Cara Menghemat Baterai Android KitKat Dengan Mudah

Cara menghemat baterai android – Salah satu kelemahan utama perangkat android dan banyak dikeluhkan oleh para penggunanya adalah daya tahan baterai yang cukup boros. Satu kali charge, perangkat Android akan bertahan paling lama 12-14 jam itu pun hanya untuk pemakaian wajar. Faktor utama yang membuat baterai android boros adalah besarnya layar dengan respon layar sentuh yang sering dihidupkan atau digunakan. Selain itu Android memiliki banyak fitur seperti GPS, WiFi, serta banyaknya aplikasi yang selalu berkomunikasi dengan internet setiap saat. 
Dengan banyaknya keluhan tentang borosnya baterai Android, Google telah memberikan Update terhadap OS Andalannya itu yang terkemas dalam versi 4.4 Android KitKat. Meski borosnya daya baterai masih terjadi di android versi terbaru itu, namun Google sudah siap mengantisipasinya dengan memberikan fitur penghemat daya. Berikut ini cara menghemat baterai android versi KitKat yang dilansir dari Ubergizmo :
Pengaturan GPS
GPS kini tak hanya digunakan untuk bernavigasi, dalam berbagai aplikasi Fitur GPS juga digunakan untuk berbagi lokasi seperti di facebook, twitter, dan instagram. Namun, keberadaan GPS ternyata cukup menyedot daya baterai sehingga menjadi boros. Di OS terbaru Android KitKat, google memberikan tambahan fitur untuk menghemat baterai android. Fitur tersebut dapat diaktifkan dengan mengakses menu pengaturan Setting – Location – Mode. nah, di dalam menu Mode ini kita akan menemukan fitur penghemat baterai bernama “Battery Saving” aktifkan opsi tersebut.
Nonaktifkan NFC jika tidak digunakan
NFC merupakan fitur untuk transfer file antar perangkat dengan hanya cukup mendekatkan kedua ponsel saja. Pada umumnya fitur ini selalu dalam posisi aktif. Namun, keberadaan NFC belum banyak dimanfaatkan oleh banyak pengguna. Oleh sebab itu sebaiknya nonaktifkan saja  fitur NFC ini, dan nyalakan katika akan digunakan saja. Untuk menonaktifkannya cukup mengakses menu pengaturan Settng – More – NFC lalu matikan.

Minimalkan penggunaan gogle now
Kelebihan utama OS Android versi 4.4 KitKat adalah hadirnya fitur asisten pribadi berupa suara yang bernama Google Now. Fitur ini akan membantu pengguna hanya dengan melakukan perintah suara “Ok google” maka perangkat akan membantu dan memandu pengguna. Namun ternyata fitur ini membuat baterai android cepat boros karena selalu standby menunggu perintah. Untuk menghemat baterai android agar tidak semakin boros, maka sebaiknya matikan fungsi Google Now, dan aktifkan ketika akan digunakan saja. Cara mematikan Google Now yaitu menuju Setting – Voice – lalu nonaktifkan Hotword Detection.
Itulah beberapa cara menghemat baterai Android versi KitKat yang dapat Anda coba. 

Top