Hati-hati Malware Wirelurker Mengintai iPhone Anda

Hati-hati Malware Wirelurker Mengintai iPhone Anda – Keyakinan bahwa iPhone dengan sistem operasi IOSnya merupakan smartphone dan sistem operasi teraman didunia sepertinya telah terpatahkan. Laporan dari Palo Alto Networks yang merupakan perusahaan keamanan teknologi komunikasi menemukan indikasi bahwa malware yang berbahaya telah menginfeksi dan menjadi ancaman yang serius bagi pengguna iPhone ini.

malware iphone mengancam

Pihak Palo Alto Networks menemukan bahwa malware yang disebut sebagai WireLuker awalnya diperkirakan tercipta dan mulai menyebar di China sekitar enam bulan yang lalu. Awalnya malware ini hanya menyerang perangkat komputer Apple yaitu Mac dengan menyelubungkan diri melalui Trojan dan kemudian menginfeksi iPhone yang terhubung dengan perangkat Mac melalui media perantara USB. Kemudian dari China tersebut Wirelurker telah menyebar dan menginfeksi setidaknya ratusan ribu pengguna iPhone di luar negara China dan nampaknya akan berdampak lebih luas.

Sebelumnya selama ini malware biasa hanyalah menginfeksi perangkat iPhone yang telah terjail break saja. Namun Wirelurker ini mempunyai dampak yang lebih berbahaya, yang diperkirakan malware ini dapat menyerang pengguna yang tertutup atau pengguna yang tidak mengotak-atik iPhonenya.

“Ini termasuk yang terbesar yang pernah kami lihat ”, tulis pihak perusahaan keamaanan Palo Alto Networks yang menemukan ancaman berbahaya ini.

“Mereka tampaknya masih menyiapkan diri untuk melakukan serangan”, tambah Ryan Olson (Direktur Intelligence Palo Alto Networks) yang dikutip dari detikINET serta Apple Insider, Kamis (6/11/2014).

Olson mengatakan bahwa tak seperti malware lainnya yang dapat menembus celah keamanan iPhone yang sudah di Jail Break saja. Malware WireLurker ini mampu menginfeksi ke perangkat iPhone non JailBreak lainnya dengan perantara Mac.

Sejauh ini diperkirakan WireLurker yang menyerang iPhone ter-JailBreak hanya untuk segmen corporate saja.

Hasil yang ditimbulkan oleh malware ini dapat menerobos data sensitif seperti kontak, membaca iMessage dan mengakses pin remote server untuk memberikan perintah dan mengubah kontrol operasi.

Dengan ditemukannya ancaman tersebut, pengguna brand Apple khususnya Mac dan iPhone diharapkan untuk tidak menginstal App Store pihak ketiga yang tidak resmi. Karena diketahui App Store pihak ketiga yang tidak resmi merupakan sarang malware berbahaya tentunya termasuk WireLurker. Baca Juga WhatsApp dijejali Fitur Read Lebih Canggih Daripada BBM dan Nokia Siapkan Smartphone Khusus Android.

Top