Spesifikasi dan Harga Nokia N1

Spesifikasi dan Harga Nokia N1 – Apa yang ada di benak anda kalau kita menyebut brand Nokia? Ya! Vendor ini memang sangat jaya di masanya. Perangkatnya pun dikenal tahan banting. Namun saat ini, jika kita menyebut Nokia, memang tidak bisa jauh – jauh dari Microsoft. Pasca resmi diakuisisi pada 25 April 2014 lalu senilai USD 7,2 miliar, divisi perangkat dan servis Nokia resmi menjadi milik raksasa Microsoft. Artinya Microsoft melebarkan sayap sekaligus sebagai petarung baru di segmen pasar perangakat mobile. Hasil akuisisi tersebut juga baru saja mempublish Microsoft Lumia. Ini adalah kali pertama  Microsoft menyematkan namanya dan menghilangkan nama Nokia pada jajaran Lumia. Lalu apakah itu berarti Nokia sudah “punah” begitu saja? Ah…tidak juga. Toh Microsoft hanya membeli keluarga Lumia dan Asha. Maka November 2014, Nokia meluncurkan Nokia N1. Tipe ini merupakan tablet dengan sistem operasi Android. Sementara untuk pemasarannya, tablet Nokia N1 ini akan dipasarkan mulai di Tiongkok pada Februari mendatang. Kawan Begawei yang tertarik, nampaknya akan mendapatkan tablet dengan spesifikasi yang cukup tinggi. Benar atau tidak? Yuk kita simak spesifikasi dan harga Nokia N1 dalam ulasan Begawei yang spesial kali ini.

nokia n1

Setelah kelihatan “lesu” Nokia nampaknya mencoba bangkit dan menggebrak melalui rilis tablet Nokia N1 ini. Tak tanggung – tanggung tablet Nokia ini menggunakan sistem operasi Android terbaru atau versi 5.0 Lollipop. Bayangkan saja, jika kita sudah disuguhi fitur – fitur dan tampilan yang oke pada seri Android sebelumnya—KitKat, pasti pada Android Lollipop akan menjadi semakin wow!!!!  Istimewanya lagi, kawan Begawei akan bisa menikmati versi Android terbaru yang dipadukan dengan balutan antar muka Nokia Z Launcher pada Nokia N1 ini. Launcher tersebut adalah produk ala Nokia sendiri. Masih ingin menikmati keistimewaan lainnya? Nanti kita lihat spesifikasinya secara lebih lengkap. Tapi yang jelas, Nokia meluncurkan Nokia N1 untuk kelas menengah. Jadi, sepertinya walaupun spesifikasinya mumpuni, harganya tidak akan terlalu tinggi. Tapi untuk lebih jelasnya, Begawei ajak anda melihat spesifikasi lengkapnya. Berikut detailnya.

tablet nokia n1

Spesifikasi Nokia N1

Tablet dengan Teknologi Tinggi Pada Bodinya

Tablet besutan vendor asal Finlandia ini berdesain mirip dengan iPad Mini, spesifikasi Nokia N1 pun tak jauh berbeda. Tampil mewah, Nokia N1 hadir dengan balutan casing aluminium unibody yang tersedia dalam dua varian warna yakni natural aluminium dan lava gray. Namanya saja tablet, pasti kawan Begawei juga sudah bisa membayangkan bahwa Nokia N1 punya bodi yang lebar. Gadget ini mengusung dimensi 200.7 mm x 138.6 mm x 6.9 mm. Melihat dimensinya yang lebar, wajar bila bobotnya mencapai 318 gram yang termasuk berat. Layar Nokia N1 sendiri berukuran 7.9 inci. Layar besar tersebut memiliki kemampuan resolusi yang wow, yakni 1536 x 2048 pixels, dengan hasil gambar berkerapatan 324 ppi pixel density. Dari resolusinya saja, sudah terbayang jika kita akan berhadapan dengan gadget yang menampilkan kualitas gambar prima. Apalagi layar sentuh tersebut dibekali dengan teknologi IPS LCD capacitive touchscreen with LED backlight. Teknologi LED backlight pada layar memberi keseimbangan lebih dalam pada saturasi warna. Dikolaborasikan dengan ragam warna mencapai 16M colors, anda akan memperoleh hasil gambar yang sangat mendekati aslinya. Teknologi multitouch untuk deteksi multi jari juga sudah tersedia pada Nokia N1. Kembali ke soal layar IPS, layar ini juga sangat cocok untuk hal – hal berbau grafis. Selain itu reproduksi gambarnya juga sangat baik. Layar dengan panel IPS juga merupakan panel yang terkenal keras dan tahan terhadap benturan. Jadi tidak perlu terlalu khawatir jika mengalami benturan. Asal tidak terlalu keras dan sering, Begawei rasa teknologi IPS cukup mumpuni. Tak mau terhambat pada resiko layar tergores saat dioperasikan, vendor Finlandia ini juga membekali spesifikasi Nokia N1 dengan Corning Gorilla Glass 3. Corning mengklaim bahwa Gorilla Glass 3 menawarkan banyak perbaikan dibanding generasi sebelumnya. Selain lebih tipis daripada Gorilla Glass 2, Corning Gorilla Glass 3 tiga kali lipat lebih kuat dibanding dan 40 persen lebih baik dalam menahan goresan dibanding generasi sebelumnya. Wowww!!! Setuju ya, jika Begawei simpulkan bahwa secara fisik Nokia N1 merupakan gadget berteknologi tinggi? Bagaimana dengan kinerja dapur pacunya?

Dapur Pacu yang Powerfull

Mari kita perhatikan komponen – komponen yang memesini dapur pacu pada spesifikasi Nokia N1 ini. Gadget dari Nokia ini menawarkan kinerja dengan tenaga yang tinggi berkat prosessor Quad-core (empat inti) yang menghasilkan daya 2.3 GHz pada setiap intinya. Tipe ini mengandalkan chipset buatan Intel, yakni Intel Atom Z3580. Untuk operasional tablet, chipset buatan Intel memang terkenal tangguh. Kolaborasi prosessor dan chipset yang handal pada Nokia N1 itu, didukung juga dengan RAM sebesar 2 GB yang sangat lancar dalam menjalankan operasi multitasking. Kinerjanya pun dipastikan akan tangguh dan anti lemot. Hadirnya pengolah grafis PowerVR SGX G6430 juga dipastikan sangat responsif menggerakkan antarmuka dari Nokia N1 ini. Kawan Begawei yang menyukai game HD, juga akan terakomodir dengan GPU tersebut. Jadi, acara gaming akan berjalan dengan mulus. Apalagi anda akan didukung dengan sistem operasi Android terbaru, Android Lollipop. Fitur – fitur dan tampilannya pastilah lebih sempurna daripada versi sebelumnya (Android KitKat) yang sekarang sedang banyak dipakai. Si Manis Android Lollipop pada Nokia N1 juga berkolaborasi dengan Nokia Z Launcher. Dengan teknologi rekaan Nokia ini, anda akan merasakan pengalaman menggunakan Android dengan lebih mudah. Maka Nokia N1 pun tіԁаk lagi mendapatkan beberapa halaman aplikasi ѕереrtі pada umumnya.  tapi аkаn mendapatkan search engine υntυk Ɩеbіh memudahkan pengoperasian. Nokia Z Launcher juga dibekali n fitur khusus bernama Scribble. Fitur yang disematkan pada spesifikasi Nokia N1 ini memungkinkan pengguna Android menemukan ара saja уаnɡ diperlukan atau dibutuhkan ԁаƖаm waktu 1 detik saja. HаƖ іnі јеƖаѕ ѕаnɡаt menghemat waktu ԁаn memudahkan pengguna.

spesifikasi nokia n1

Single Memori yang Memadai

Kalau berbicara soal memori Nokia N1 rasanya akan menjadi sektor yang cukup penting. Jangan sampai memori yang tersemat pada gadget anda tidak bisa mengcover kebutuhan akan penyimpanan. Anda masih ingat dengan gadget Nokia jadul bermemori sangat kecil, yang untuk sekedar menerima SMS saja anda harus menghapus SMS lama? Bayangkan saja kalau di era yang semaju ini, hal itu masih juga terjadi. Ahhh…basi!!! Apalagi saat ini yang ada pada memori gadget bukan hanya text yang ukurannya kecil, melainkan konten – konten yang butuh tempat penyimpanan yang leluasa. Pada spesifikasi Nokia N1 ini, Nokia membekali tabletnya dengan single memori saja. Tapi tak usah khawatir, karena kapasitas memorinya cukup besar, yakni 32 GB. Ukuran memori yang tersemat pada spesifikasi Nokia N1 tersebut sudah sangat baik untuk mengakomodir penyimpanan file – file anda, baik yang berbentuk audio, video maupun sekedar gambar.

Kamera Ganda tanpa LED Flash

Nokia membesut spesifikasi Nokia N1 dengan teknologi kamera ganda. Pada kamera utamanya (kamera belakang) terdapat kamera berkekuatan 8 MP beresolusi 3264 x 2448 pixels dengan autofocus. Perpaduan yang pastinya menghasilkan foto yang cukup baik. Cukup mumpuni untuk anda mengabadikan momen – momen pilihan. Kawan Begawei yang lebih suka mengabadikan momen dengan video, bisa juga memanfaatkan kamera utama dari  Nokia N1 itu. Hasil rekaman videonya beresolusi 1080p pada 30fps. Sementara untuk kamera tambahannya (kamera depan) berkekuatan 5 MP yang resolusinya sangat tinggi. Urusan selfie dan video call terproses dengan baik melalui kamera depan yang terpasang pada spesifikasi Nokia N1 ini. Namun sayang, kelengkapan yang ditunggu untuk kamera, yaitu LED flash, belum tersemat pada gadget ini.

spesifikasi tablet nokia n1

Konektivitas Mengandalkan Wi-Fi

Nokia N1 adalah tablet yang bukan merupakan perangkat yang berjalan pada jalur GSM. Istilah lebih gampangnya, gadget ini tidak bisa digunakan untuk sambungan telepon. Jadi kawan Begawei tidak akan menemukan slot untuk SIM card pada spesifikasi Nokia N1 ini. Namun jangan khawatir. Anda tetap akan bisa terkoneksi dengan internet melalui koneksi WiFi. WiFi yang terakomodir pada gadget ini adalah Wi-Fi 802.11 , dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, dan Wi-Fi hotspot yang dapat mengubah tablet menjadi router. Jadi akan sangat asyik membawa perangkat stylish ini ke titik – titik WiFi dan menggunakannya untuk berselancar di dunia maya Bagaimana, apakah kawan Begawei tertarik dengan kolaborasi asyik ini? Urusan transfer data, spesifikasi Nokia N1 ini difasilitas Bluetooth dan USB.

Didayai Li-Ion Battery Berkapasitas Super

Setelah melihat spesifikasi Nokia N1 yang keren seperti uraian di atas, saatnya kita melihat kapasitas baterainya. Tablet Nokia N1 didayai oleh non-removable battery atau baterai yang tidak bisa dilepas dan diganti. Jenisnya adalah  Li-Ion. Baterai jenis ini punya plus dan minus tentunya. Kelebihannya adalah kemampuan daya lebih besar. Perawatannya pun  lebih mudah dan tidak memiliki efek memori. Namun, baterai jenis ini tidak kuat terhadap temperatur panas. Jadi pastikan anda menggunakan Nokia N1 dengan waktu yang terukur, sehingga tablet tidak sampai panas. Soal kapasitas, spesifikasi Nokia N1 ini disematkan baterai dengan kapasitas super yaitu 5300 mAh. Kapasitas tersebut cukup besar dan mumpuni untuk menyokong kinerja dapur pacu yang powerfull.

Nokia N1

Jaringan
2G NetworkN/A
SIMNo
Pengumuman2014, November
StatusComing soon. Exp. release 2015, Q1
Bodi
Dimensi200.7 x 138.6 x 6.9 mm (7.90 x 5.46 x 0.27 in)
Berat318 g (11.22 oz)
Layar
TipeIPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran1536 x 2048 pixels, 7.9 inches (~324 ppi pixel density)
MultitouchYes
ProtectionCorning Gorilla Glass 3
Suara
Alert typesVibration, Polyphonic, MP3 ringtones
LoudspeakerYes, with stereo speakers
3.5mm jackYes
Memori
Card slotNo
Internal32 GB, 2 GB RAM
Konektivitas
GPRSNo
EDGENo
WLANWi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Wi-Fi Direct, DLNA, Wi-Fi hotspot
Bluetoothv4.0, A2DP
Infrared portYes
USBmicroUSB v2.0, Type-C, reversible connector
Kamera
Kamera Belakang8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus
FiturGeo-tagging
Video1080p@30fps
Kamera Depan5 MP
Fitur
OSAndroid OS, v5.0 (Lollipop)
ChipsetIntel Atom Z3580
CPUQuad-core 2.3 GHz
GPUPowerVR G6430
SensorAccelerometer, gyro
PesanEmail, Push Email, IM
BrowserHTML5
RadioNo
GPSYes
JavaYes, via Java MIDP emulator
WarnaNatural Aluminum, Lava Gray
Baterai
Non-removable Li-Ion 5300 mAh battery (18.5 Wh)

Harga Nokia N1

Wow…!!! kelihatannya kita sudah sama – sama menemukan banyak kelebihan pada Nokia N1 ini. Tapi uraian tadi belumlah lengkap tanpa kita mengetahui harga Nokia N1 terbaru. Untuk kesimpulannya sendiri tablet ini berdimensi 200.7 mm x 138.6 mm x 6.9 mm dengan berat 318 gram. Cukup stylish kan, apalagi anda punya dua pilihan warna casing, yaitu natural aluminium dan lava gray. Tidak hanya gaya, Nokia N1 ini juga didukung dengan teknologi yang tinggi, baik dari segi fisik maupun organ dalamnya. Layarnya berukuran 7.9 inci dengan resolusi 1536 x 2048 pixels dan kerapatan 324 ppi pixel density. Teknologi yang mendukungnya pun tergolong tinggi, yaitu IPS LCD capacitive touchscreen with LED backlight yang menghasilkan kualitas gambar yang apik serta dimensi yang dalam. Proteksi anti goresnya pun super, yakni Corning Gorilla Glass 3 yang jauh lebih tahan gores dibandingkan dengan generasi Gorilla Glass sebelumnya. Disini anda pasti penasaran ya dengan harga Nokia N1 ini? Tunggu dulu, karena masih ada keunggulan lainnya seperti pada Dapur pacunya yang powerfull dengan mengandalkan prosessor Quad-core 2.3 GHz, chipset Intel Atom Z3580 dan RAM berkapasitas 2 GB. Walaupun di lini memori, tablet ini hanya berkekuatan single, namun kapasitasnya tergolong besar, yaitu 32 GB. Untuk urusan jepret – menjepret, Nokia N1 mengandalkan kamera utama 8 MP dan kamera depan 5 MP. Cukup bagus, namun sayang belum dilengkapi perangkat bantuan cahaya—LED flash. Tablet ini memang tidak bisa dipergunakan untuk sambungan telepon. Namun anda bisa memanfaatkan WiFi untuk menjalankan OS Android v5.0 Lollipop. Istimewanya, anda juga akan menemukan Nokia Z Launcher. Teknologi itu memungkinkan anda mengoperasikan Android secara lebih mudah. Segala keistimewaan itu didayai dengan Li-Ion Battery berkapasitas 5300 mAh. Anda setuju, kalau Nokia N1 adalah tablet yang spesial? Lalu berapa harga Nokia N1 terbaru yang akan dibandrol di Indonesia?

harga nokia n1

Melihat dari spesifikasi teknis yang ditanamkan pada perangkat ini yang termasuk gahar dan tangguh dikelasnya yang akan menjadi faktor yang membuat harga Nokia N1 terbaru akan dilepas dengan harga yang tinggi. Walaupun tablet ini baru akan masuk pasaran Indonesia pada tahun 2015, namun kisaran harganya sudah banyak beredar. Menurut info yang Begawei dapatkan tablet ini akan dilabeli dengan harga USD 249 atau seharga Rp. 3 juta. Rasanya harga Nokia N1 terbaru ini cukup murah untuk menebus spesifikasi yang sedemikian rupa. Sebuah kisaran harga yang murah bukan? Anda mendapatkan tablet dengan jeroan yang powerfull dan ditanamkan perangkat-perangkat gahar yang dapat diandalkan hanya dengan kisaran harga tablet yang termasuk kelas menengah. Minus pada tablet ini tidak dilengkapi dengan kartu SIM baik GSM ataupun CDMA sehingga anda tidak dapat menikmati kecepatan akses yang tinggi pada jaringan 3G ataupun teknologi Long Term Evolution. Tetapi menurut penilaian Begawei tablet Nokia ini sudah sesuai dengan bandrol harga Nokia N1 di pasaran gadget.

harga tablet nokia n1

Namun perlu diketahui bahwa kisaran harga Nokia N1 terbaru yang Begawei utarakan diatas bisa jadi akan sangat berbeda dengan harga yang di jual di wilayah anda. Untuk dapat mengetahuinya anda dapat mengunjungi distributor-distributor resmi Nokia yang terdekat dari wilayah anda sekaligus menjajal performa tablet terbaru Nokia ini. Atau anda dapat juga membuka situs-situs toko online yang menyediakan tablet ini dengan harga Nokia N1 terbaik. Kisaran harga yang dilepas Nokia ini sangat kompetitif dan dapat bersaing dengan tablet buatan kompetitor. Prediksi Begawei sendiri tablet ini dapat menjadi penanda bagi momentum kebangkitan Nokia yang namanya sempat menghilang dalam persaingan pasar gadget.  Tunggu kehadirannya tahun depan ya…!! Ulasan kisaran harga Nokia N1 terbaru tadi, menutup jumpa kita kali ini. Begawei undur diri….sampai jumpa di review – review menarik selanjutnya. Baca juga HTC Nexus 9 dan Apple Ipad Mini 3.

Top