Ini Dia Cara Streaming Video Saat Sedang Offline

Cara streaming video saat offline – Streaming video kini menjadi salah satu aktivitas yang tak bisa ditinggalkan kala kita menggunakan internet baik itu melalui PC maupun smartphone. Streaming sudah menjadi rutinitas disamping chating,browsing informasi, serta mailing. Selama ini aktivitas streaming hanya bisa dilakukan saat kita terkoneksi dengan internet. Namun ada kalanya, jaringan internet mengalami masalah atau bahkan kita kehabisan pulsa sehingga tidak bisa menikmati streaming. 
Namun, tak usah khawatir sebab YouTube sebagai salah satu situs streaming terbesar kini telah meluncurkan aplikasi streaming untuk smartphone yang dibernama Mobile YouTube. Menariknya, aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk menonton video pada saat offline. Dengan demikian streaming video tetap dimungkinkan meskipun kita sedang tidak terkoneksi internet. Kehadiran fitur aplikasi tersebut tentu menguntungkan kita saat tidak punya pulsa misalnya, atau saat jaringan sedang down, bahkan kita bisa menikmati video YouTube saat berada di pesawat terbang.
Lalu bagaimana Cara Streaming Video saat Offline dengan Mobile YouTube ?
Aplikasi Mobile YouTube memberikan “jatah offline” kepada pengguna selama 48 jam. Artinya ketika smartphone terkoneksi internet dan bisa mengakses YouTube secara online, namun tiba tiba koneksi terputus, pengguna tetap bisa menikmati beberapa video secara offline selama 48 jam. Jika batasan waktu sudah habis, maka untuk kembali menonton video di YouTube harus kembali terkoneksi lagi. Jika offline lagi pengguna dapat 48 jam lagi, begitu seterusnya. Mekanisme atau cara kerja aplikasi ini adalah dengan memanfaatkan cache video yang telah dipilih sehingga bisa ditonton secara offline.

Cara Streaming Video YouTube saat offline

Untuk dapat menonton video YouTube secara offline dan tidak tersambung ke internet ada beberapa langkah yang harus dilakukan terlebih dahulu, berikut ini tutorialnya :

  1. Unduh dan install aplikasi Mobile YouTube (via Google Play Store)
  2. Saat terkoneksi dengan internet, jalannkan aplikasi tersebut kemudian pilih beberapa film atau video yang disukai.
  3. Untuk dapat menikmati video saat offline, pilih video tersebut dengan menyentuh tombol “add to device” 
  4. Keluar
  5. Lakukan ujicoba dengan mematikan koneksi smartphone Anda
  6. Buka aplikasi Mobile YouTube dan pilih Video onDevice
  7. Di sana akan terlihat beberapa video yang sudah dipilih, dan dapat Anda putar selama 48 jam.
  8. Setelah lewat 48 jam, video hanya dapat dilihat kembali jika dalam kondisi online lagi,

Itulah cara streaming video saat offline, cara ini sangat efektif bagi yang memiliki paket internet harian, sehingga bisa menghemat kuota internet. Selamat mencoba 

  • dedi cunkring

    apa bisa gan?

Top