OwnFone Braile, Smartphone Pertama Untuk Penyandang Tunanetra

Smartphone untuk tunanetra mungkin hanya dianggap sebagai kaca yang tidak dapat disentuh. Sebab teknologi layar sentuh pada sebagian besar smartphone yang beredar saat ini tidak mendukung navigasi bagi penyandang tunanetra. Berbeda dengan ponsel fitur yang menggunakan keypad, para tunanetra mungkin masih bisa menggunakannya karena fisik tombol dapat digunakan untuk bernavigasi.

Namun kini mereka tak perlu berkecil hati lagi, sebab sebuah smartphone baru bernama OwnFone braile telah menghadirkan teknologi smartphone yang dapat dinikmati oleh para penyandang tunanetra. OwnFone Braile merupakan ponsel khusus tunanetra yang diproduksi oleh  sebuah perusahaan yang terletak di Inggris tepatnya di kota London.

OwnFone Braile dirancang khusus untuk para penyandang tunanetra dengan desain yang cukup simple dan sangat mudah digunakan. Ponsel ini menggunakan keyboard dengan huruf braile di atasnya. Menariknya, layar OwnFone Braile hampir mirip dengan layar sentuh namun di permukannya dapat tersaji tulisan timbul huruf braile atau huruf biasa. 
Pada bagian homescreen OwnFone Braile sudah terpampang daftar nama kontak dan tombol telepon, untuk menggunakannya pengguna tinggal mengetikan nama kemudian sama seperti ponsel lainnya, OwnFne Braile akan mengonversi nama kontak tersebut. Bagian chasing ponsel ini dicetak menggunakan teknologi cetak 3D dan memiliki pilihan warna warni yang mencolok. Meski didesain khusus untuk penyandang tunanetra, ponsel ini juga dapat digunakan oleh pengguna normal.
Ponsel pintar ini dijual dengan harga 60 poundsterling atau setara dengan Rp. 1,1 juta dan baru tersedia untuk pasar Inggris. Namun Tom Sunderland berencana akan memasarkan ponsel ini secara Global di waktu mendatang.

Top