Berapakah Harga Ponsel Saat Ini, Apakah Mengikuti Harga BBM yang Melonjak?

Harga ponsel setelah kenaikan BBM – Setelah lama ditungu-tunggu oleh berbagai pihak dan elemen masyarakat di seluruh tanah air akhirnya keputusan yang strategis tersebut akhirnya diresmikan oleh Presiden Jokowi. Kenaikan harga yang diakibatkan oleh hilangnya subsidi BBM ini merata mulai dari jenis premium yang naik hingga Rp 8500 per liter serta BBM jenis solar yang dijual dengan harga Rp 7500 liter. Kenaikan yang cukup signifikan dipastikan akan sangat berimbas pada jalur distribusi ponsel yang akan ikut terpengaruh. Terutama sekali yang terasa dampaknya adalah budget untuk biaya logistik dan biaya pengiriman yang akan melonjak tinggi. Berpengaruh sekali bukan dampak kenaikan BBM pada industri lainnya kawan Begawei?

harga ponsel akankah naik setelah bbm

Sedangkan dari pihak Erajaya sebagai salah satu distributor ponsel dengan volume terbanyak di tanah air justru menegaskan apabila kenaikan harga BBM tidak akan selalu berdampak dengan harga jual dari ponsel maupun gadget.

“Kalau kondisinya hanya sebatas kenaikan BBM, kami bisa mempertahankan harga agar tetap sama, asalkan dari prinsipal (pemegang merek) tidak ada perubahan.” Kata Direktur MarComm Erajya Group Djatmiko Wardoyo, Selasa (18/11/2014).

Djatmiko menandaskan apabila pengaruh dari anggaran transportasi yang terkena pengaruh langsung dengan kenaikan harga BBM hanya sebuah bagian kecil dari total komponen biaya yang membentuk harga satu unit ponsel. Faktor transportasi ketika dikalkulasi Djatmiko bahkan diklaim hanya sekitar 0.16% saja dari penjualan bersih! Sungguh fakta yang tidak disangka-sangka bukan?

Dia menjelaskan komponen-komponen biaya sebuah ponsel selain transportasi yang sangat berpengaruh yaitu biaya promosi dan pajak. Karena itu dengan tingkat kenaikan harga BBM yang mencapai 40% tidak akan berarti harga gadget akan melonjak dengan drastis.

Selain itu Djatmiko juga mengakui apabila imbas dari naiknya harga BBM akan mempengaruhi tingkat penjualan dalam jangka waktu dekat ini. Hal ini terjadi sebagai dampak dari konsumen gadgt yang harus menyesuaikan dengan budget baru yang jauh lebih besar.

“Berkaca pada pengalaman Erajaya selama ini, kenaikan harga BBM selama ini tidaka akan menurunkan angka penjualan dalam jangka panjang.” lanjut Djatmiko. Jadi berapa ya kira-kira kenaikan harga ponsel di tanah air? Kita tunggu saja ya. Baca juga Android Lollipop Mendarat di Nexus 4 dan Waspada Hacker “Darkhotel”.

Top