Kelebihan dan Kekurangan Sistem Operasi Tizen

Kelebihan dan kekurangan OS Tizen – Jika kita mendengar kata sistem operasi, maka yang terbesit di benak kita adalah Blackberry, iOS, Android, atau Windows Phone. ya, saat ini keempat sistem operasi tersebut lah yang mendominasi perangkat gadget. namun dalam dua tahun terakhir, banyak pengembang yang mencoba peruntungan dengan mengembangkan sistem operasi baru seperti OS Firefox, OS jolla, Serta OS Tizen. nama terakhir merupakan salah satu sistem operasi yang diprediksi bakal sukses. pasalnya OS Tizen merupakan besutan produsen raksasa asal Korea Selatan Samsung. OS tizen dikembangkan sejak dua tahun terakhir dan dipersiapkan untuk mengurangi ketergantungan Samsung terhadap Android. Setelah dua tahun dikembangkan, akhirnya kini Samsung telah meluncurkan smartphone pertama yang menggunakan OS tizen. 
Sejarah Tizen, mulanya merupakan proyek yang digarap oleh Nokia Maemo dan Intel Mobilin. proyek ini dulunya bernama OS Meego. namun karena Nokia lebih tertarik untuk mengembangkan OS Windows phone, akhirnya Meego dilepas dan diambilalih oleh Samsung dengan berganti nama menjadi proyek OS Tizen. Di tangan Samsung yang sudah memiliki brand kuat, Tizen diramalkan akan menuai kesuksesan terlebih Samsung kini menjadi raja smartphone dengan jumlah pengapalan perangkat terbanyak di dunia.
Sistem operasi Tizen menggunakan kernel berbasis Linux. Sama seperti Android, OS Tizen juga menjadi sistem operasi yang bersifat Open Source, yang mana pengguna dapat memodifikasi sistem sesuka hati untuk mendapatkan performa yang maksimal.
Hari ini Samsung secara resmi telah meluncurkan Samsung Z yang notabene menjadi perangkat pertama yang mengusung OS Tizen. nah yang membuat banyak orang penasaran adalah apa kelebihan dan kekurangan OS Tizen, serta fitur apa yang ditawarkan dari sistem operasi ini ? nah untuk menjawabnya, berikut ini kami berikan ulasannya ;

Kelebihan Sistem Operasi Tizen
  • Memiliki browser dengan dukungan HTML5 terbaik
  • Mendukung dan mampu menjalankan semua aplikasi berbasis Android yang berbasis HTML5
  • Dapat diaplikasikan pada berbagai perangkat lain seperti TV, Kamera, atau PC
  • Mendukung berbagai aplikasi dengan bahasa pemrograman lain seperti JavaScript, CSS,HTML5, Native, dan Hybrid. 
  • Didukung secara penuh oleh Samsung.

Kekurangan Sistem Operasi Tizen

  • Saat ini masih menjadi pilihan kedua oleh Samsung setelah OS Android
  • Belum terlalu familiar, sehingga banyak yang menganggap OS ini tidak aplikatif.
  • Masih dalam tahap pengembangan sehinga performa perangkat yang menjalankan belum bisa maksimal.
  • Belum banyak aplikasi yang secara khusus mendukung OS Tizen.
  • Belum menawarkan sesuatu yang benar benar berbeda dari kompetitornya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan OS Tizen yang perlu Anda ketahui. Bagaimana? Anda tertarik untuk memilikinya ? Kita nantikan saja kehadiran Smasung Z dengan OS Tizen-nya di Indonesia.

Top