Cara Meningkatkan Sinyal Android yang Anti Mainstream

Cara meningkatkan sinyal Android – Saat ini ponsel Android semakin berkembang dengan mempunyai banyak pengguna setia bahkan mencapai lebih dari semiliar pengguna sejak pertama kali diluncurkan tentunya akan terus bertambah lagi seiring dengan pembaharuan sistem operasi yang dilakukan oleh Android. Bahkan belum lama ini telah diluncurkan Android Lollipop yang merupakan sistem operasi terbaru dari Android. User interface yang menarik dan kenyamanan serta kemudahan dalam penggunaan OS yang sangat simple serta performa yang mantap dari sistem operasi ini menjadikan mayoritas pengguna smartphone berpaling ke Android. Sistem ini bahkan telah digunakan dan dijadikan sebagai sistem operasi standar yang bersaing dengan OS buatan Apple, Windows Phone, dan OS dari Blackberry. Nah seiring banyaknya pengguna yang lebih memilih Android dengan banyak keistimewaannya serta banyaknya vendor-vendor yang menciptakan perangkat android yang berbeda –beda kualitas tentunya pengguna akan menemukan banyak kendala ataupun masalah pada saat pemakaian perangkat android ini. Pada sesi kali ini Begawei akan membagikan tutorial-tutorial sederhana dan mudah dilakukan yaitu cara meningkatkan sinyal Android. Diharapkan pemaparan Begawei tentang cara meningkatkan sinyal Android dapat berguna bagi kawan-kawan agar penggunaan Android lebih optimal.

cara meningkatkan sinyal android

Cara Meningkatkan  Sinyal Android

Sebelum kita berpindah ke tips cara meningkatkan sinyal android patut kita analisa apa saja sih yang menyebabkan perangkat android kita mengalami banyak masalah. Dalam hal ini tentunya menyangkut sistem penerimaan sinyal yang kadang kurang baik pada sebagian perangkat android yang ada. Pada kesempatan kali ini Begawei akan memberikan tips dan cara meningkatkan sinyal android untuk membuat sistem penerimaan sinyal ponsel pintar Android kamu agar berjalan lebih baik. Penasaran dengan caranya? Yuk kita mulai cara meningkatkan penerimaan sinyal perangkat android anda, berikut caranya :

  1. Uji Coba Komunikasi

Cara meningkatkan sinyal android yang pertama adalah mencoba komunikasi baik itu komunikasi suara atau telefon maupun transfer data lainnya ( SMS ataupun Internet ). Pada cara yang pertama ini pengguna haruslah mencoba berkomunikasi denggan perangkat lainnya. Untuk daerah perkotaan tentunya akan menghasilkan kualitas komunikasi yang lebih baik daripada didaerah pelosok sehingga anda tidak perlu mencoba ke tahap berikutnya. Namun untuk menguatkan informasi tentang android ada dapat menyimak ke tahap berikutnya.

cara meningkatkan sinyal

  1. Analisa Perangkat dan Provider

Cara  yang kedua adalah memerhatikan perangkat dn provier. Apabila anda didaerah pelosok maka anda haruslah menganalisa perangkat dan provider yang anda gunakan. Yang pertama analisa vendor dan juga hardware yang dipakai diperangkat anda. Nah umumnya untuk vendor yang bermasalah adalah vendor yang berasal dari china. Bukannya menjelek-jelekan kualitas ponsel china tapi memang beberapa smartphone buatan china mempunyai hardware modem dengan kualitas penerimaan sinyal yang tergolong buruk. Lalu pada penggunaan provider kadang provider didaerah mempunyai frekuensi yang rendah. Sehingga untuk pemecahan masalahnya anda dapat menggunakan provider lain dengan frekuensi yang tepat agar perangkat android anda dapat menerima sinyal dengan baik. Bagaimana cukup tahu kan sekarang tentang beberapa cara meningkatkan sinyal android kamu? Yuk sekarang kita beralih ke cara selanjutnya.

  1. Set Mode yang tepat

Cara meningkatkan sinyal android yang ketiga adalah menyeting mode jaringan yang tepat. Anda dapat mengubah pilihan dengan masuk kedalam menu setting-jaringan ataupun masuk ke dialer lalu menekan *#*#4636#*#* lalu masuk kemenu phone informastion-networking. Selanjutnya dapat dilakukan dengan menetapkan pilihan yang tepat sesuai dengan ketersediaan sinya provider didaerah anda masing-masing. Umumnya perangkat android diberikan pilihan jaringan yaitu GSM saja, WCDMA/HSDPA saja, GSM dan WCDMA/HSDPA yang lebih diutamakan dan Hanya LTE saja. Tentunya dengan mengatur pilihan jaringan yang tepat perangkat anda dapat lebih mudah mencari sinyal dan bahkan akan menghemat penggunaan baterai. Cukup mudah kan cara meningkatkan sinyal android yang ketiga ini? Lalu bagaimanakah cara yang keempat?

  1. Perbaikan Software atau Hardware

Cara meningkatkan sinyal android keempat adalah perbaikan software atau hardware. Jika penggantian provider tidak menyelesaikan masalah dalam penerimaan sinyal maka anda harus memperbaiki sistem atau hardware perangkat android yang digunakan. Nah untuk perangkat android asal china atau buatan diluar china anda  dapat mencoba mengganti firmware atau baseband modem sesuai dengan perangkat anda. Cara meningkatkan sinyal android ini dapat dilakukan dengan cara membaca forum teknologi yang terkenal baik itu XDA-Developer maupun  Kaskus dan forum lainnya. Umumnya cara yang digunakan adalah flasing menggunakan perangkat tambahan. Namun anda dapat mencoba langsung pada perangkat anda dengan cara menginstal CWM atau sejenisnya untuk mencoba firmware atau baseband modem dengan penerimaan sinyal yang lebih baik ataupun mencoba Custom Rom perangkat yang lainnya. Namun tentunya dengan cara ini anda haruslah terlebih dahulu me-root perangkat anda. Tentunya dengan cara tersebut sebagian vendor akan mengakibatkan hilangnya garansi resmi yang masih berlaku. Apabila anda tidak yakin dengan cara ini anda dapat membawa perangkat anda ke service center resmi vendor masing-masing demi mengetahui masalah dan perbaikan masalah yang ada. Dengan cara ini terkadang beberapa vendor membutuhkan waktu dan biaya yang lebih untuk memperbaiki perangkat anda. Nah apabila anda tidak menginginkan cara ini anda dapat mencoba ke cara meningkatkan sinyal android selanjutnya.

cara meningkatkan sinyal hp android

  1. Pasang Stiker Penerimaan Sinyal

Cara selanjutnya adalah memasang stiker. Memang dengan cara meningkatkan sinyal android ini akan sedikit membantu. Anda dapat menggunakan stiker yang dijual dioutlet handphone atau online shop bahkan anda dapat membuat sendiri. Dengan sistem menempelkan material logam yang tipis pada bagian belakang perangkat tepatnya berada pada baterai dengan media penempelan yang ramah lingkungan akan membantu perangkat android anda menerima sinyal lebih baik.

  1. Instal Aplikasi Manajemen Sinyal

Cara meningkatkan sinyal android yang terakhir adalah dengan cara menginstal aplikasi manajemen sinyal yang tersedia distore resmi android. Macam aplikasi tersebut adalah Open Signal Maps, Network Signal Strenght, Signal Booster dan lain-lain. Dengan cara itu aplikasi akan otomatis memanajemen penerimaan sinyal agar lebih baik.

Nah itulah beberapa tips dan trik cara meningkatkan sinyal android dari Begawei yang dapat anda coba. Begawei rasa tips dan trik tersebut merupakan cara terbaik dalam meningkatkan sinyal android anda. Apabila anda ingin mempraktekan tips dan trik Begawei ini anda harus cermat dan berhati-hati. Tentunya beberapa tips tersebut tergolong mudah untuk pengguna baru. Namun apabila anda kurang yakin anda dapat meminta bantuan teman anda yang lebih mengetahui android lebih dalam ataupun dapat menyerahkan ke teknisi yang anda percayai. Mungkin dengan cara yang Begawei sampaikan tersebut akan menambah beberapa bar sinyal perangkat anda. Itulah informasi efektif mengenai cara meningkatkan sinyal android. Baca juga Cara Menghemat Baterai Android dan Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android.

Top