Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang

Cara Melacak Ponsel Android Yang Hilang – Ponsel Android kini menjadi perangkat yang paling banyak digunakan. Kecanggihan teknologi serta kepintarannya, membuat banyak orang kepincut untuk memilikinya. Sehingga tak jarang ponsel ini menjadi sasaran empuk si tangan jahil untuk mencurinya. Meski harga ponsel Android sangat variatif, namun karena tingginya minat pembeli di pasaran membuat ponsel jenis ini sering menjadi sasaran pencuri. 
Nah untuk berjaga jaga, sebaiknya kita ketahui bagaimana cara melacak ponsel Android yang hilang. Agar jika suatu saat kita mengalami kehilangan perangkat android, dapat langsung melakukan tindakan yang tepat. Android sendiri sudah membenamkan sebuah fitur anti maling yang bernama Android device Manager, dari aplikasi tersebutlah kita dapat melacak keberadaan ponsel kita. cara penggunaan aplikasi ini sangat mudah, berikut ini tutorialnya seperti dilansir dari Cnet : 
  • Buka Aplikasi Android Device Manager dari ponsel Teman
  • Kemudian Sign In sebagai Guest dengan memasukkan Email serta password yang Anda gunakan pada ponsel yang hilang
  • Setelah itu lakukan verifikasi kode yang dikirimkan melalui email Gmail, masukkan kode tersebut pada verifikasi kedua.

  • Selanjutnya pilih perangkat Android yang pernah Anda gunakan (dalam hal ini ponsel yang hilang). 
  • Seketika, Aplikasi ini akan melakukan pelacakan terhadap ponsel Anda yang hilang dan akan memberikan informasi mengenai, log terakhir kali digunakan, lokasi keberadaan saat ini dan terdapat pilihan Ring, Lock, Erase.
  • Setelah terlacak, Anda dapat melakukan tindakan yaitu ring untuk membunyikan ringtone ponsel, Lock : untuk mengunci ponsel agar tak dapat digunakan, serta erase, untuk menghapus semua data yang ada pada ponsel.
  • Setelah selesai Anda dapat Log out

Dengan cara di atas, Anda dapat melacak ponsel Android yang hilang. Namun cara melacak ponsel Android yang hilang menggunakan Aplikasi Android Device manager ini memiliki beberapa kekurangan yaitu ;

  1. Tidak berfungsi jika kondisi ponsel dalam offline atau tidak tersambung ke internet
  2. Jika ponsel langsung direset maka Android device Manager tidak dapat melacaknya lagi
Dengan beberapa kekurangan tersebut, cara ini cukup efektif jika dilakukan sesaat etelah ponsel hilang, sehingga si pencuri belum sempat untuk melakukan hard reset. 

Top