Ayo Kenali Teknologi Sonar BPPT Pendeteksi Air Asia QZ 8501

Teknologi Sonar BPPT deteksi Air Asia QZ 8501 – Sobat Begawei dimanapun anda berada pasti telah mengetahui insiden mengenaskan mengenai hilangnya pesawat Air Asia QZ 8501 sejak hari Minggu lalu. Pesawat yang belum lama lepas landas dari Bandara Juanda Surabaya tersebut tiba-tiba tanpa sebab mengalami hilang kontak dengan stasiun penerbangan. Kontan kejadian ini langsung mebuat pemerintah kalang kabut dan bergerak cepat dengan mengerahkan pasukan supaya dapat mengetahui lokasi keberadaan pesawat tersebut. Dalam hal ini pemerintah tidaklah bergerak sendirian karena mereka dibantu oleh Basarnas dan BBPT dalam melakukan pencarian.  Metode apakah yang digunakan untuk menemukan pesawat Air Asia yang hilang tersebut?

teknologi sonar bppt pencari air asiaBasarnas menggunakan alat yang disebut sebagai teknologi Sonar buatan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk memudahkan pencarian. Apa sih alat tersebut sebenarnya? Begawei akan memberikan penjelasannya untuk anda.

Teknologi sonar atau yang disebut dengan Sound Navigation and Ranging tersebut adalah sebuah teknik yang menggunakan penjalaran suara dalam air untuk navigasi atau mendeteksi adanya kendaraan yang berada di dalam air. Teknologi Sonar ini juga memiliki arti penjarakan dan navigasi suara.

Ketika teknologi Sonar ini dipergunakan untuk mencari benda dalam air maka secara otomatis Sonar akan menggunakan gelombang suara bawah air yang dipancarkan dan dipantulkan untuk mendeteksi serta menetapkan lokasi objek bawah laut.

Nah dari data suara yang didapatkan tadi maka akan segera dipancarkan ualng ke operator melaui speaker khusus untuk kemudian dapat ditampilkan ke monitor. Dari data-data tersebut didapat dari hasil pantulan gelombang suara yang dikirimkan ke bawah permukaan laut.

Selama ini tingkat kesuksesan dari aplikasi teknologi Sonar cukup besar. Sonar telah dapat mendeteksi kapal selam, ranjau, mendeteksi kedalaman, menangkap ikan secara komersil, serta sebagai alat koordinasi keselamtan dan berkomunikasi di laut.

Melansir Mashable beberapa waktu lalu dapat dilihat sebuah drone bawah laut telah disiagakan untuk mencari pesawat MH370 milik Malasyia yang hilang. Drone dengan teknologi Sonar tersebut kini juga dikerahkan untuk mengetahui pesawat Air Asia yang diperkirakan hilang di sekitar Bangka Belitung. Semoga pesawat Air Asia QZ 8501 yang hilang tersebut dapat segera diketemukan dan para korban dapat bertemu keluarganya kembali dengan selamat. Baca juga Xiaomi merambah bisnis laptop dan Helm pintar dikendalikan melalui suara.

Top