Spesifikasi dan Harga Lenovo A319

Spesifikasi dan Harga Lenovo A319 – Sebagai salah satu vendor yang produknya cukup banyak dipakai, Lenovo tak berhenti berinovasi. Belum lama, Lenovo hadir sebagai “kloning” iPhone 6 melalui Lenovo S90 Sisley. Dengan begitu, konsumen bisa merasakan smartphone kelas menengah yang rasanya seperti smartphone premium walau sebatas dari fisiknya. Kali ini Lenovo berusaha merangkul pasar penggemar musik dengan keluaran terbarunya. Smartphone bernama Lenovo A319 ini adalah handphone android dengan konsep musik pertama yang diluncurkan oleh Lenovo. Melihat konsepnya saja, sudah bisa ditebak, bahwa hardware dan fitur – fiturnya kebanyakan mendukung audio. Selain itu, anda yang gemar mendownload lagu melalui WiFi juga akan terdukung dengan perangkat WiFi di dalam Lenovo A319 ini. Jadi bayangkan saja, kawan Begawei yang sangat menyukai musik akan sangat dibuat enjoy dengan fitur – fitur musik di dalamnya. Nanti Begawei juga akan mengajak anda mengenal Lenovo A319 yang juga dijuluki Lenovo Rockstar ini. Se-ngerock apa performanya?

lenovo a319

Untuk urusan pasaran smartphone ini termasuk mengincar konsumen pecinta gadget pada kelas midle-low. Tapi jangan salah. Berani meluncurkan produk dengan dengan konsep musik, tentunya Lenovo akan berani juga membekali Lenovo A319 dengan teknologi yang tinggi untuk audionya. Ya! Penggunanya akan dimanjakan dengan audio berteknologi tinggi milik Dolby Digital Plus. Selain itu pada ponsel Lenovo musik tersebut diperkuat dengan processor Dual Core yang berpadu dengan RAM kapasitas 512 MB untuk mengisi sektor dapur pacu anda. Kemudian Lenovo A319 pada sisi konektivitas telah dilengkapi dengan jaringan 3G yang dapat memungkinkan anda untuk berselancar dengan kecepatan tinggi dalam beraktivitas di dunia maya.  Lalu, apa lagi fitur-fitur serta perangkat yang menyelimuti smartphone musik besutan Lenovo ini? Berikut ulasan lengkap Begawei untuk Lenovo A319.

smartphone lenovo a319

Spesifikasi Lenovo A319

Smartphone Mini Pas Genggaman

Membayangkan menikmati musik sambil melakukan kegiatan lainnya seperti berjalan sore, pasti akan lebih nyaman menggunakan ponsel yang ukurannya tidak terlalu besar melainkan yang pas dalam genggaman. Terbayang? Jika itu yang anda inginkan, spesifikasi Lenovo A319 bisa memberikannya untuk anda. Lenovo A319 mempunyai panjang 123.5 mm dengan lebar 63.8 mm. Sementara itu ketebalannya 10.2 mm. Memang cukup tebal, namun efeknya adalah lebih mantap digenggam. Smartphone ini juga memiliki massa yang standar yakni 130 gram. Untuk urusan layar yang menjadi sektor utama dalam pengoperasian smartphone, Lenovo A319 punya layar berukuran 4 inci dengan resolusi 480 x 800 pixels. Layar sentuh tersebut didukung dengan teknologi Thin Film Transistor (TFT). Dibandingkan dengan teknologi layar selanjutnya seperti IPS (In-plane switching) dan AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode), layar TFT memang mempunyai spesifikasi dibawah dua jenis tersebut. Salah satu kekurangannya adalah memakan daya yang besar. Walau begitu, ketajaman warna yang dihasilkan memang sudah cukup baik. Kawan Begawei yang mulai membidik smartphone ini, juga harus bersiap budget untuk menambahkan proteksi layar seperti screen guard. Mengingat Lenovo A319 belum memiliki proteksi terhadap goresan. Sementara itu, deteksi multi jari melalui multitouch sudah terdapat pada tipe ini. Membahas soal musik, konsep yang diusung smartphone ini, Lenovo membekali spesifikasi Lenovo A319 dengan Dolby Digital Plus. Teknologi audio ini membuat telinga anda sangat nyaman ketika berkenaan dengan hal – hal yang berbau audio. Selain itu, gadget ini juga dilengkapi dengan aneka ragam software yang digunakan untuk musik android.

Dapur Pacu Kurang Oke

Saatnya kita mengenal jeroan yang ada pada spesifikasi Lenovo A319 atau yang dikenal dengan Lenovo RockStar. Bagian dapur pacunya ditenagai dengan prosessor Dual-core bertenaga 1.3 GHz. Prosessor yang hanya menggunakan dua inti ini tentu kekuatannya tidak begitu prima alias lemot. Sementara itu dukungan chipsetnya pun belum cukup membantu. Lenovo A319 menggunakan chipset MT6572 buatan  Mediatek. Dibandingkan dengan chipset buatan Qualcomm yang banyak digunakan pada smartphone, chipset ala Mediatek memang dikenal cepat naik suhunya. Hal itu tentu saja mempengaruhi kinerja pada Lenovo A319 ini. GPU pada Lenovo Rockstar ini juga memiliki kualitas yang kurang bisa diandalkan karena kemampuan grafis yang sangat terbatas. Kapasitas RAM nya pun untuk golongan smartphone tergolong rendah, yakni 512 MB saja yang terbatas dalam proses multitasking. Wah…nampaknya dilihat dari dapur pacunya, spesifikasi Lenovo A319 tergolong rendah. Chipset Mediatek MT6572 yang disematkan di dalamnya juga mudah mengalami kenaikan suhu, sehingga berpengaruh juga pada kerja daur pacu. Sistem operasi Android KitKat pun sudah terpasang pada ponsel pintar. Perusahaan perancangnya–Google menyatakan kalau KitKat memberikan respon yang lebih cepat serta akurat daripada versi sebelumnya.

spesifikasi lenovo a319

Memori yang Dapat Diperbesar Hingga 32 GB

Jika dari segi dapur pacu performanya kurang oke, spesifikasi Lenovo A319 tampak coba memperbaiki dari sisi kapasitas memori. Lenovo A319 ini bekerja dengan memori ganda—utama dan tambahan. Memori utamanya 4 GB. Kapasitas memori yang kecil tersebut tidak dapat anda nikmati seluruhnya karena masih terpotong oleh sistem operasi dan aplikasi-aplikasi bawaan dari Lenovo Rockstar. Sementara itu terdapat slot microSD untuk diisi memori tambahan yang bisa diperbesar hingga 32 GB. Ukuran yang termasuk lega, untuk ponsel berformat musik. Dengan kapasitas memori pada spesifikasi Lenovo A319 ini, pastinya hasil download lagu anda bisa tertampung dengan cukup baik. Sehingga acara mendengarkan musik dengan Lenovo RockStar tetap tercover dengan maksimal.

Kamera Ganda Tanpa Dukungan LED Flash

Kali ini kita tengok keadaan kameranya. Sama dengan smartphone kebanyakan, spesifikasi Lenovo A319 dibekali dengan dua kamera masing – masing di sisi depan dan belakang. Untuk sektor utamanya, pengguna bisa mengandalkan kamera berukuran 5 MP. Resolusi yang dihasilkan dari kamera tersebut 2592 x 1944 pixels. Bisa digunakan untuk merekam video, namun dengan hasil yang nampaknya hanya pas – pasan. Sementara untuk kamera depan atau yang dikenal sebagai kamera selfie, pada Lenovo A319 ini terdapat kamera berukuran 2 MP yang dapat menghasilkan kualitas yang cukup lumayan. Sayangnya, baik pada kamera utama maupun tambahan pada spesifikasi Lenovo A319 sama sekali tidak didukung dengan adanya LED flash. Ketika anda melakukan video call hasil yang didapat juga cukup cerah untuk menampilkan potret diri anda. Jadi ketika anda mencoba membidik objek dengan caharya yang redup, harus pasrah menerima hasil yang redup pula tanpa bisa dibantu pencahayaan dari kamera pembidik. Nampaknya ini menjadi salah satu kekurangan Lenovo A319 yang lumayan fatal. Mengingat saat ini kebutuhan akan fotografi menuntut teknologi yang tinggi, sekalipun hanya digunakan untuk koleksi pribadi.

spesifikasi hp lenovo a319

Konektivitas Internet Kecepatan Tinggi

Sekarang kita beralih pada sektor konektivitas yang terdapat pada spesifikasi Lenovo A319. Anda juga dapat mengaktifkan dua SIM card sekaligus yang berjalan pada jalur GSM. Walaupun belum bisa menangkap sinyal 4G, namun anda sudah bisa memanfaatkan koneksi yang cukup cepat dengan 3G network pada Lenovo A319 ini. Jaringan 3G yang mendukung perangkat ini berjalan pada HSPA 5.76 Mbps. Selain itu anda juga dapat teknologi HSDPA yang dapat melaju dengan kecepatan tinggi pada keceptan 21 Mbps. Mendownload lagu atau file – file lain dengan memanfaatkan hotspot rasanya juga bukan masalah. Selain itu untuk transfer antar data anda dapat menggunakan Bluetooth v4.0 dan konektor USB berbentuk Micro USB v2.0. spesifikasi Lenovo A319 juga terdapat fitur WiFi hotspot untuk mengubah perangkat ponsel menjadi router. Navigasi GPS juga bisa dijalankan dengan A-GPS.

Baterai Terhitung Boros

Untuk sumber daya, spesifikasi Lenovo A319 mengandalkan baterai Li-Ion berkapasitas 1500 mAh. Dalam keadaan menerima atau melakukan panggilan keluar dengan jaringan 3G, kapasitas tersebut mampu bertahan hingga 3 jam 30 menit. Terhitung boros kan. Selain itu jika Lenovo mengklaim Lenovo A319 kali ini berkonsep musik, kapasitas daya tersebut memang sangat memungkinkan untuk pemutaran musik. Namun kapasitas baterai yang hanya 1500 mAh tentunya akan cepat habis. Begawei sarankan, belilah baterai cadangan yang bisa anda andalkan untuk mengganti baterai yang mulai menipis dayanya. Karena jenis baterai yang disematkan pada spesifikasi Lenovo A319 ini bukanlah baterai non-removable, maka sangat memungkinkan mengganti baterai yang dayanya sudah tipis dengan baterai standby yang masih penuh. Atau anda dapat memanfaatkan jasa power bank untuk me-recharge sewaktu – waktu.  Atau anda dapat mencoba solusi lainnya yaitu dengan cara membeli sebuah powerbank dengan kapasitas tinggi untuk mengisi daya Lenovo A319 ketika tidak ada sumber daya yang tersedia.

Lenovo A319

Jaringan
2G NetworkGSM 900 / 1800 / 1900 – SIM 1 & SIM 2
3G NetworkHSDPA 900 / 2100
SIMDual SIM (Mini-SIM, dual stand-by)
Pengumuman2014, October
StatusAvailable. Released 2014, October
Bodi
Dimensi123.5 x 63.8 x 10.2 mm (4.86 x 2.51 x 0.40 in)
Berat130 g (4.59 oz)
Layar
TipeTFT capacitive touchscreen
Ukuran480 x 800 pixels, 4.0 inches (~233 ppi pixel density)
MultitouchYes
Suara
Alert typesVibration; MP3, WAV ringtones
LoudspeakerYes
3.5mm jackYes
– Dolby Digital Plus sound enhancement
Memori
Card slotmicroSD, up to 32 GB
Internal4 GB, 512 MB RAM
Konektivitas
GPRSYes
EDGEYes
KecepatanHSPA 21.1/5.76 Mbps
WLANWi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi hotspot
Bluetoothv4.0, LE
USBmicroUSB v2.0
Kamera
Kamera Belakang5 MP, 2592 х 1944 pixels
VideoYes
Kamera Depan2 MP
Fitur
OSAndroid OS, v4.4.2 (KitKat)
ChipsetMediatek MT6572
CPUDual-core 1.3 GHz
SensorAccelerometer, proximity
PesanSMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
BrowserHTML
RadioFM radio
GPSYes, with A-GPS
JavaYes, via Java MIDP emulator
WarnaWhite, Black, Red
Baterai
Li-Ion 1500 mAh battery

Harga Lenovo A319

Kita sudah melihat spesifikasi lengkap Lenovo A319 dari berbagai sektor. Antara lain bentuk fisiknya, dapur pacu, kapasitas memori, kamera, hingga kapasitas baterainya. Namun semua itu belum lengkap tanpa kita mengetahui harga Lenovo A319 terbaru. Dengan dimensi 123.5 mm x 63.8 mm x 10.2 mm dan berat 130 gram, Lenovo A319 tergolong mempunyai ukuran yang standar, namun tetap mantap digenggam. Layar 4 inci beresolusi 480 x 800 pixels yang dimilikinya didukung teknologi TFT yang notabene merupakan layar yang memakan banyak daya. Selain itu, teknologi layar sentuh tersebut belum dilengkapi pelindung anti gores, sehingga harus menggunakan screen guard yang bisa didapatkan secara terpisah. Karena mengusung konsep musik, Gadget ini dipersenjatai dengan Dolby Digital Plus. Teknologi suara pada Lenovo A319 ini membuat acara mendengarkan musik menjadi lebih asyik, karena audio akan terdengar lebih jernih dan nyaman di telinga. Dari segi dapur pacunya, rupanya kita harus puas dengan dapur pacu berperforma rendah. Prosessor Dual-core 1.3 GHz yang dimiliki tergolong berspesifikasi rendah, sehingga tenaga yang dihasilkan juga belum begitu prima. Mungkin prosessornya yang rendah tersebut disesuaikan dengan harga Lenovo A319 terbaru yang cukup murah. Dari lini kapasitas memori sudah cukup mumpuni, yakni memori utama 4 GB. Kapasitas itu akan bisa diperbesar dengan memori tambahan yang bis aditambah hingga 32 GB. Sementara itu, Lenovo A319 juga dimodali dengan duo kamera. Kamera utamnya berukuran 5 MP dengan resolusi 2592 x 1944. Sementara kamera tambahannya berukuran 2 MP. Namun sayang, kita belum bisa menemui LED flash pada smartphone berkonsep musik ini. Pada jalur konektivitas, Lenovo A319 mengandalkan 3gG network dengan bantuan sistem operasi Android Kitkat. Untuk urusan daya, gadget ini dimodali dengan baterai Li-ion berkapasitas 1500 mAh. Kapasitas tersebut tergolong kecil. Untuk talk time dalam jaringan 3G, kapasitas itu hanya bertahan selama 3 jam 30 menit. Maka anda harus sabar membawa baterai cadangan ataupun power bank. Menurut Begawei, Lenovo cukup berani meluncurkan android berkonsep musik. Namun pada kenyataannya ternyata banyak lini yang membuat performa smartphone ini menjadi tidak begitu bagus. Bagaimana pendapat kawan Begawei? Lalu untuk spesifikasi seperti itu, berapa kisaran harga Lenovo A319 yang ditawarkan oleh Lenovo di Indonesia?

harga lenovo a319

Apabila dengan melihat jeroan lini yang ditanamkan pada perangkat ini sebenarnya bisa dibilang tidak terlalu memuaskan. Dari spesifikasi yang sudah kita bahas tadi, ternyata Lenovo menempatkan harga Lenovo A319 terbaru pada kisaran harga Rp. 1,2 juta. Tentu kisaran sebuah harga yang termasuk dalam low end bukan? Harga Lenovo A319 yang murah ini memang menyesuaikan performanya yang terbilang masih jauh yang diharapkan. Terlebih lagi pada dapur pacunya termasuk mengecewakan dengan processor tipe Dual Core yang berpadu dengan RAM 512 MB dapur pacu sehingga kinerjanya kurang maksimal. Belum apabila kita menilik sektor baterainya yang memiliki kapasitas yang rendah sehingga anda harus bolak-balik mengisi charger jika tidak menyiapkan baterai cadangan atau powerbank. Tetapi Begawei sekarang akan lebih dulu menanyakan, menurut anda apakah harga tersebut sebanding dengan spesifikasi dan dapur pacu yang ditawarkan? Apakah harga Lenovo A319 terbaru tersebut cocok untuk smartphone berkonsep musik?

harga lenovo a319 terbaru

Jika kawan Begawei mengintai smartphone dengan konsep musik, Lenovo A319 bisa menjadi pilihan. Untuk mengetahui harga Lenovo A319 secara resminya, outlet – outlet resmi Lenovo pasti lebih bisa memastikan. Kalaupun anda akan coba mencari di counter handphone, pastikan anda mendapat harga yang perbedaannya tidak terlalu jauh dari harga resminya. Kisaran harga yang Begawei sampaikan sangat mungkin untuk berbeda dengan harga Lenovo A319 yang berlaku di pasaran karena terdapat beberapa kondisi yang mempengaruhinya. Ponsel pintar buatan Lenovo memang sangat cocok bagi anda penggemar musik karena memang disediakan fitur yang maksimal pada sektor audionya. Tetapi memang konsekusensi bandrol harga yang terjangkau menjadikan spesifikasi pada Lenovo A319 menjadi begitu apa adanya dan termasuk kurang memuaskan. Handset ini akan cocok bagi anda yang memiliki budget yang terbatas namun menginginkan smartphone dengan kualitas  audio terbaik yang dapat menjadi teman setia bagi anda yang hobi mendengarkan musik. Uraian kisaran harga tadi menjadi akhir dari ulasan spesifikasi dan harga Lenovo A319 ini. Pada kesempatan yang lain, Begawei akan memberikan juga ulasan tentang gadget terbaru lainnya spesial untuk anda. Tetap bersama halaman kami. Baca juga Xiaomi Redmi Note 4G dan Microsoft Lumia 535 Dual SIM.

  • aray supadli

    mas harga hanfond lenovo brapa yg a319

    • No Name

      seratus ribu rupiah.

  • NALANG

    BOS SAYA PUNYA LENOVO A319 SIM 1,NYA TIDAK BISA AKSES K INTERNET SAMBUNGAN DATANYA HILANG

    • Anonymous

      cara perbaiki nya bawa ke konter hp
      gitu aja gk bisa

  • Sayang sekali, RAM kecill

    • aldy

      iyaa

  • Rohmatun Nissa

    mantap niih

Top