Harga dan Spesifikasi Nokia XL, Android Termahal Milik Nokia

Spesifikasi Nokia XL – Setelah sukses dengan seri Nokia X, Nokia kini resmi meluncurkan varian terbaru ponsel Androidnya berlabel Nokia XL di pasar Tanah Air. Dengan kehadiran Nokia XL ini maka para fans Nokia di tanah air juga semakin tersenyum lebar. Pasalnya Kakak dari Nokia X digadang gadang memiliki performa yang lebih baik dari Nokia X. Harga Nokia XL sedikit lebih mahal dibandingkan harga Nokia X, hal itu cukup wajar mengingat spesifikasi nokia XL juga jauh lebih mumpuni dibanding Nokia X. Dari berbagai review atas ponsel yang juga ikut dikenalkan pada ajang MWC awal tahun lalu, Nokia XL menjadi Android yang cukup ideal dengan fitur dan spesifikasi yang lebih OK. Lantas seperti apa kelebihan dan kekurangan Nokia XL ? simak review lengkapnya berikut ini

Layar 5 Inchi
Sama seperti seri Nokia Android lainnya, Nokia XL mengusung desain yang sangat stylish dengan dibalut warna yang sangat cerah khas Nokia. Dari segi desain memang masih sama dengan Nokia X. Hanya saja, ukuran layar yang digunakan Nokia XL lebih besar karena menyematkan LCD sebesar 5 inchi. namun meski lebih besar resolusi pikselnya masih sama WVGA 800×400 piksel. Sehingga jika dibandingkan langsung dengan Nokia X,justru tampilan gambar Nokia XL sedikit lebih kasar karena besaran ppi nya lebih kecil hanya 187 ppi.
Prosesor masih sama
Beralih ke sektor dapur pacu, spesifikasi Nokia XL ini juga masih mengadopsi prosesor yang serupa dengan Nokia X. Ponsel android Nokia terbaru ini mengandalkan prosesor Dual Core ARM Cortex A5 dengan chipset Qualcomm Snapdragon S4 play MSM8225. Kombinasi chipset dan prosesor tersebut masih banyak disayangkan karena hanya mampu menghasilkan clock speed 1 GHz.  Tampil sebagai kakak Nokia X, kelebihan Nokia XL ada di sisi RAM yang sedikit lebih besar. Nokia XL membenamkan RAM sebesar 768 MB. Spesifikasi di sektor dapur pacu ini sejatinya menjadi kelemahan nokia XL jika dibandingkan dengan Android lain, sebab jika kita bandingkan harga Nokia XL yang berkisar Rp. 2 juta maka speks nya kalah telak dengan ponsel android yang beredar di pasaran. Nokia XL menggunakan OS Nokia X Android Platform yang berbasis Android 4.2 jelly Bean. 
Kamera 5 MP
Selain mengusung layar 5 inchi, kelebihan Nokia XL lainnya adalah menggunakan kamera dengan ukuran lebih besar dari nokia X yaitu 5 MP. Selain itu terdapat juga fitur LED Flash untuk membantu pencahayaan saat mengambil gambar di tempat gelap. Nokia XL juga menghadirkan kamera depan yang beresolusi 2 MP. Hasil jepretan kamera cukup bagus apalagi didukung dengan LED flash, serta autofokus. Untuk media penyimpanan, ponsel android terbaru nokia ini dibekali dengan memori internal sebesar 4 GB plus slot micro SD yang dapat digeber hingga 32 GB.
Fitur dan Kelebihan Nokia XL
Sama seperti Nokia Android lain, Nokia XL mengandalkan fitur utama fastlane. Seperti telah dijelaskan sebelumnya, fitur fastlane ini merangkum segala notifikasi yang masuk ke aplikasi serta menampilkan recent apps sehingga semua dapat dikendalikan dengan mudah melalui fitur ini. Nokia XL memang tidak mendukung beragam layanan Google Mobile seperti Play Store, Gmail, Gmaps dll. Namun Nokia menggantikannya dengan produk Nokia seperti nokia App store, nokia Here, dan Ovimail. Meski demikian tak dapat dipungkiri bahwa kehadirannya tetap saja tak dapat menggantikan kemudahan yang dimiliki oleh Google. Untuk mengantisipasinya, Nokia sudah membekali Nokia XL dengan beragam aplikasi bawaan seperti BBM, Vine, Line, Skype dll. Selain itu kelebihan Nokia XL yang ditawarkan adalah adanya fitur Mix radio yang menawarkan 21 lagu populer secara gratis bagi pengna.
Konektivitas
Spesifikasi Nokia XL di sektor konektvitas cukup standar dengan menghadirkan dukungan dual SIM 3G/HSDPA serta WiFi. Untuk transfer file, Nokia XL mengandalkan Bluetooth dan port micro USB. Guna menopang seluruh aktivitas Nokia XL dibekali dengan baterai berkapasitas 2000 mAh.
Harga Nokia XL di Indoensia
Dengan spesifikasi yang setingkat lebih tinggi dari Nokia X, wajar jika Nokia XL dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Namun banderol harga Rp. 2  juta sebagai harga resmi Nokia XL di Indonesia dirasa sangat mahal untuk spesifikasi yang serba nanggung.

Perbedaan Nokia XL dan Nokia X
  1. Layar Nokia X 4 inchi sedangkan Nokia XL 5 inchi – resolusi sama
  2. RAM Nokia X 512 MB sedangkan Nokia XL 786 MB – prosesor yang digunakan sama
  3. Kamera Nokia X 3 MP tanpa kamera depan dan LED, fixed focus serta tanpa kamera depan. Nokia XL menggunakan kamera 5MP sebagai kamera utama 2 MP sebagai kamera depan, plus LED Flash dan autofokus
  4. Kapasitas baterai Nokia X hanya 1500 mAh, sedang Nokia XL lebih besar dengan 2000 mAH
Kelebihan Nokia XL
  • Layar lebar 5 inchi
  • Desain nyentrik
  • Tampilan unik ala life tiles Windows phone
  • Kamera 5 MP + 2 MP
  • LED flash dan autofokus

Kekurangan Nokia XL

  • RAM 786 MB
  • Prosesor usang
  • Tak terdapat layanan Google  

  • Nokia x atau Nokia Xl ya gan ?
    bingung .. laginyari hp nokia yg cocok ..
    menurut agan bagus yang mana gan ?
    nokia x atau nokia xl ?

    • Bagusan Nokia XL gan kalau dari speksnya.. tapi harganya juga lebih mehal 🙂

  • lalu untuk aplikasi line n kakaotalk bisa ? n downloadnya dmna ?

Top