepatan rotasi hard disk, kecepata putaran 7200 rpm sebenarnya sudah sangat bagus bila dibandingkan dengan kecepatan 5400 rpm. Namun sekarang memang sudah tersedia hard disk dengan kecepatan putaran hingga 10.000 rpm. Untuk mengetahui berapa kecepatan rotasi hard disk eksternal yang akan anda pilih, jangan malas – malas untuk membaca keterangan pada kemasannya. Cukup jelas kan sampai disini cara memilih HDD eksternal yang Begawei sampaikan? Yuk kita lanjut ke cara memilih hard disk eksternal yang bagus untuk yang terakhir.

  • Perhatikan Konektivitasnya

Cara memilih hard disk eksternal yang bagus ini yang kadang – kadang dilewatkan. Kita tidak memperhatikan kemampuan konektivitas hard disk eksternal yang kita beli. Padahal hal tersebut sangat berpengaruh terhadap kecepatan transfer data. Apa gunanya hard disk eksternal yang secara bentuk dan tampilannya trendi, namun kinerjanya letoy. Pastikan anda memilih hard disk yang sudah menggunakan USB 3.0. Transfer datanya pasti akan lebih cepat jika dibandingkan dengan  hard disk USB 2.0. Pada koneksi USB 3.0. kecepatan transfernya mencapai 5 gbps. Sedangkan USB 2.0 hanya 480 mbps. Ada perbedaan kecepatan yang cukup jauh kan? Jika menginginkan yang lebih cepat lagi, kawan Begawei bisa mencoba memilih hardisk yang menggunakan port thunderbolt. Port ini diklaim 2 kali lebih cepat  dari USB 3.0. namun sayangnya memang harga hard disk eksternal yang memakai post thunderbolt jauh lebih mahal.

cara memilih hard disk eksternal

Seperti itulah penuturan Begawei yang dapat disampaikan mengenai cara memilih hard disk eksternal yang bagus. Perangkat hard disk eksternal termasuk perangkat yang tidak bisa dibilang murah jadi pastikan ketika anda membelinya mendapatkan produk dengan kualitas terbaik. Peran hard disk eskternal bisa dibilang vital karena dapat mengakomodasi kebutuhan data yang tidak tertampung di pada hard disk komputer anda. Tetapi jika anda masih merasa kurang yakin dengan cara memilih HDD eksternal yang bagus yang Begawei sampaikan diatas maka dapat mengajak temannya yang mengerti dan memahami tentang seluk beluk komputer supaya anda tidak salah ketika memilih hard disk. Begawei rasa cara memilih hard disk eksternal yang bagus tersebut cukup mudah untuk anda pahami karena Begawei berusaha untuk merangkumkan cara yang paling mudah. Nah, itu tadi beberapa kriteria yang bisa anda pertimbangkan ketika memilih hard disk eksternal. Sekali lagi, jangan sampai anda membeli barang hanya karna bentuk dan warnanya yang menarik saja. Kesinkronan dengan apa yang menjadi kebutuhan kita, menjadi hal yang lebih penting. So, be smart please. Nah itulah cara memilih hard disk eksternal yang bagus, jika kawan Begawei membutuhkan ulasan – ulasan lain soal teknologi, jangan khawatir. Begawei adalah tempat yang tepat. Jadi, tetap bersama kami. Baca juga Cara Mempercepat Pengisian Baterai hp dan Cara Memilih Power Bank.

Top