Wah Telkom “Usir” Pelanggan 2G Demi Mulusnya 4G?

Telkom realisasikan 4G – Ambisi Telkom untuk mewujudkan layanan koneksi super cepat Long Term Evolution di tanah air ini tampaknya akan segera terwujud. Layanan komersialisasi ini memang sangat menguntungkan dilihat dari aspek bisnisnya karena belum ada provider lain yang sanggup menyediakannya. Saat ini provider-provider selain Telkomsel masih berkutat dengan jaringan 3.5 G yang sebenarnya sudah mengakomodasi kecepatan tinggi. Tetapi kondisi pasar terus berubah dengan dinamis dan masyarakat mulai membutuhkan konektivitas internet yang jauh lebih ngebut. Telkom sendiri sudah melakukan aksi bersih-bersih dengan menggeser pelanggan 2G yang masih bercokol 900 MHz. Apakah konsumen pengguna 2G akan tersisih dengan teknologi terbaru LTE 4G ini ya?

telkom realisasikan 4g

“Pelanggan 2G sudah kita pindahkan semua menuju frekuensi yang lebih besar 1800 MHz jadi untuk slot 4G di 900 MHz sudah kosong melompong. Tetapi aplikasi dari kebijakan ini di lapangan tidak bisa langsung nation wide, tapi kan bisa per kota dulu.” ujar Alex Janangkih Sinaga selaku Direktur Utama Telkomsel (27/11/2014).

Telkomsel akan segera merealisasikan rencananya untuk mengkomersialisasikan jaringan 4G Long Term Evolution di DKI Jakarta serta Bali pada Desember 2014. Setelah pemasangan dan ujicoba teknologi LTE tersebut lancar baru pihak Telkomsel akan menyebarluaskan teknologi tersebut ke kota-kota besar yang lain hingga akhirnya dapat menjangkau seluruh tanah air. Pemilihan kedua kota tersebut tidak lain karena selain pusat bisnis yang tentunya membutuhkan konektvitas internet yang tinggi juga karena aksesnya yang lebih mudah daripada daerah lain.

Jadi mulai dari Desember 2014 untuk kawan-kawan yang bertempat tinggal di Jakarta dan Bali sudah dapat menikmati jaringan cepat LTE dari Telkomsel. Untuk tahap awal pemasangan alokasi spektrum yang digunakan baru 5 MHz di frekuensi 900 MHz. Nah pelanggan 2G harus bisa menyesuaikan kebijakan yang baru ini karena spektrum 2G akan dikosongkan secara bertahap sampai akhirnya benar-benar digantikan oleh teknologi 4G.

Setelah itu Telkomsel mengincar frekuensi eks Flexi di 850 MHz untuk agregasi agar total bisa memperoleh 15 MHz. Selain itu Telkomsel masih memiliki alternatif perpanjangan spektrum bersama Indosat. Tunggu ya kehadiran jaringan 4G LTE ini di kotamu!. Baca juga Android One Evercoss beredar Januari 2015 dan Update Android Lollipop Masih Sebabkan Masalah.

 

Top