Jumlah Pengguna Facebook Menurun, Tumblr Naik?

Jumlah pengguna Facebook menurun – Facebook sebagai jejaring sosial terbesar di dunia baru-baru ini mengalami fenomena yang kurang menyenangkan. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya dimana Facebook selalu menghiasi media dengan perkembangannya yang spektakuler hingga akhirnya menjadi jejaring sosial terbesar di dunia namun pada saat ini jumlah peningkatan pengguna internet yang aktif membuat akun baru telah tergeser oleh Tumblr! Bahkan dalam enam bulan terakhir basis pengguna aktif pertumbuhan Facebook hanya dua persen saja yang jika dilihat tentu akan sangat menjulang sekali jika dibandingkan dengan Tumblr yang penggunanya mengalami peningkatan sebesar 120%! Dahsyat bukan?

jumlah pengguna facebook menurun

Melansir Techcrunch, Kamis (27/11/2014) pengguna aktif Facebook di seluruh dunia yang sudah mencapai 1,35 Miliar dan terus bertambah setiap harinya serta mencatatkan Facebook sebagai jejaring sosial dengan tingkat profit terbesar. Tetapi Global Web Index mengeluarkan sebuah rilis yang menyatakan apabila Facebook tidak mengalami pertumbuhan pengguna baru karena mereka telah beralih ke media sosial yang lain. Mana saja kah jejaring sosial mana sajakah yang berkembang akibat imbas menurunnya pengguna Facebook?

Pinterest salah satunya, jejaring sosial yang terhitung masih baru ini sudah berhasil memimpin pertumbuhan mencapai 57% lebih pengguna aktif yang membuat akun baru Pinterest. Tidak mau kalah dengan Pinterst, jejaring sosial lain seperti Linkedin, Twitter, Youtube, Instagram dan Google+ juga mencatatkan pertumbuhan yang signifikan.

Penurunan Facebook juga dialami pada aplikasi mobile yang sekarang menjadi urutan kedua dibelakang Snapchat yang mengalami peningkatan mencapai 56% dimana para penggunanya berasal dari kalangan remaja tanggung usia 20 tahun.

“Facebook memiliki beberapa tantangan utama dalam industri dinamis yang selalu berubah setiap saat ini,”kata Jason Mander selaku kepala tren dan penulis laporan Global Web Index.

Jason menjelaskan kepada awak media bahwa ada beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan pengguna Facebook di berbagai negara. Salah satunya adalah pelarangan akses Facebook yang menjadi kebijakan kantor-kantor menyebabkan pengguna aktifnya berpindah ke jejaring sosial yang lain. Sementara mengacu pada hasil penelitian yang dilakukan di Inggris dan AS tercatat sebanyak 50 persen pengguna menyatakan bahwa mereka mengalami kebosanan dalam menggunakan Facebook.

Meskipun demikian posisi penggunaan Facebook secara global masih yang terbanyak kok. Dari total pengguna internet yang mencapai 3 miliar orang saja Facebook memiliki pengguna sebanyak 1,35 miliar. Fakta ini masih menunjukkan kedigdayaan Facebook sebagai jejaring sosial terbesar namun apakah Facebook dapat mempertahankan statusnya di hari esok?. Baca juga Telkom realisasikan 4G dan Android One Evercoss beredar Januari 2015.

Top