Cara Memilih MicroSD Yang Bagus Untuk Android

Memilih MicroSD Yang bagus Untuk Android – MicroSD atau memori internal sangat penting peranannya bagai HH (hand held) Android. Seperti kita ketahui bersama, sebuah Smartphone saat ini membutuhkan ruang penyimpanan yang ekstra besar. Hal itu mengingat file file yang disimpan baik itu Foto, Musik, dan aplikasi/game di perangkat android memiliki ukuran yang cukup besar. Terutama game android, saat ini sebagian besar game berkualitas HD seperti sepakbola dan game balap cukup menyita ruang memori. Padahal untuk ukuran ponsel Android standar hanya dibekali dengan memori internal sebesar 4 GB itu juga harus dibagi dengan file sistem. Nah di sinilah letak pentingnya microSD sebagai penambah ruang untuk menyimpan file file lain.
Selain difungsikan untuk menyimpan file dokumen seperti foto, musik, dan office, microSD ternta dapat juga difungsikan untuk menginstall aplikasi bahkan bisa untuk menopang RAM yang terbatas. namun untuk mendapatkan performa yang bagus kita harus memilih microSD yang bagus untuk Android karena tak sembarangan microSD yang dapat digunakan secara maksimal. Berikut ini begawei berikan tips memilih MicroSD yang baik untuk Android

  1. Beli microSD yang memiliki garansi resmi dari produsen
  2. Sesuaikan ukuran/kapasitas memory sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan ponsel
  3. Ukur kecepatan MicroSD sebelum membeli
  4. Belilah microSD yang memiliki rentang class antara 6-10 hal ini untuk mendapatkan performa yang maksimal.
  5. Sesuaikan dengan ponsel Anda sebab belum tentu class nya tinggi performa juga akan tinggi. Sebab ada juga microSD yang tak cocok dengan Android (justru membebani ponsel).
  6. Perlu Anda pahami bahwa semakin banyak data tersimpan, maka kecepatan baca memori juga semakin melambat.

Itulah beberapa tips untuk emilih microSD yang bagus untuk Android. jika pada tips di atas terdapat istilah Class dan Anda belum mengetahuinya, berikut ini penjelasannya .Class merupakan standar memory SDHC yang berarti kecepatan minimal untuk melakukan penulisan data/writing. Di bawah ini penjelasan kecepatan penulisan data untuk masing masing Class. 

  • Class 2 : 2 MB/s atau kecepatan 13x
  • Class 4 : 4 MB/s atau kecepatan 26x
  • Class 6 : 6 MB/s atau kecepatan 30x
  • Class 8 : 8 MB/s atau kecepatan 40x
  • Class 10 : 10 MB/s atau kecepatan 66x

Class 10 menjadi microSD tercepat saat ini. Semakin besar Class yang dimiliki maka semakin cepat pula ponsel mengakses data yang ada di MicroSD. Clas yang tinggi sangat cocok untuk digunakan bermain game dengan kualitas HD, namun yang perlu diperhatikan adalah kemampuan ponsel Android terutama prosesornya. Sebab jika memaksakan menggunakan microSS dengan Class tinggi sedangkan perangkat Android belum mensuportnya bisa jadi ponsel justru menjadi hang atau lag.

  • mahmud

    gmn carax mengubah jaringan 3G ke 4G/lte

Top