Cara Mematikan Fitur Auto Update Aplikasi Android

Cara mematikan auto update aplikasi android menjadi salah satu topik yang banyak dicari oleh pengguna smartphone Android. Pasalnya sebagai OS yang bersifat Open Source, Aplikasi Android sangat dinamis sehingga sering mendapatkan update dalam interval waktu yang tak lama. Update aplikasi tentu merupakan hal yang positif karena biasanya berisi peningkatan fitur, ataupun penghapusan bug yang selama ini mengganggu kinerja aplikasi.
Hanya saja karena perangkat Android biasanya memiliki banyak sekali instalan aplikasi, maka akan menjadi sangat merugikan pengguna jika fitur auto update diaktifkan. Pasalnya, hal tersbut akan memakan banyak kuota internet jika memang jaringan 3G menjadi satu satunya jalan untuk terkoneksi dengan internet. Apalagi file update biasanya berukuran cukup besar sehingga berpotensi “mencuri” kuota data. Selain itu update aplikasi tak melulu memberikan manfaat positif, beberapa aplikasi justru menjadi lemot setelah diupdate (contoh BBM for Android). Nah untuk mengantisipasi hal hal yang tidak diinginkan, sebaiknya kita menyeleksi atau mematikan Auto Update aplikasi android. Dengan begitu ponsel kita tak perlu mengunduh semua file update, kita dapat memilih mana aplikasi yang memang membutuhkan update.
Cara mematikan auto update aplikasi sangatlah mudah, beberapa situs blog menyarankan handset kita diroot terlebih dahulu tapi sebenarnya tak perlu karena kita bisa mengaturnya melalui Google Play. Berikut ini tutorial cara menonaktifkan fitur auto update :
  1. Buka Google Play Store dari handset Android Anda, lalu pergi ke menu setting (setelan) di pojok kanan atas
  2. Selanjutnya akan ada pilihan menu, dan pilihlah Auto-updates apps
  3. Di situ akan muncul float menu dengan tiga pilihan . Untuk mematikan auto updates aplikasi, pilih opsi Do Not Auto-Update Apps. Atau dapat memilih opsi Auto-updates apps over Wi-Fi Only yang artinya auto update hanya berjalan jika kita terkoneksi dengan WiFi
  4. Selesai
Itulah cara mematikan auto update aplikasi android melalui Google Play Store, sangat mudah bukan ? Selamat mencoba

Top