Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A3

Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy A3  – Pasca IFA 2014 di Berlin, dunia gadget dihebohkan dengan ‘serbuan’ smartphone berbagai tipe yang disodorkan bermacam – macam vendor. Mungkin kabar itu juga yang membuat kawan Begawei ikut penasaran atau malah sudah mulai bingung memilih ponsel mana yang akan dibeli. Dari sekian banyak vendor yang meluncurkan produk baru, tercatat nama Samsung. Oktober 2014 Samsung kembali mengusik dengan Galaxy A3, Galaxy A5, dan Galaxy A7. Namun ternyata pabrikan Korsel ini punya bidikan pasar yang berbeda dari ketiga produk tersebut. Sasaran konsumen yang di incar Samsung adalah pasaran menengah keatas, kelas menengah, dan low entry level. Kali ini Begawei akan mengajak anda mereview Samsung Galaxy A3. Ponsel ini akan berjalan dengan salah satu pilihan jaringannya yaitu 4G network dengan teknologi Long Term Evolution yang pada saat ini sedang ramai diperbincangkan karena kemampuannya yang sangat cepat. Untuk anda yang menginginkan memakai lebih dari satu provider maka ketersediaan slot dual SIM pada ponsel ini akan sangat membantu anda. Selain itu, Samsung Galaxy A3 akan menggunakan Super AMOLED pada layarnya. Teknologi ini menghasilkan 90 persen cakupan warna Adobe RGB alias mengekspresikan berbagai warna yang belum ada sebelumnya. Lalu dengan teknologi itu pasaran mana yang disasar oleh Samsung melalui Samsung Galaxy A3? Apakah harga yang ditawarkan akan sesuai dengan kekuatan yang dimiliki? Berikut rangkuman Begawei soal Samsung Galaxy A3 ini.

samsung galaxy a3

Dari ketiga ponsel baru luncuran Samsung yaitu seri Galaxy A3, Galaxy A5, dan Galaxy A7 ternyata bila dirankingkan dari spesifikasi dan harganya, urutannya dari atas adalah Samsung Galaxy A7, Samsung Galaxy A5, baru kemudian Samsung Galaxy A3. Ya! Kabar baik untuk kawan Begawei yang memang sedang mencari ponsel Samsung berteknologi tinggi namun tidak perlu menyiapkan budget yang tinggi karena Samsung Galaxy A3 kabarnya memang diperuntukkan bagi konsumen kelas menengah. Secara fisik tampilan Samsung Galaxy A3 standard, tidak terlalu besar, dan pas untuk digenggam. Dengan berbagai pilihan warna smartphone ini memiliki unibody yang semuanya logam. Lalu seperti apa komponen – komponen di dalamnya? Berikut ulasan Begawei soal Samsung Galaxy A3, spesial untuk anda.

hp samsung galaxy a3

Spesifikasi Samsung Galaxy A3

Ponsel Tingkat Menengah dengan Rasa Tingkat Tinggi

Samsung merancang body pada spesifikasi Samsung Galaxy A3 dengan desain yang pas dalam genggaman. Tidak terlalu besar namun tidak juga terlampau kecil. Dengan ukuran dimensi 130.1 x 65.5 x 6.9 mm ponsel ini juga dibuat tidak terlalu berat yaitu 110.3 gram saja. Dimensi itu membuat penggunanya cukup nyaman menggenggam ponsel yang bodinya terbuat dari logam ini. Sementara untuk layarnya dalam ukuran 4.5 inci  Samsung Galaxy A3 mempunyai resolusi 540 x 960 pixels. Samsung juga membekali Galaxy A3 dengan teknologi Super AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) capacitive touchscreen. Teknologi ini jelas lebih menguntungkan daripada ponsel berlayar LCD. Super AMOLED memiliki tingkat kontras yang lebih tinggi dibandingkan LCD. Super AMOLED pada Samsung Galaxy A3 pun masih disokong dengan kekayaan warna 16 M dengan tingkat kedalaman warna yang mencapai 245 ppi pixel density . Ini membuat mata menangkap gambar dengan warna yang lebih real. Yang lebih menguntungkan lagi, Super AMOLED membuat Galaxy A3 lebih hemat daya sebesar 20 %. Jika AMOLED biasa tidak begitu jelas terlihat dibawah sinar matahari, Super AMOLED tetap bisa terbaca walaupun dilihat dari sudut 180 derajat, dengan tingkat kecerahan 20% lebih cerah. Untuk urusan warna, Samsung Galaxy A3 punya enam pilihan. Pearl white, Midnight Black, dan Platinum silver bisa jadi pilihan untuk anda yang ingin tampil klasik dan elegan. Pilihan warna ini memang terkesan tidak neko – neko. Jadi pilihan yang baik untuk kawan Begawei yang lebih suka memunculkan karakter sederhana lewat warna. Namun jangan khawatir, untuk yang ingin tampil lebih colourful, warna soft pink, light blue, dan Champagne gold bisa jadi pilihan. Sedangkan spesifikasi Samsung Galaxy A3 juga dilengkapi dengan fitur Multitouch yang dapat mendeteksi multijari pada layar tetapi belum dilengkapi dengan pelindung layar buatan Corning Gorilla Glass untuk melindungi layar dari goresan.

Dapur Pacu Berperforma Maksi Tanpa Lemot

Mengandalkan prosessor Quad-core 1.2 GHz Cortex-A53, spesifikasi Samsung Galaxy A3 di lini dapur pacunya mempunyai kinerja yang maksimal. Jenis prosessor itu membantu ponsel mengoperasikan berbagai aplikasi android secara ringan dan cepat. Apalagi kemampuan prosessor didukung kapasitas RAM 1GB. Jadi, “say no to lemot” bersama Samsung Galaxy A3 ini. Untuk sistem operasinya, Samsung membekali ponsel tingkat menengah ini dengan Android Kitkat v4.4.4. Pasti Kawan Begawei sudah cukup mengerti, bahwa OS ini tidak terlalu ribet seperti OS keluaran Google sebelumnya Android Jelly Bean 4.2. Ponsel ini juga menggunakan chipset Qualcomm MSM8916 Snapdragon 410. spesifikasi Galaxy A3 juga diperkuat dengan kartu grafis Adreno 306 yang dapat mengendalikan tampilan grafis anda pada saat bermain HD Gaming.

spesifikasi samsung galaxy a3

Kapasitas Memori Mumpuni

Kapasitas memori biasanya menjadi hal penting  yang dipertimbangkan. Jangan khawatir kawan Begawei. Kapasitas memori 16 GB pada memori internal Samsung Galaxy A3, cukup mumpuni untuk menyimpan hasil download anda, baik gambar, audio, maupun video. Jika merasa file – file anda belum tertampung juga pada Samsung Galaxy A3 ini maka dengan bantuan microSD eksternal dengan kapasitas yang bisa diperbesar hingga 64 GB pasti akan sangat membantu. Dengan dibantu dapur pacu berperforma maksimal pada spesifikasi Galaxy A3 rasanya bukan lagi masalah ketika kawan Begawei akan menginstal aplikasi-aplikasi yang berat sekalipun.

Dual Camera Berkekuatan Hampir Sepadan

Tanpa memandang kelas apakah itu kelas bawah, menengah, ataupun kelas atas, saat ini kebutuhan masyarakat atas fitur kamera di ponselnya memang cukup besar. Apalagi saat ini adalah era e-commers yang jelas butuh ponsel dengan performa yang baik. Baik disini diantaranya dengan fitur kamera yang mumpuni. Setidaknya bisa mengambil gambar dengan cukup jelas sehingga “acara” bisnis melalui dunia maya yang memanfaatkan ponsel bisa berjalan lancar. Dengan lensa 8 MP pada kamera utamanya, spesifikasi Samsung Galaxy A3 cukup bisa diandalkan. Resolusi kamera belakangnya 3256 x 2448. Cukup baik lah untuk ponsel android tingkat menengah. Selain itu bekal fitur LED flash dan autofocus juga melengkapi kegiatan anda berfoto ria. Belum lagi anda bisa memanfaatkan fitur geo-tagging, touch focus, face detection, panorama. Pertanyaan selanjutnya, pada Samsung Galaxy A3 apakah ada kamera depan? Ada. Kita sangat mungkin menemukan, kualitas kamera depan sangat jauh dengan kualitas kamera belakangnya pada banyak ponsel. Bahkan ada ponsel kelas tinggi yang didukung kamera belakang 13 MP, namun kamera depannya 2.1 MP. Namun tidak dengan spesifikasi Galaxy A3 ini. Kualitas kamera depannya, tidak lantas terlalu jauh dengan kualias kamera utamanya. Anda bisa melakukan selfie dengan kamera 5 MP dengan Samsung Galaxy A3. Tidak terlalu jauh kan dengan angka 8 MP pada kamera utamanya?

spesifikasi handphone samsung galaxy a3

Konektivitas Super 4G LTE

Berbicara soal konektivitas, saat ini para vendor memang dituntut untuk bisa menopang koneksi yang sangat cepat. Hal itu juga sudah dilakukan oleh Samsung. Walaupun spesifikasi Samsung Galaxy A3 bukan difokuskan untuk kalangan tinggi, Samsung seolah – olah tak ingin pilih kasih. Dengan berjalan pada jaringan GSM Samsung melengkapi Samsung Galaxy A3 ini dengan jaringan 3G yang menyediakan akses internet dengan kecepatan tinggi. Tak ketinggalan Samsung juga menyematkan teknologi tinggi 4G Long Term Evolution yang dapat dipacu hingga 150 Mbps DL dan pada jaringan 3G mengandalkan HSDPA yang mencapai 42.2 Mbps dan HSUPA mencapai 5.76 Mbps. Sementara untuk transfer data, pada spesifikasi Samsung Galaxy A3 kawan Begawei bisa memanfaatkan bluetooth v4.0, A2DP, EDR, LE dan microUSB v2.0.

Plus minus Baterai

Bagaimana? Kawan Begawei sudah mulai membayangkan menggunakan Samsung Galaxy A3 dengan beberapa review diatas? Tunggu dulu. Kita perlengkap dengan bahasan kapasitas baterainya. Karena Begawei yakin, semua orang akan kecewa ketika sedang asyik dengan ponselnya namun ternyata kapasitas baterai sudah tidak mencukupi. Kawan Begawei, spesifikasi Samsung Galaxy A3 ini dibekali dengan Li-Ion 1900 mAh battery. Dari kapasitas memang bisa dikatakan cukup. Apalagi seperti yang sudah sedikit kita bahas diatas tadi JIKA teknologi layar Super AMOLED membantu menghemat daya sekitar 20%. Namun jika kita melihat performa dapur pacunya yang cukup tinggi rasanya daya 1900 mAh kurang mendukung. Ini bisa menjadi pertimbangan untuk Kawan Begawei, ketika akan membeli ponsel tipe ini. Mungkin powerbank dengan kapasitas daya yang tinggi bisa menjadi solusi. Namun, ternyata baterai pada spesifikasi Galaxy A3 ini berjenis Non-removable battery. Jadi jika daya habis  tidak akan bisa digantikan perannya oleh baterai cadangan, kecuali dengan re-charging atau menggunakan jasa powerbank.

Samsung Galaxy A3

Jaringan
2G NetworkGSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SM-A300F
GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2 – SM-A300F/DS, SM-A300G/DS, A300H/DS, A300M/DS
3G NetworkHSDPA 850 / 900 / 1900 / 2100
4G NetworkLTE
SIMOptional Dual SIM (dual stand-by)
Pengumuman2014, October
StatusComing soon. Exp. release 2014, November
Bodi
Dimensi130.1 x 65.5 x 6.9 mm (5.12 x 2.58 x 0.27 in)
Berat110.3 g (3.88 oz)
Layar
TipeSuper AMOLED capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran540 x 960 pixels, 4.5 inches (~245 ppi pixel density)
MultitouchYes
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
Memori
Card slotmicroSD, up to 64 GB (single SIM version)
Internal16 GB, 1 GB RAM
Koneksi
GPRSYes
EDGEYes
KecepatanHSDPA, 42.2 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps; LTE, Cat4, 50 Mbps UL, 150 Mbps DL
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP, EDR, LE
NFCYes (LTE model only)
USBmicroUSB v2.0
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
FiturGeo-tagging, touch focus, face detection, panorama
Video
Kamera Depan5 MP
Fitur
OSAndroid OS, v4.4.4 (KitKat)
ChipsetQualcomm MSM8916 Snapdragon 410
CPUQuad-core 1.2 GHz Cortex-A53
GPUAdreno 306
SensorsAccelerometer, proximity, compass
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML5
RadioTBC
GPSYes, with A-GPS, GLONASS
JavaYes, via Java MIDP emulator
WarnaPearl White, Midnight Black, Platinum Silver, Soft Pink, Light Blue, Champagne Gold
Baterai
Non-removable Li-Ion 1900 mAh battery

Harga Samsung Galaxy A3

Dari awal review, kita sudah diiming – imingi dengan harga menengah dan performa yang dihasilkan Samsung Galaxy A3. Pastinya kawan Begawei penasaran harga menengah seberapa besar yang dilabelkan pada ponsel ini? Sebelum melirik kisaran harga Samsung Galaxy A3 terbaru Begawei ajak anda untuk memberi sedikit kesimpulan akhir soal ponsel ini. Dari tampilan fisik, Samsung Galaxy A3 menawarkan body yang pas untuk digenggam. Tidak terlalu besar, tidak juga kecil. Dengan ukuran 130.1 x 65.5 x 6.9 mm, Galaxy A3 mempunyai ukuran layar 4.5 inci. Yang menarik, layarnya berteknologi Super AMOLED, yang punya banyak kelebihan dibandingkan generasi layar LCD. Super AMOLED juga memungkinkan penghematan baterai sekitar 20%. Selain itu, pada dapur pacunya, Samsung juga menyematkan teknologi yang cukup mumpuni pada Galaxy A3. Menggunakan prossesorQuad-core 1.2 GHz Cortex-A53, ponsel ini memiliki kapasitas RAM 1 Gb dan didukung sistem operasi terbaru, Android Kitkat. Kelengkapan kameranya pun cukup baik dengan disematkannya dual kamera, utama dan kamera depan. Masing – masing 8 MP dan 5 MP. Segala macam konektivitas GSM mulai dari 2G, 3G, bahkan sampai 4G network tersedia pada gadget ini. Melihat kelengkapan tersebut dan gembar gembor harga di pasaran menengah, pasti Kawan Begawei mulai menerka – nerka kisaran harga Samsung Galaxy A3 di Indonesia. Berapa ya kira – kira?

harga samsung galaxy a3

Apabila kita melakukan perbandingan singkat antara spesifikasi teknis dan performa yang ditawarkan maka diprediksi harga Samsung Galaxy A3 ini akan tinggi. Setelah membandingkan antara kelebihan dan kekurangan dari ponsel pintar, harga Galaxy A3 terbaru menurut prediksi Begawei ini dibanderol seharga $350 sampai $400. Angka itu kira – kira setara dengan Rp.4,2 juta sampai dengan Rp. 4,8 juta. Kisaran itu menjadi yang termurah jika dibandingkan dengan kedua rekannya, Samsung Galaxy A5 dan Samsung Galaxy A7. yang memiliki harga termurah dari kedua rekannya yang lain. Tetapi dengan harga yang lebih murah anda mendapatkan jeroan lini yang dibawah kedua seri tersebut, namun menurut Begawei hal itu tidak menjadi masalah karena performa Samsung Galaxy A3 ini sudah termasuk gahar dan dapat diandalkan sebagai smartphone koleksi anda. Bagaimana apakah anda tertarik dengan smartphone Samsung ini setelah mengehui harga Samsung Galaxy A3 terbaru?

harga samsung galaxy a3 terbaru

Jika kawan Begawei sudah bisa memperkirakan apakah perkiraan harga Samsung Galaxy A3 dengan kelebihan yang diberikan oleh ponselnya cukup sebanding tidak ada salahnya mengecek ke distributor resmi Samsung atau outlet handphone kepercayaan anda untuk mendapat harga pastinya. Informasi yang Begawei berikan, mungkin berubah, karena harga Galaxy A3 juga sangat mungkin bergeser, tergantung pada banyak faktor. Terutama sekali yang sangat berpengaruh adalah faktor distribusi produk ke daerah-daerah yang tentunya membutuhkan banyak cost. Samsung Galaxy A3 merupakan jawaban bagi anda yang menginginkan ponsel kelas premium tetapi dengan budget yang terbatas. Kinerja processor 4 inti tentu sudah tidak perlu kita ragukan lagi kualitasnya. Terlebih lagi dengan kualitas layar Super Amoled yang siap memberikan hasil yang optimal pada saat anda melakukan aktivitas multimedia pada ponsel pintar Samsung Galaxy A3. Tampaknya dengan semakin banyak layar kualitas Super Amoled yang dipopulerkan Samsung maka akan banyak vendor-vendor kompetitor yang mengusung layar yang sama untuk tetap mendapat tempat dihati konsumen yang semakin aktif dalam aktivitas multimedia. Informasi harga Samsung Galaxy A3 terbaru tadi yang sekaligus menjadi akhir kebersamaan kita di review Begawei kali ini. Tetap bersama halaman Begawei, untuk informasi – informasi menarik lainnya soal gadget. Baca juga Samsung Galaxy A5 dan Advan Star 5.

Top