Cara Meningkatkan Performa Android agar Maksimal

Cara Meningkatkan Performa Android –  Sistem operasi Android, memang sudah berkali –  kali ganti generasi. Sebut saja Android Cupcake, Donut, Eclair, Gingerbread, Jelly Bean hingga yang terbaru Android Lollipop.  Saat ini pun Android masih juga eksis di pasaran gadget. Bisa dibilang, sampai hampir menemui ujung tahun 2014 pun, para penggila gadget belum menemukan titik jenuh untuk menggunakan sistem operasi besutan Google ini. Mungkin kawan Begawei adalah salah satunya yang masih juga setia menjalankan gadgetnya pada lini Android.  Namun walaupun digandrungi banyak orang, Android tetap saja bukanlah sistem operasi yang tidak bercelah. Harus ada hal – hal khusus untuk menjaga performanya. Lalu bagaimana cara meningkatkan performa android yang bisa kita lakukan? Nah pada sesi ini, Begawei akan memberikan detail tentang cara meningkatkan performa android untuk kawan Begawei. Jadi tetap stay di ulasan Begawei kali ini ya untuk mengetahui tips dan triknya.

cara meningkatkan performa android

Meningkatkan Performa Android

Sebelum kita beralih ke cara meningkatkan performa android pastinya kawan-kawan yang menggandrungi Android pasti sudah merasakan juga perangkatnya mengalami penurunan performa. Android yang memiliki sistem open source memang menyediakan banyak fitur menarik yang dihadirkan melalui berbagai aplikasi. Tapi yang perlu anda ketahui, banyaknya aplikasi tersebut di sisi lain juga menjadi penyebab performa Android menjadi menurun. Kadang para pengguna Android pun belum terlalu paham mengenai hal itu. Setiap membuka aplikasi pada Android, akan menghasilkan cache. Data cache itulah yang akan terus bertambah dan menumpuk. Hasilnya? Performa Android akan menurun. Sama halnya dengan otak manusia. Jika terlalu banyak beban pikiran, akan tumbang juga kan.  Untuk memperbaiki atau meningkatkan performa Android, berikut cara meningkatkan performa android yang bisa kawan Begawei lakukan:

  1. Hapus Aplikasi yang Tidak Penting

Cara meningkatkan performa android yang pertama adalah berhubungan dengan hapus menghapus. Sebelumnya coba sekarang anda lihat smartphone Android anda. Ada berapa banyak aplikasi yang terinstall di dalamnya? Lalu mulailah memilih aplikasi mana saja yang sering anda gunakan dan mana yang tidak. Pastikan juga aplikasi bawaan dan aplikasi yang anda download di Google Play store bukan merupakan aplikasi yang sebenarnya punya fungsi yang sama. Terlalu banyak aplikasi akan memakan ruang juga sehingga kapasitas memori terus berkurang. Hal itu pasti membuat “otak” si Android menjadi lemah sehingga kinerjanya pun jauh dari kata prima. Selain memakan tempat, aplikasi yang terinstall juga akan memakan daya battery. Begawei sarankan juga untuk tidak mengaktifkan aplikasi antivirus dan battery optimizer secara berlebihan. Daripada memilih aplikasi seperti itu, lebih baik memilih aplikasi task manajer untuk Android anda. Selain itu, kawan Begawei juga bisa memangkas aplikasi bawaan Android yang memang dirasa tidak pernah anda gunakan. Cara meningkatkan performa android dengan menghapus aplikasi ini akan membuat ruang penyimpanan lebih lega, sehingga meningkatkan kinerja Android.

meningkatkan performa android

  1. Lakukan Factory Reset Berkala

Setiap hal mempunyai usia pakai. Begitu juga dengan cara meningkatkan performa android kali ini karena akan berhubungan dengan factory reset Android. Secara berkala, lakukanlah Factory reset pada sistem Android yang anda miliki. Begawei menyarankan untuk melakukan Factory Reset paling tidak tiga atau empat bulan sekali. Jalan ini akan membantu anda menghilangkan cache yang menumpuk pada Android kesayangan. Selain itu, Factory Reset akan membantu mengembalikan lagi performa Android anda. Catatan penting, lakukan backup data – data, pesan, kontak, serta aplikasi sebelum melakukan Factory Reset. Bagaimana? Apa kawan Begawei sudah pernah melakukan cara meningkatkan performa android dengan Factory Reset ini selama menggunakan Android?

  1. Lakukan Update Software

Kinerja Android yang kurang josss bisa diakibatkan banyak faktor. Termasuk software yang digunakan. Bisa jadi, software yang anda gunakan masih merupakan software versi lama yang belum mempunyai update dari sisi kinerja. Kalau begitu yang terjadi, jelas saja performa Android anda tidak maksimal. Jadi, cara meningkatkan performa android kali ini dengan melakukan update software.

  1. Mengatur Penggunaan Data Latar Belakang

Aplikasi apa saja yang tertera pada background Android anda? Biasanya, yang akan tertera disana adalah Gmail, Facebook, Twitter atau BBM. Kawan Begawei yang hobi memajang banyak aplikasi pada background layar Androidnya, sebaiknya mulailah dikurangi. Aplikasi yang muncul terlalu banyak di background layar akan memakan ruang RAM karena akan bekerja setiap saat. Selain itu, juga akan menghabiskan daya baterai. Mengurangi jumlah aplikasi yang “nampang” pada background adalah cara meningkatkan performa android yang tepat, karena hal ini sama saja membantu Android anda untuk memiliki ruang yang lebih banyak. Operasional pun menjadi lebih baik.

  1. Simpan Instalasi Aplikasi atau Game di SD Card

Sebaiknya kita memang memakai jasa SD card untuk menyimpan instalasi aplikasi atau game pada Android. Hal ini mungkin akan menjadi salah satucara meningkatkan performa android yang ampuh. Menyimpan instalasi aplikasi atau game pada SD card (memori eksternal), akan membuat RAM atau memori internal mempunyai ruang lebih untuk “bernafas”. Secara otomatis akan memaksimalkan kinerjanya juga.

cara meningkatkan performa android yang tepat

Nah bagaimana kawan-kawan cara meningkatkan performa android yang Begawei sampaikan diatas? Sangat menarik bukan untuk disimak. Kelima hal tadi adalah tips ala Begawei yang akan membantu anda meningkatkan performa smartphone Android. Smart gadgetnya, harus smart juga ya penggunanya. Karena secanggih apapun teknologi yang anda pakai, jika kurang tepat penggunaannya, pasti ujung – ujungnya tidak akan maksimal juga hasilnya. Tips dan trik mengenai cara meningkatkan performa android yang Begawei paparkan diatas ini telah disortir menjadi yang paling simpel dan mudah untuk anda gunakan. Tetapi tentu kawan-kawan yang ingin mempraktekkan trik yang Begawei berikan namun tidak terlalu mengerti sistem operasi Android ada baiknya untuk mengajak teman yang memahami seluk beluk Android supaya tidak terjadi kesalahan. Semoga tips cara meningkatkan performa Android dapat berguna bagi kawan-kawan semua.  Mau tau tips – tips menarik lainnya ala Begawei? Tetap di halaman kami ya… Baca juga Aplikasi Edit Foto Terbaik di Android dan Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang.

  • ryan

    Ga usa factory reset, cukup wipe cache data aja di factoryboot

  • Defree Hyutama

    Cara factory reset gimana?

Top