Ini Dia 4 Browser Terbaik Untuk Android Dengan Performa Maksimal

Browser terbaik untuk Android – Android kini menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan untuk mengakses internet. Kemudahan serta mobilitasnya membuat perangkat ini banyak digunakan untuk mengakses internet kapanpun di manapun. Hanya saja, untuk mendapatkan kenyamanan saat menjelajah internet menggunakan perangkat Android dibutuhkan browser yang memiliki performa serta kecepatan terbaik. Saat ini banyak sekali browser yang beredar di Google Play Store baik tersedia secara gratis maupun berbayar. Semuanya menawarkan kelebihan yang mengklaim dirinya cepat dan hemat. Namun setelah dilakukan pengujian, hanya beberapa browser saja yang dapat memberikan pengalaman terbaik.
Dilansir dari Techcrunch sebuah penelitian mengenai browser terbaik untuk android dilakukan dengan menggunakan Rightware’s Browsermark. Rightware’s Browsermark merupakan tool pengujian browser yang meliputi kecepatan load halaman, scrolling page, render gambar 3 Dimensi, serta stres tes. Dari pengujian beberapa browser telah didapatkan 4 Browser terbaik untuk Android, berikut ini daftar beserta skor yang dimilikinya :
Google Chrome
Google Chrome merupakan aplikasi browser bawaan yang terdapat pada ponsel Android. Saat awal muncul di perangkat Android, kecepatan Chrome memang tak sebanding dengan kecepatan versi Desktop, namun setelah dilakukan pengembangan dan perbaikan, kinerja Chrome untuk Android sangat memuaskan. Bahkan browser ini menawarkan kompresi data hingga 50% dengan setingan tertentu. Dari hasil pengujian, skor Google Chrome didapat 884
Opera Mini
Opera memiliki performa yang tak kalah baiknya dengan Google Chrome. Browser besutan Rusia ini juga menawarkan fitur kompresi data yang super tinggi sehingga bisa menghemat kuota internet. Serupa dengan Google Chrome, browser Opera Mini memiliki Webkit yang sama. Dari hasil pengujian didapatkan skor performa untuk Opera adalah 867, tidak jauh tertinggal dari Chrome. (Cara mempercepat koneksi Opera Mini)
Firefox
Si rubah api terpaksa harus duduk di peringkat tiga. Browser yang sangat populer di versi desktop ini ternyata juga mengembangkan diri untuik OS Android. Firefox mempunyai rendering engine yang dinamakan Gecko yang terus dikembangkan. Meski perkembangannya cukup pesat, namun performa yang dihasilkan oleh Firefox belum terlalu maksimal. Hasilnya, Firefox hanya mendapatkan skor 644 dari browsermark.
Stock Browser
Stock Browser merupakan aplikasi perambah yang sebelumnya diandalkan oleh pengguna Android. Performanya cukup baik, hanya saja seiring berjalannya waktu kemampuannya berhasil dilampaui oleh beberapa browser seperti Google Chrome dan Opera. dari hasil pengujian, stock browser mendapatkan skor 432.
Itulah 4 browser terbaik untuk Android versi Browsermark. Untuk mendapatkan performa terbaik dan kecepatan load halaman yang maksimal, sebaiknya menggunakan Browser Google Chrome, namun jika ingin memindapatkan interface dan fungsi lain seperti download manager dll mungkin Anda bisa mencoba browser lain.

  • android saya ga kuat pk chrome atau firefox. saya dl pakai opera mini. tp krn sering error skrg sy pk uc browser. lumayanlah. meski lbh bagus opera mini. dolphin jg sy pasang utk jaga2 kl uc nya error. dan dolphin jg sy pk utk buka web versi desktop, bukan yg mobile. sayangnya dolphin ini lambat sekali.

  • walidin din

    chrome memang yang terbaik gan, saya setuju, karena didukung penuh baik pc maupun melalui androidnya. masih seputar browser, hijacker browser sekarang lebih kejam dari sebeumnya

Top