Cara Mempercepat Kinerja Android, Tinggalkan Kata “Lemot”

Cara Mempercepat Kinerja Android – Sejak awal kemunculannya, Android menjadi sistem operasi yang menyedot minat banyak orang. Karena berbagai keistimewaannya, saat ini penggunanya menjadi menjamur di seluruh dunia. Berbagai fitur unggulan dan kinerja yang cerdas memang menjadi keunggulan pada sistem operasi ini. Google pun terus memperbaiki kinerjanya dengan terus memperbaharui seri OS ini. Baru – baru ini yang sedang menjadi primadona adalah Android v.4.4 KitKat. Bahkan sudah disusul lagi dengan yang tercanggih, yakni Android Lollipop. Namun secerdas apapun OS yang digunakan, pada dasarnya kualitas perangkatnya sendiri cukup mempengaruhi. Berbeda vendor, tentu akan berbeda pula kualitas produk Androidnya. Jika OS Android yang digunakan tidak didukung dengan komponen pembangun yang mumpuni, maka lagi – lagi kita akan berhadapan dengan masalah sejuta umat untuk urusan gadget :  lemot. Belum lagi ketidaktahuan kita dalam operasoinal Android, yang sebenarnya justru membuat piranti tersebut menjadi lemot. Wah…jangan – jangan cara kita memperlakukan gadget Android kita memang belum benar. Jangan takut kawan Begawei. Kekhawatiran anda akan segera terjawab dengan cara mempercepat kinerja android dari Begawei kali ini. Dengan cara mempercepat kinerja android yang Begawei share kali ini, dipastikan ponsel pintar Android anda tidak akan selambat siput.

cara mempercepat kinerja android

Cara Mempercepat Kinerja Android

Sebelum melihat cara mempercepat kinerja android pasti kita harus mengetahui dulu penyebab masalah yang terjadi. Lemot atau kinerja yang lambat, sebenarnya terjadi karena banyak faktor. Yang sering ditemukan diantaranya aktivasi aplikasi yang terlalu banyak dalam waktu yang bersamaan. Penggunaan widget atau tombol pengaturan cepat juga ternyata memperlambat kinerja android. Namun ada beberapa cara yang bisa anda lakukan, sehingga Android anda terhindar dari kerja yang lambat. Berikut cara mempercepat kinerja Android ala Begawei:

  1. Uninstall aplikasi yang sudah tidak terpakai

Cara mempercepat kinerja android adalah dengan menghapus aplikasi yang sudah tidak terpakai. Sekarang coba cek perangkat Android anda. Ada berapa banyak aplikasi di dalamnya? Untuk gaming? Chating? Editing foto? Dari sekian banyak aplikasi, pasti ada aplikasi – aplikasi yang sangat sering digunakan, ada juga yang sekedar jadi hiasan. Sebenarnya aplikai – aplikasi yang tidak begitu anda perlukan justru membebani kinerja perangkat Android anda. Ingatlah bahwa secanggih apapun sistem operasi yang anda gunakan, perangkat Android memiliki kapasitas memori yang tetap ada batasannya. Jangan sampai aplikasi – aplikasi yang sebenarnya tidak terpakai justru menjadi beban untuk gadget anda. Anda cukup masuk ke menu “My apps” pada Google Play Store di perangkat Android. Setelah itu Klik Aplikasi Android yang akan dihapus. Pilih “Uninstall”, dan akan memunculkan pesan “Do you want to uninstall this app?”. Setelah itu pilih “OK”. Cukup mudah bukan? Untuk aplikasi bawaan Android memang tidak dapat dihapus, namun dapat disiasati dengan cara menonaktifkannya melalui menu disable.

cara mempercepat android

  1. Andalkan Aplikasi Clean Master

Jika dengan uninstall aplikasi belum cukup menolong kinerja Android anda yang lemot, anda bisa memakai jasa pembersih data sampah yang handal seperti aplikasi Clean Master. Mengapa disebut aplikasi sampah? Kawan Begawei, mungkin anda adalah salah satu yang berpikir bahwa uninstall aplikasi adalah jalan satu – satunya cara mempercepat kinerja android anda. Tunggu dulu. Perlu diketahui bahwa saat proses uninstall dilakukan, data cache yang ada pada aplikasi tersebut tidak otomatis terhapus. Itulah yang disebut sebagai data sampah. Maka sama saja, walaupun diuninstall akan tetap membebani memori pada perangkat Android. Disinilah peran penting Clean Master. Aplikasi ini bisa membersihkan chache di aplikasi yang masih ter-install maupun file sampah yang memenuhi memori. Kita harus menggunakan aplikasi tersebut karena file sampah itu tidak akan terlihat di menu “My Files”. Aplikasi ini bisa anda download langsung dari Google Play Store. Jika sudah diaktifkan, ketika dibuka kita akan disuguhi tampilan yang cantik dengan empat pilihan proses pembersihan di sana. Empat proses itu yakni History, Privacy, Memory Boost dan App Manager. Empat opsi tersebut, siap membantu anda membabat habis file – file sampah yang membebani kinerja Android. Tinggal disesuaikan kebutuhan saja. Aplikasi ini ternyata juga menjadi reminder yang handal. Jika junk files yang ada di smartphone sudah banyak, ada peringatan dari aplikasi Clean Master untuk segera membersihkannya. Dengan jasa Aplikasi ini, memori akan terasa menjadi cukup lega. Selain melonggarkan memori, aplikasi ini juga mempunyai banyak fitur menguntungkan. Salah satunya adalah Fitur Task Killer. Task atau proses yang berjalan pada background tidak hanya dapat memakan system RAM, tapi juga dapat menghabiskan baterai. Fitur Task Killer pada Clean Master mampu menghentikan task/proses yang tidak diinginkan untuk menambah ruang RAM sehingga kinerja smartphone bisa lebih optimal. Bagaimana cukup efektifkan cara mempercepat kinerja android menggunakan Clean Master ini?

cara mempercepat kinerja hp android

  1. Batasi Penggunaan Widget

Widget memang memudahkan pengguna untuk bernavigasi menuju aplikasi. Namun cara mempercepat kinerja android kali berhubungan dengan widget. Biasanya dengan adanya widget, kita akan mendapatkan informasi dan pemberitahuan tanpa harus membuka aplikasi. Praktis bukan? Tapi sebaiknya batasi penggunaan widget. Terlalu banyak widget, akan menguras baterai dan menjadikan kinerja android melambat. Apalagi bila widget yang anda gunakan menyuguhkan informasi yang terus update tiap saat. Misalnya pemberitahuaan update social media. Kinerja ini akan membuat tambahan proses yang akan menyedot memori, yang ujung – ujungnya berimbas terhadap  melambatnya kinerja ponsel Android. Alangkah baiknya anda melihat update aplikasi (misalnya aplikasi sosial media) hanya pada saat anda login saja. Tidak perlu mengaktifkan widget. Caranya cukup, dengan menyentuh widget agak lama lalu menariknya ke atas.

Nah itulah beberapa cara mempercepat kinerja android yang dapat kawan Begawei coba untuk menggunakannya dalam mempercepat kinerja Android. Cukup sederhana bukan cara mengatasi Android yang lemot ala Begawei? Tetapi anda jangan salah karena dengan cara mempercepat kinerja android sederhana tersebut akan dapat mempercepat kinerja Android anda agar menjadi maksimal. Ketika anda ingin mempraktekkan tips dari Begawei ini pastikan anda melakukannya sesuai dengan petunjuk yang Begawei berikan supaya hasil yang didapat bisa maksimal. Apabila anda merasa ragu-ragu anda dapat meminta bantuan kawan yang lebih mengetahui dan mahir  dalam menggunakan Android. Semoga cara yang Begawei sampaikan dapat bermanfaat. Itulah informasi Cara mempercepat kinerja android.  Baca juga Cara Menghemat Baterai Android dan 5 Aplikasi Edit Foto Terbaik Android.

  • Ade Putra

    gak ada satupun aplikasi yang bisa mempercepat android.yang ada cuma tambah lelet.gak ada satupun aplikasi yang bisa buat bateray andoid tahan lama.yang ada cuma mempercepat habis bateray.untuk mempercepat android dan bateray tahan lama.caranya adalah.
    1.hapus aplikasi yg tidak di pakai atau jarang di gunakan.
    2.hapus semua aplikasi yang namanya pembersih sampah dan membuat bateray awet.
    3.hapus memori ram.
    4.kalau tidak di pakai matikan koneksi data

    • Kid

      ?setuju gan

    • emank betul aplkikasi baterai lama itu ga k ada, tapi aplikasi itu dapat untuk membantu memperpanjang masa habis baterai…
      dan aplikasi mempercepat android emank ga ada, tapi aplikasi itu dapet membantu kita ajha untuk mempercepat performa android…

  • Lalu Addin

    Gan Izin Sedot geh

  • Lalu Addin

    Izin sedot agan

  • haidar D.

    pake ram manager pro

  • Steven Zzhay

    Mau tanya ni gan kalo walpaper buat meringankan pake walpaper bawaan apa foto ?

  • mulianto

    wah lumayan nih infonya. semoga aj tablet android ane lebih cepat kinerjanya. thank you gan

Top