4G LTE Ala XL Sudah di Depan Mata

XL Segera Luncurkan 4G LTE – Akhir tahun ini, dunia komunikasi di Indonesia kedatangan new comers, yaitu 4G LTE yang sudah komersial. Adalah Telkomsel, operator seluler pertama di Indonesia yang berkutat pada koneksi super cepat ini. Untuk tahap awal, layanan tersebut baru bisa digunakan di Jakarta dan Bali. Bagaimana dengan operator yang lain? Anda pengguna setia XL, bersiaplah kedatangan primadona baru ini. Ya! XL Axiata memang sedang sangat bersemangat menyiapkan 4G LTE untuk anda. Wah…kelihatannya kawan Begawei pun jadi semakin tidak sabar nih! Lalu sudah seberapa jauh persiapan peluncurannya?

4G LTE dari XL siap diluncurkan

Saat ini, XL masih memburu restu dari Kementerian Kominfo, untuk bisa segera mengkomersialisasikan jaringan seluler 4G berbasis Long Term Evolution (LTE). XL masih menunggu sertifikasi uji laik operasi (ULO). Setelah beres, 4G LTE ala XL akan lansung dikomersialkan. Harus menunggu sampai kapan? Head of Network Planning XL Axiata, Rahmadi Mulyahartono menyatakan, penghujung tahun ini dipastikan 4G LTE ala XL akan meluncur.

“4G LTE kami pasti (meluncur) tahun ini, di frekuensi 900 MHz,” ujar Rahmadi, seperti dikutip dari Kompas.com.

Tapi ditanya soal tanggal, pihak XL memang masih memilih bungkam demi membuat surprise untuk para  penikmat layanan seluler. Senada dengan operator seluler Telkomsel, setelah project ini sudah siap seluruhnya, maka pengguna XL bisa segera menukarkan SIM card lama dengan yang baru. Pengguna tetap bisa mempertahankan nomer XL nya, namun dengan SIM card baru sudah akan bisa menikmati 4G LTE.

Wah…nampaknya dunia seluler Indonesia akan semakin ramai dan maju tentunya. Bagaimana tidak. Koneksi 4G LTE jelas memberikan kecepatan yang luar biasa. Bekerjasama dengan penyedia perangkat jaringan Ericsson dan Huawei, XL Axiata menjanjikan kecepatan transfer data 4G LTE hingga 100 Mbps. Wow…!!! Terbayang akan secepat apa?

XL Axiata sendiri akan memiliki alokasi frekuensi 4G LTE di frekuensi 900 MHz sebesar 7,5 MHz bersama dengan dua operator lain, yaitu Indosat dan Telkomsel. Tapi tak hanya sampai disitu. XL Axiata juga berencana menggelar layanan 4G di frekuensi 1.800 MHz.  Sebagai tahap awal, XL hanya akan menggunakan lebar frekuensi 5 MHz di spektrum 900 MHz. Hal ini dilakukan  untuk mengedukasi pelanggan terlebih dahulu mengingat koneksi 4G adalah hal yang baru. Selain itu XL juga ingin membangun ekosistem terlebih dulu  sembari menunggu frekuensi 1.800 MHz dibenahi. Kita tunggu saja kehadiran 4G LTE dari XL dan manuver provider ini berikutnya. Baca juga Instagram Menyalip Jumlah Pengguna Twitter dan Ponsel Samsung Meledak Lagi.

  • imanov

    Wow..

Top